29
Jan

Feng shui Letak Kamar Mandi yang Baik dan Membawa Keberuntungan

 Feng shui Letak Kamar Mandi yang Baik dan Membawa Keberuntungan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSaat merancang rumah atau membeli langsung, sebagian orang mungkin tidak terlalu memperhatikan posisi ruangan kamar mandi. Padahal menurut feng shui, posisi kamar mandi bisa membawa hoki lho. Sama seperti ruangan lainnya, posisi toilet atau kamar mandi juga harus bagus agar tidak menghalangi energi baik untuk masuk ke dalam rumah. Ya, secara ilmu feng shui yang namanya kamar mandi alias toilet di dalam rumah juga harus berada di posisi yang tepat. Feng shui letak kamar mandi yang baik dan membawa keberuntungan.

1. Tidak boleh menghadap dapur

Inspirasi Penting 16+ Dapur Dan Kamar Mandi Bersebelahan

Berdasarkan ilmu feng shui, nih, sangat tidak disarankan bagi kita untuk memiliki kamar mandi yang menghadap ke dapur.

Hal ini sendiri dikarenakan dapur memiliki unsur api dan kamar mandi memiliki unsur air dalam feng shui. Nah, jika keduanya diletakkan berhadapan maka unsur air akan mematikan unsur api.

Kedua unsur yang mematikan satu sama lain sendiri dianggap sebagai contoh ketidakharmonisan dan dipercaya dapat mengganggu energi positif serta menyebabkan hubungan yang tidak harmonis dengan keluarga di rumah.

Pada umumnya, tuh, memang kurang baik membuat kamar mandi yang menghadap ke dapur di rumah. Alasan utamanya sendiri karena bau tidak sedap dan kelembapan kamar mandi dapat mengganggu sirkulasi udara di dapur. Lebih jauh lagi bisa menyebabkan masalah kesehatan, tuh.

2. Tidak boleh menghadap tempat ibadah

7 Desain Mushola untuk Rumah Minimalis & Modern

Bagi kamu yang memiliki ruangan khusus untuk ibadah di rumah, seperti mushola atau altar sembahyang, ya, sebisa mungkin untuk tidak mendirikan kamar mandi di dekatnya atau bersebelahan dengannya. Buat pemeluk agama Islam, nih, sebaiknya juga jangan menempatkan kamar mandi atau toilet di arah kiblat, ya.

BACA JUGA  Ini 9 Kesalahan dalam Desain Kamar Mandi yang Sering Dilakukan

Selain sangat tidak dianjurkan karena tidak sesuai dengan kode etik, menurut ilmu feng shui hal ini juga tidak baik, lho. Di dalam Islam maupun agama lainnya, kan, kamar mandi atau toilet dianggap sebagai tempat yang kotor dan memiliki energi kurang baik.

3. Tidak boleh bersebelahan dengan kepala ranjang

Mungkin sebagian dari kamu punya kamar mandi dalam yang bersebelahan dengan kamar tidur di rumah maupun di kamar kost.

Menurut feng shui hal ini tidak disarankan, ya. Namun, jika kamu sudah memilikinya maka untuk mencegah munculnya energi kurang baik hindari meletakkan bagian kepala ranjang bersebelahan, bahkan menempel dengan dinding kamar mandi.

Usahakan juga agar tata letak serta dekorasi kamar tidurmu tidak membuat kasur yang kamu gunakan berhadapan langsung dengan kamar mandi. Hal ini dipercaya dapat menciptakan keadaan yang tidak baik bagi keharmonisan suami istri dan kesehatan.

Nah, kalau di kamar kost eksklusif dan coliving Rukita, kamu nggak usah khawatir soal ini, karena semuanya memiliki desain minimalis serta dekorasi modern dan arsitektur terbaik. Dijamin, deh, kamar kost dengan kamar mandi dalam di kost dan coliving Rukita benar-benar menambah kenyamanan hunianmu.

4. Tidak boleh menghadap pintu utama rumah

7 Tips Memaksimalkan Fungsi Area Foyer di Rumah

Menurut feng shui letak kamar mandi yang menghadap pintu utama rumah merupakan salah satu pantangan yang paling tidak baik atau terlarang dilakukan, lho.

Sebisa mungkin jangan pernah meletakkan kamar mandi di depan rumah atau berdekatan pintu utama rumah. Karena dalam feng shui hal ini dipercaya dapat menyebarkan Sha Qi atau energi buruk dari kamar mandi atau toilet kepada orang atau tamu yang masuk ke rumah.

Energi ini sendiri dipercaya cukup kuat untuk memengaruhi saraf pikir seseorang agar bertindak negatif, lho. Bahkan dipercaya rumah dengan komposisi seperti ini bakal sering mengalami penipuan maupun perampokan.

BACA JUGA  Tips Mudah membuat Ruangan Agar Nyaman

5. Tidak boleh membelakangi jalan

Jalan di Kompleks Rusak Tanggung Jawab Siapa? Ini Aturannya! - Part 2 - Semua Halaman - iDEA

Arah hadap dari kamar mandi atau toilet lainnya yang perlu kamu perhatikan dalam ilmu feng shui adalah jangan menempatkan kamar mandi atau toilet membelakangi jalan. Jika kamu memiliki rumah di pinggir jalan dengan letak toilet memunggungi jalan dipercaya rezeki yang seharusnya masuk ke dalam rumahmu justru terbuang ke toilet.

Selain tidak boleh membelakangi jalan, ya, sebaiknya dalam tata letaknya kloset yang kamu gunakan juga jangan segaris atau menghadap pintu kamar mandi. Alasannya, sih, energi positif dalam ruangan di rumah dapat tersedot langsung masuk ke toilet sekaligus terbuang ke luar dengan desain kamar mandi tersebut.