29
Mar

Desain Ruah Mid-Century Dengan Gaya Modern

Desain Ruah Mid-Century Dengan Gaya Modern

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Ternyata untuk menghadirkan nuansa desain mid-century modern pada interior rumah Anda bukanlah hal yang sulit. Yuk kenali beragam ciri dan karakternya untuk diaplikasikan pada hunian kesayangan.

 

 

Didominasi Warna Bernuansa Hangat

1 desain mid-century modern interior rumah

Salah satu ciri rumah mid-century modern adalah pemilihan warna-warna bernuansa hangat. Beberapa warna paling populer yang identik dengan gaya hunian mid-century ialah hijau olive, orange, kuning, dan mustard. Namun, Anda juga bisa menyempurnakannya dengan aksen warna tertentu seperti cokelat, hitam, abu-abu, dan biru kehijauan. Pada abad pertengahan di Eropa, warna-warna tersebut dapat memberikan kesan interior rumah yang hangat di musim dingin karena lebih efektif memantulkan cahaya matahari. Namun, saat ini banyak pula hunian tropis yang mengadopsi warna-warna khas mid-century dengan penyesuaian tertentu.

Menggunakan Jendela Berukuran Besar

2 jendela besar interior rumah bergaya mid-century

Interior rumah ala mid-century modern juga menggunakan jendela berukuran besar. Jendela besar pada rumah-rumah Eropa berfungsi memaksimalkan cahaya matahari, terutama di musim dingin. Sehingga interior rumah akan tetap terang dan hangat secara maksimal. Sementara itu, jendela berukuran besar pada rumah-rumah tropis memiliki fungsi yang agak berbeda, yaitu untuk memperlancar sirkulasi udara agar interior rumah terasa lebih sejuk dan tidak lembap.

Memakai Bukaan Ruangan dengan Pintu Geser

pintu geser

Tak hanya jendela-jendela besar, interior rumah bergaya mid-century modern juga terkesan luas dan terbuka dengan pintu geser. Penempatan pintu geser akan memperbesar ruang gerak di suatu ruangan karena letaknya menempel pada dinding. Pintu geser tersebut juga bisa membuat rumah terkesan lebih luas karena berfungsi sebagai partisi antar ruangan yang dapat dibuka tutup sesuai kebutuhan.

Mengutamakan Elemen Kayu pada Ruangan

4 elemen kayu interior rumah

Elemen kayu juga menjadi ciri desain yang tak dapat dipisahkan dari mid-century modern. Penggunaan elemen kayu berupa furniture atau pajangan akan menyempurnakan kesan tegas pada ruangan. Dahulu, kesan mid-century didapatkan dari furniture kayu keras yang terkesan berat. Namun, kini Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan kayu olahan (misalnya plywood) supaya tampilan ruangan bergaya mid-century tetap terkesan modern.

Identik dengan Furniture Berwarna Cokelat

5 furniture kulit interior rumah modern

Kayu bukanlah satu-satunya material furniture yang bisa memperkuat desain mid-century modern pada rumah. Anda juga dapat memilih varian material furniture berwarna cokelat lainnya, misalnya kulit, kulit sintetis, atau bahkan rotan sintetis. Perpaduan warna yang kontras antara furniture dan interior ruangan akan menghasilkan ciri khas mid-century yang serasi.

Mengandalkan Pencahayaan sebagai Elemen Dekoratif

6 desain interior mid-century

Pencahayaan tidak cuma sekadar berfungsi menerangi ruangan. Desain rumah bergaya mid-century modern juga mengandalkan pencahayaan sebagai elemen dekoratif. Hal tersebut tampak pada penggunaan lampu bubble, lampu lantai, atau chandelier yang bentuknya istimewa. Lampu-lampu tersebut tak hanya menerangi, melainkan juga dapat menjadi daya tarik interior yang memberikan kesan unik.

Menjadikan Kombinasi Tekstur sebagai Ciri Khas

7 desain interior mid-century modern

Ciri lainnya adalah kombinasi tekstur yang beragam. Perpaduan berbahan linen yang agak kusut, tekstur wol yang berserat, atau tekstur kulit merupakan elemen yang memperkuat kesan mid-century. Namun, Anda harus memastikan bahwa kombinasi tekstur tersebut harus tetap terlihat serasi sehingga interior rumah tidak terkesan berantakan.