03
Nov

Desain Tipe Kitchen Set untuk Dapur Rumah Anda

Desain Tipe Kitchen Set untuk Dapur Rumah Anda

  1. Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor Dapur adalah salah satu area yang sangat penting untuk rumah Anda. Sekarang ini, dapur tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk memasak, namun juga menjadi pusat berbagai kegiatan lainnya, seperti makan, hingga menjamu tamu yang berkunjung ke rumah. Lalu bagaimana dengan Anda yang memiliki ukuran ruang dapur yang terbatas namun tetap ingin memfungsikannya kitchen set semaksimal mungkin? Berikut ini desain tipe kitchen set untuk dapur rumah anda.

    Dapur Tipe  Linear

Tipe jenis ini dikenal dengan tipe satu baris atau single-line yang dapat diterapkan pada area atau ruang  dapur yang memanjang berbentuk persegi panjang. Kelebihan tipe kitchen single-line, yakni bentuknya yang hemat tempat sehingga tidak memerlukan banyak ruang. Agar aktivitas tetap dapat dilakukan secara maksimal, hal yang harus diperhatikan adalah lebar counter dapur yang sebaiknya tidak lebih kecil dari 60 cm.

Konsekuensi untuk tipe ini adalah tidak bisanya beraktivitas memasak memakai peralatan yang kompleks, apabila ruang dapur Anda tidak terlalu besar sehingga ruang gerak menjadi terbatas.

  1. Dapur Tipe  Linear 2 Sisi

Dapur tipe linear 2 sisi hampir sama dengan tipe linear, yang membedakan adalah adanya meja yang saling berhadapan sebagai tempat penyimpanan sehingga terbentuklah layout seperti koridor. Area kerja juga harus diperhatikan agar tidak terlalu sempit. Area yang ideal yaitu minimal 120 cm dan minimal lebar counter 60 cm.

Dapur tipe seperti ini cukuplah efisien untuk diterapkan di apartment. Area penyimpanan di seberang area kerja memasak juga bisa digunakan sebagai tempat menunggu saat masakan tiba dengan penambahan beberapa kursi. Tipe ini cocok digunakan untuk ruangan yang berbentuk persegi panjang.

  1. Dapur Tipe letter L

Desain dapur tipe letter L dipakai bertujuan untuk memanfaatkan sisi pojok rumah atau apartmen. Dapur tipe ini paling fungsional karena memanfaatkan ruang secara maksimal. Untuk Anda yang menyenangi aktivitas memasak secara kompleks, lebih tepat memakai tipe ini sebab alur kegiatan lebih memudahkan pekerjaan. Tipe jenis ini relatif sangat nyaman dipakai di ruang dapur sempit

Area kerja minimal 120 cm agar gerak tubuh dalam memasak dapat maksimal. Bagian sisi kiri counter bisa digunakan sebagai area cuci dan bagian sisi kanan bisa digunakan sebagai peletakan kompor. Tipe ini cocok digunakan untuk ruangan yang berbentuk persegi.

  1. Dapur Tipe Letter U

Dapur tipe letter U merupakan tipe yang digunakan untuk ruang dapur yang cukuplah lebar. Karena kitchen set berbentuk U, area simpan juga menjadi lebih banyak. Hal yang perlu diperhatikan adalah jarak jangan terlalu lebar sehingga membuat kita tidak efisien dalam memasak dan cepat lelah. Peletakan kitchen set juga  harus diperhatikan karena apabila letak kompor dan letak area cuci terlalu jauh menjadi tidak efektif.

Jarak area sirkulasi yang ideal untuk dapur tipe letter U minimal 120 cm dan lebar meja minimal 60 cm. Untuk tips, letakkan area cuci di paling ujung meja agar semua peralatan dapur menjadi satu deret dan tidak dipisahkan oleh area cuci.

  1. Dapur Tipe Meja Island

Dapur tipe ini adalah salah satu yang paling favorit dan banyak diminati. Hal ini dikarenakan letak meja island yang menjadi fokus di tengah ruangan. Jenis ini sangat cocok bila Anda butuh tempat penyimpanan yang banyak, namun tentunya diperlukan ruang dapur yang lebih luas pula untuk penempatan meja island ini.

Karena di bagian tengah dapur ada meja, jadi harus diberikan jarak area sirkulasi minimal 120 cm antara pinggir meja kitchen island dan pinggir kabinet dapur. Jarak menjadikan gerak lebih leluasa dalam beraktivitas. Biasanya meja yang diletakkan di tengah digunakan sebagai meja makan dengan ditambahkannya beberapa kursi. Jadi dapur tipe meja island ini memiliki fungsi ganda, dan mempermudah meletakkan makanan yang siap saji ke meja tersebut.