01
Des

Desain Rumah Tropis Modern yang Cocok Iklim Indonesia

Desain Rumah Tropis Modern yang Cocok Iklim Indonesia

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorHidup di iklim Tropis merupakan suatu keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Dengan ini, kita dapat memiliki banyak pilihan dalam bereksperimen di desain rumah. Kamu dapat bermain dengan elemen alam. Seperti tanaman, pencahayaan alami dari sinar matahari, dan penggunaan perabotan yang mendukung. Nah, dengan campuran elemen ini dengan suasana iklim tropis di Indonesia, para arsitek di dalam negeri beradaptasi karya-karyanya. Karena desainnya yang menarik, artistik, dan memiliki nilai tradisional, banyak peminat di Indonesia yang menggunakan karya seni arsitek-arsitek tersebut. Belum lagi dengan suasana yang cocok untuk dihuni di Tanah Air karena iklim tropisnya.Berikut ini desain rumah tropis modern yang cocok iklim Indonesia.

Desain Rumah Tropis Modern

Rumah tropis modern merupakan yang dibangun dengan bentuk tertentu disertai dengan elemen-elemen pembentuk yang dirancang sedemikian rupa. Sehingga cocok dan nyaman untuk daerah yang beriklim tropis, namun mengalihkan kesan tradisional menjadi lebih modern. Konsep desain rumah tropis modern tidak mengubah optimasi terhadap potensi iklim tropis dan tetap mengurangi dampak buruk iklim tropis. Jadi, desain rumah tropis modern masih tetap mengedepankan kenyamanan para penghuninya untuk beradaptasi dengan iklim tropis.

Daerah tropis memiliki permasalahan mengenai keadaan suhu udara yang cenderung cukup panas. Maka dari itu, pengendalian suhu udara di dalam rumah sangat penting dalam konsep desain rumah tropis modern. Teknik pengendalian suhu udara inilah yang membedakan dengan desain rumah tropis tradisional.

Teknik yang dilakukan untuk mengendalikan suhu udara pada desain rumah tropis modern bisa dengan cara memperbesar volume ruang atap atau memperluas bukaan ventilasi. Dengan demikian, volume angin yang masuk ke dalam ruangan menjadi lebih banyak.

Selain itu, perlu diterapkan pula penataan ruang yang bersifat terbuka sehingga angin lebih mudah bergerak di dalam ruangan. Untuk pengendalian suhu udara yang maksimal dan lebih baik, bisa juga ditambahkan dengan unsur air berupa kolam atau memperbanyak unsur tanaman di taman.

BACA JUGA  Inspirasi Hiasan Dinding

Ciri-Ciri Desain Rumah Tropis

Desain Rumah Tropis Modern

Desain dan arsitektur rumah tropis merupakan gaya bangunan yang sesuai dengan lingkungan di wilayah tropis, sehingga sangat berbeda dengan gaya hunian di wilayah subtropis. Gaya tersebut memiliki beberapa ciri khas yang menjadikannya terlihat identik, unik, dan bisa menjadi pilihan hunian yang nyaman. Ciri-ciri dari desain rumah tropis antara lain :

  • Ruang atap berbentuk miring dengan minimal 30 derajat.
  • Tinggi langit-langit atap minimal 2,7 m.
  • Terdapat lubang ventilasi pada dinding.
  • Memperbanyak dan memperluas teras rumah agar pandangan ke luar semakin luas.
  • Warna eksterior rumah berwarna cerah yang selaras dengan unsur alam
  • Pemilihan warna lantai biasanya disesuaikan dengan warna pasir dan terakota.
  • Pembagian ruang cenderung dibiarkan terbuka tanpa sekat agar menciptakan kesan yang luas dan meningkatkan kualitas sirkulasi udara di dalam ruangan.
  • Di bagian depan rumah dihiasi berbagai macam tanaman.
  • Fasad pada desain rumah tropis umumnya menggunakan warna putih, coklat, orange, atau kuning.
  • Ukuran jendela yang besar dan pintu pintu yang lebar untuk mengarahkan pandangan ke arah taman rumah.
  • Terdapat unsur-unsur air seperti kolam renang, kolam taman, kolam ikan, dan lain sebagainya.
  • Memanfaatkan sinar matahari sebagai cahaya utama pada siang hari menggunakan kaca patri atau skylight.
  • Material yang yang digunakan merupakan bahan alam yang ramah lingkungan seperti bambu, kayu, atau batu alam.

