08
Des

Desain Ruang Kantor Minimalis Cocok Diterapkan Pada Rumah Anda

Desain Ruang Kantor Minimalis Cocok Diterapkan Pada Rumah Anda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBekerja di rumah memiliki banyak tantangan juga kepuasan tersendiri. Pasalnya sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stanford University mebuktikan bahwa para pekerja yang diizinkan bekerja di rumah lebih memiliki kepuasan yang tinggi. Mereka juga jauh lebih efisien melakukan pekerjaannya sebanyak 13,5 persen dibandingkan mereka yang bekerja di kantor. Tetapi, tanpa penataa ruang yang tepat dan baik, suasana kerja tersebut tidak akan tercipta. Justru akan membuat mood kamu mudah buyar atau gampang teralihkan. Kamu harus banyak mencari referensi desain kantor di rumah yang menarik hingga menunjang produktifitas kerja. Desain yang tepat juga bisa disesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan kamu, misalkan, mulai dari penataan peralatan kantor agar efisien hingga warna cat dinding kantor. Berikut ini desain ruang kantor minimalis cocok diterapkan pada rumah anda

Ruang Kantor Minimalis Pada Sudut Ruangan

Menciptakan ruang kantor pada sebuah rumah hunian mungkin bisa dibilang tidak terlalu sulit, jika memang sudah ada area kosong yang cukup luas. Tapi kebanyakan dari anda mungkin akan menghadapi problem yang sama, dimana area yang ada sudah penuh oleh berbagai kebutuhan ruang lainnya. Jika begitu, maka anda bisa mensiasatinya dengan mencari sudut ruangan yang pas, untuk kemudian disulap menjadi area kantor pribadi yang nyaman.

Seperti pada contoh gambar diatas misalnya, anda bisa memanfaatkan space yang tersisa pada sudut ruangan anda untuk kemudian menyulapnya sebagai ruang kerja pribadi anda. Anda bisa menggunakan furniture built-in seperti pada gambar, yang mana mampu membuat area yang ada tidak jadi terkesan penuh meskipun ada ruang kerja di dalamnya. Saat tidak sedang digunakan, cukup geser ke dalam kursinya untuk membuat area yang ada menjadi lega kembali.

BACA JUGA  Tips Renovasi Rumah Part 1

Menciptakan ruang kantor pribadi pada sudut ruangan jelas merupakan ide yang pas bagi anda yang membutuhkan adanya ketenangan dan konsentrasi yang lebih. Pemilihan area pada sudut ruangan nantinya akan memberikan keuntungan berupa distraksi yang jauh lebih minim, dibandingkan pada area lainnya seperti pada tengah ruangan yang umumnya lebih ramai akan aktivitas. Agar jauh lebih menarik dan tidak monoton, tambahkan saja tanaman hijau untuk menciptakan suasana kantor minimalis yang lebih segar.

Ruang Kantor Minimalis Pada bawah Tangga

Tidak ada sudut ruangan yang pas dan cocok untuk dijadikan ruang kantor minimalis? Kalau begitu, kenapa tidak coba manfaatkan saja area tersisa yang ada pada bawah tangga? Area bawah tangga seringkali terlupakan dan terabaikan, dimana umumnya hanya menjadi gudang atau area penyimpanan. Padahal jika diatur dengan seksama, area bawah tangga bisa disulap menjadi ruang kantor minimalis yang sangat nyaman.

Pada contoh gambar diatas, anda akan melihat bagaimana pemanfaatan area kosong pada bawah tangga yang berhasil dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi area kerja. Dengan pemilihan furnitur yang pas dan ideal ukurannya, maka ruang kerja tersebut menjadi terlihat sangat menarik dan pastinya bikin betah untuk menyelesaikan pekerjaan. Adanya elemen kayu, dan juga elemen dekoratif berupa bunga hias, semakin menambah cantik saja tampilan ruang kerja yang ada.
Satu hal yang harus anda cermati tentunya adalah mengenai pencahayaan yang ada. Dengan lokasinya yang terletak di bawah tangga, maka sudah pasti anda akan membutuhkan sumber pencahayaan yang lebih. Karena itu tempatkanlah lampu diatasnya, yang berfungsi menjauhkan suasana suram pada ruang kerja pribadi anda. Dan jangan lupa untuk mengingatkan anak-anak agar tidak berlarian saat menaiki dan menuruni tangga ya, supaya tetap bisa menjaga konsentrasi anda nantinya.

