22
Mar

Desain Rumah Dengan Konsep Batu Alam Kekinian

Desain Rumah Dengan Konsep Batu Alam Kekinian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Sedang mencari inspirasi desain interior dan eksterior rumah batu alam? Banyak orang yang belum menyadari bahwa aplikasi batu alam untuk hunian bisa memberi kesan natural sekaligus menyejukkan. terlebih batu dinding yang diterapkan pada bagian interior maupun eksterior rumah akan menghadirkan nuansa yang berbeda pada hunian.

 

 

Inspirasi Model Rumah Batu Alam yang Menawan

Batu alam biasa dipakai sebagai finishing berbagai macam bagian rumah di berbagai ruangan. Misalnya saja sebagai pelapis fasad alias dinding bagian luar rumah atau sebagai bahan finishing lantai. Selain itu, batu alam juga cocok dipakai pada berbagai gaya rumah. Mulai dari gaya rustic sampai dengan rumah minimalis. Karenanya, wajar bila kamu menemukan fakta bahwa desain rumah batu alam semakin menjamur di mana-mana termasuk di Indonesia.

Selain karena material batu alam mudah didapatkan, desain rumah batu alam juga dirasa cocok dengan iklim tropis yang ada di Indonesia. Nah, kalau kamu juga tertarik menggunakan material batu alam di rumahmu, coba deh lihat dulu beberapa desain rumah batu alam paling keren berikut ini.

Rumah Batu Alam Khas Bali

Layaknya desain ala rumahan Bali, desain rumah batu alam bisa menghadirkan kesan hunian yang mewah, modern. Adanya nuansa Bali pada rumah batu alam ini juga membuat penghuninya serasa liburan setiap hari. Sepertinya asik ya tinggal di rumah seperti ini?

Rumah Batu Alam Bali

Nah, untuk lebih menambah kesan nuansa Pulau Dewata, dinding rumah batu alam ini juga ditambahkan ornamen pahatan batu alam yang membentuk gambar tertentu. Perpaduan lainnya yang melengkapi desain rumah batu alam ini adalah ukiran pada bagian daun pintu, jendela,maupun plafon.

BACA JUGA  Renovasi Rumah Menjadi 2 Lantai

Rumah Batu Alam dengan Fasad Mengilap

Rumah Batu Alam dengan Fasad Mengilap

Rumah batu alam yang satu ini menggunakan batu alam dengan permukaan yang dibentuk menggunakan cairan asam atau yang dipoles halus. Batu alam yang dibentuk dengan cairan asam akan terlihat mengilap, walaupun sebenarnya jika diraba teksturnya masih kasar seperti batu pada umumnya. Sedangkan batu alam yang dipoles halus biasanya diproses mengunaan mesin tertentu sehingga menghasilkan batu alam dengan permukaan yang halus dan licin.

rumah batu alam denga fasad mengilap exterior

Pemasangan batu alam pada desain rumah batu alam yang satu ini dapat dilakukan di hampir seluruh bagian fasad. Bahkan untuk menyelaraskan dengan tampilan eksterior, elemen interior rumah batu alam seperti dinding ruangan pun tak ketinggalan untuk diberi finishing batu alam.

Nggak seperti desain rumah batu alam lainnya yang menonjolkan kesan agak tidak teratur, desain rumah batu alam ini malah mengesankan kesan rapi, tertata, dan bersih karena tekstur permukaannya yang tampak halus.

Rumah Batu Alam Satu Lantai

Siapa bilang batu alam tidak bisa diterapkan dirumah satu lantai? Kamu hanya perlu mengatur komposisi finishing yang tepat, agar rumah batu alam yang hanya terdiri dari satu lantai bisa terlihat apik dan elegan.Cat dinding luar rumah menjadi elemen penting yang harus diperhatikan pada model jenis ini.

Rumah-Batu-Alam-Sederhana-Satu-Lantai

Ada juga rumah batu alam yang memakai warna abu-abu sebagai warna dominan. Hampir keseluruhan fasad bangunan dicat berwarna abu-abu termasuk atapnya yang berwarna gelap.

Nah, batu alam yang digunakan pada desain rumah batu alam ini adalah batu andesit atau bisa juga batu candi. Agar selaras, pagar rumah juga bisa diberi batu alam yang sama. Cantik, ya?

Rumah Batu Alam Minimalis Dua Lantai

Rumah Batu Alam Minimalis

Desain rumah batu alam yang berikut ini juga nggak kalah keren, lho! Seperti Kania bilang sebelumnya, batu alam bisa cocok untuk hampir semua gaya rumah, termasuk rumah minimalis.

BACA JUGA  Desain Lemari Dapur Gantung Cocok Menghemat Ruangan Anda

Rumah minimalis yang identik dengan bentuk-bentuk simpel cocok diberi batu alam dengan finishing motif alur seragam (graveer), batu alam dengan permukaan semipoles (honed), batu alam rata bakar, atau batu alam yang diratakan dengan mesin dan dipasang dengan teknik susun sirih.

Rumah Batu Alam Dua Lantai

Rumah Batu Alam dengan Dominasi Warna Putih

Rumah Batu Alam dengan Dominasi Warna Putih

Warna putih dan warna cerah lainnya memang paling sering dipakai untuk menghiasi tampilan finishing bangunan sekaligus sebagai warna cet dinding rumah yang elegan. Umumnya, orang memilih warna putih agar rumahnya bisa terkesan bersih dan tampak semakin luas. Batu alam yang digunakan pada desain rumah batu alam yang satu ini biasanya berupa batu paras Jogja yang memang memiliki warna asli krem dan putih.

Supaya nggak terkesan membosankan, selingan warna lainnya juga diperlukan pada desain rumah batu alam ini. Misalnya saja warna cokelat pada bagian pintu dan jendela, atau warna hitam pada bagian railing balkon dan pagar rumah. Batu alam yang digunakan sebagailantai garasi cartport juga bisa dibedakan.

Rumah Batu Alam Kamar Mandi

Nuansa serba putih pada desain rumah batu alam ini juga bisa tampak dari kamar mandinya. Pemasangan batu marmer berwarna putih membuat kamar mandi terasa lebih nyaman untuk relaksasi.

Itu dia beberapa rumah batu alam paling keren di Indonesia yang bisa jadi inspirasimu. Selain tampilannya yang menarik, material batu alam juga tergolong awet dan memiliki daya tahan yang baik. Cocok banget buat finishing bangunan. Makin tertarik untuk mendesain rumah batu alam milikmu sendiri?