Ide Desain Rumah Tropis

Karakter, desain, dan arsitektur dari rumah tropis tentu sangat cocok buat masyarakat di Indonesia, karena sesuai dengan kebutuhan tempat tinggal di daerah tropis. Tapi, bicara mengenai kenyamanan, bukan hanya memaksimalkan fungsi saja, kamu juga harus memperhatikan desain hunian milikmu. Rumah tropis sudah pasti memiliki fungsi untuk kemudahan beradaptasi dan bertempat tinggal di wilayah tropis.

BACA JUGA  Barbershop Masculin Abis!

Fungsi tersebut akan semakin memberikan kenyamanan bertempat tinggal kalau kamu bisa membuat rumah lebih elegan dan cantik. Maka dari itu, perlu ide untuk mendesain rumah tropis milikmu. Ide-ide atau tips mendesain rumah tropis yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Buat Pondasi Rumah dengan Penuh Ketelitian

Pondasi merupakan tahap pertama yang harus dilakukan saat membangun rumah sehingga menjadi bagian yang pertama pula harus kamu perhatikan saat mendesain rumah tropis. Pondasi akan berpengaruh terhadap ketahanan sebuah rumah. Pada rumah tropis, pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang yang umumnya berupa tiang kayu yang ditanamkan ke dalam telapak beton cetak.

Tiang kayu tersebut akan diperkuat dengan kolom penyangga, paku, pasak besi, dan balok pengikat. Dengan demikian, pondasi akan semakin kuat menyangga berat bangunan rumah. Pembuatan pondasi tiang sangat membutuhkan ketelitian dan tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa agar konstruksi bisa bertahan lama.

2. Pilih Material yang Berkualitas dan Sesuai dengan Konsep

Rumah tropis yang dibangun akan sering diterpa panas dan hujan, sehingga material kayu yang digunakan harus berkualitas nomor satu. Apalagi untuk material kayu yang digunakan pada pondasi tiang, atap, dan dinding. Untuk kualitas terbaik, kamu bisa pilih kayu jati yang terbukti paling kuat dan tahan lama dibandingkan jenis kayu lainnya.

Meskipun saat ini stok kayu jati semakin menipis sehingga mengakibatkan harganya melambung tinggi. Jika dirasa sulit mendapatkan kayu jati, sebagai alternatif kamu bisa pilih kayu meranti. Untuk bahan kusen pintu dan jendela, kamu bisa memanfaatkan kayu kamper cocok yang memiliki sifat tidak disukai rayap.

3. Perhatikan Jendela dan Pintu Sebagai Tempat Sirkulasi Udara

Struktur interior dalam desain rumah tropis harus dibuat supaya tidak menghalangi aliran udara. Untuk mengaplikasikannya, dinding di dalam rumah sebaiknya memiliki lubang di bagian atas dan bawah supaya udara tidak terjebak di dalam ruangan. Jika udara sulit bergerak, maka hawa panas yang menjadi ciri iklim tropis akan membuat penghuni rumah merasa tidak betah.

BACA JUGA  Layanan Jasa Architect

Selain itu, kamu perlu membuat jendela di dekat langit-langit rumah untuk membantu mengatasi hawa panas. Pastikan juga kalau jendela tersebut bisa ditutup rapat untuk mencegah efek buruk angin malam. Supaya sirkulasi udara di dalam rumah tropis lebih terjaga, sebaiknya kamu membuat jendela setidaknya memiliki ketinggian sama dengan tubuh manusia atau 1,7 m. Selain itu, lebar jendela juga harus ideal, usahakan tidak lebih dari lima kali ketinggian langit-langit rumah.

4. Menggunakan Kerai Sebagai Pelindung Panas

Kenyamanan penghuni rumah masih bisa terganggu akibat paparan sinar matahari yang menyilaukan dan sangat menyengat. Supaya hal ini tidak terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan memasang kerai di setiap jendela dan pintu. Agar lebih serasi dengan penampilan interior dan eksterior rumah tropis, sebaiknya kamu pilih kerai bambu atau kerai kayu.

5. Pemanfaatan Tanaman

Desain rumah tropis tidak akan lengkap tanpa dihiasi dengan berbagai macam tanaman yang bisa memberikan nuansa hijau alami. Selain itu, beberapa bunga sangat dibutuhkan untuk keselarasan warna-warna rumah tropis.

Banyak jenis tanaman yang bisa kamu, misalnya tumbuhan merambat, bunga-bunga eksotis, bonsai, sampai pepohonan yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Kalau untuk suasana tropis yang paling melekat, kamu bisa pilih tanaman hanjuang, bunga anggrek, pohon palem, dan philodendron.