BACA JUGA  Gaya Rumah Mewah Kekinian Part 2

Manfaatkan Area Yang Tidak Terpakai Untuk Ruang Kantor Minimalis

Seringkali kita mendapati adanya area sempit yang tidak terpakai pada bagian rumah. Jika memang ada, maka kenapa tidak dimanfaatkan saja? Area tersebut bisa kita ubah menjadi sebuah ruang kantor minimalis yang nyaman dan juga produktif, meski areanya tidak terlalu luas sekalipun.

Coba deh anda perhatikan contoh gambar diatas. Dari situ, maka anda bisa mencermati bahwa sesempit apapun ruang sisa yang ada, bisa dimanfaatkan menjadi sebuah ruang yang nyaman. Dengan pemilihan furnitur yang pas, maka ruang kantor minimalis yang ada di atas menjadi tetap nyaman untuk bekerja.

Anda bisa menggunakan meja yang dapat diputar, yang mana nantinya bisa anda masukkan menyatu dengan dinding saat tidak digunakan. Dengan begitu tampilan yang ada tetap menjadi rapi dan tidak berantakan saat anda tidak berada di dalamnya. Jangan lupa untuk memberikan focal point pada ruang kantor minimalis anda nantinya, yang pada gambar diatas terletak pada bagian belakang kursi, agar ruang kerja anda nampak jadi jauh lebih menarik.

Ruang Kantor Minimalis Menyatu Dengan Dapur

Kemudian yang selanjutnya anda bisa juga menerapkan konsep open space dalam menciptakan ruang kantor minimalis dalam rumah hunian anda. Ruang kantor tidak selalu harus berada dalam satu ruangan khusus yang tertutup, namun bisa juga berupa sebuah ruang terbuka, yang menyatu dengan fungsi ruang yang lainnya.

Melalui inspirasi diatas, anda bisa mencoba menerapkan ruang kantor minimalis yang bersebelahan dengan ruang dapur anda. Dengan meniru konsep seperti diatas, nantinya anda bisa mengadakan sebuah meeting kecil dengan rekan kerja, sembari menikmati hidangan ringan yang tersaji dari dapur anda. Namun jangan lupakan mengenai batas area ya. Berikan titik batas yang jelas seperti pada contoh diatas, untuk tetap membatasi antara ruang dapur dan juga ruang kerja anda.

BACA JUGA  Memulai Gaya Hidup Minimalis dengan Furnitur Minimalis

Bagaimana Dengan Ruang Kantor Minimalis Pada Kamar Tidur?

Mungkin pertanyaan ini pernah terbersit di benak anda. Apakah ruang kerja tidak seharusnya menyatu dengan ruang tidur? Bukankah waktu istirahat bisa jadi terganggu dan jadi kurang berkualitas, karena selalu terlihat adanya sisa sisa perkerjaan yang bisa dilihat dengan jelas dari tempat tidur?

Dan jawaban dari pertanyaan ini tentunya tidak akan sama terhadap semua orang. Maka dari itu, cermati dulu anda termasuk tipe yang mana. Jika anda termasuk tipe yang mudah terganggu saat melihat adanya variabel-variabel pekerjaan yang nampak pada kamar tidur anda, maka jangan pernah sekalipun menjadikan satu antara ruang kerja pribadi dengan ruang tidur anda.

Tapi jika anda termasuk pribadi yang tidak mudah terpengaruh. Dan mungkin justru menjadi lebih produktif saat melakukan pekerjaan di dalam kamar tidur anda. Maka inspirasi berikut ini akan sangat pas untuk anda terapkan.

Melalui inspirasi diatas, anda akan melihat bagaimana ruang kantor minimalis yang mampu berpadu sempurna dengan ruang tidur. Adanya furnitur yang pas dan senada, menjadikan tampilannya jauh dari kesan kacau. Pastinya anda sering melihat tampilan ruang kerja yang menyatu dengan ruang tidur nampak berantakan bukan? Hal itu karena tidak adanya penataan yang pas. Karena memang dua fungsi ruang harus bisa ditata sedemikian rupa untuk bisa berpadu dalam satu ruangan.