19
Jul

Fungsi Pencahayaan

Salam Sejahtera…

Architect Jogja
=> Ada yang tau kegunaan pencahayaan itu untuk apa..?Ingin tau..? Simak artikel di bawah…

Pencahayaan yaitu salah satu aspek penting dalam suatu rumah. Saat matahari tidak lagi bersinar, Pencahayaan di dalam rumah akan sangat membantu untuk beraktivitas. Karena alasan itu pula, Memilih lampu sebagai sumber cahaya harus disesuaikan dengan kebutuhan, Agar kebutuhan cahaya tetap terpenuhi dan juga tidak boros energi.

Pencahayaan yang bagus adalah pancahayaan alami yang bersumber dari pencahayaan sinar matahari bukan lampu senter lho ya, Selain sebagai sumber cahaya. Cahaya dari sinar matahari memiliki banyak sekali keuntungan, Salah satunya dapat membunuh kuman.

Jika desain atau rancangan ruangan di rumah tidak diatur dengan baik, Mendapatkan benefit dari sumber pencahayaan alami, Ruangan malah akan terasa terlalu panas akibat intensitas cahaya yang masuk terlalu berlebihan. Oleh sebab itu, Diperlukan tata ruang dan perencanaan yang benar-benar baik sebelum memutuskan memiliki banyak jendela sebagai akses cahaya natural.

Fungsi pencahayaan antara lain sebagai berikut :
Mencipta Keindahan
=> Cahaya dapat meningkatkan kualitas estetika bangunan dan ruang. Detail dan elemen arsitektur serta ruang yang spesifik bisa dititonjolkan dengan jenis pencahayaan tertentu sehingga objek tersebut menjadi dominan dan lebih indah.

Memperbaiki Suasana hati
=> Cahaya memberi kesan tertentu yang berpengaruh pada jiwa manusia. Cahaya biru dipercaya menenangkan pikiran. Cahaya hijau cocok untuk relaksasi dan menyeimbangkan emosi. Atau cahaya merah berkesan eksotik.

 Membentuk Persepsi
=> Cahaya dapat menciptakan nuansa dan karakter ruang yang diinginkan. Misalnya, efek cahaya bisa menciptakan kesan lebih luas pada sebuah ruang yang sempit.  Atau kesan lebih tinggi pada sebuah ruang yang rendah.

Memisahkan Ruangan
=> Penempatan cahaya dengan jenis pencahayaan tertentu dapat memisahkan ruang satu dengan ruang lainnya meski ruang-ruang itu ada dalam satu area.

Untuk membantu kita melihat dengan jelas dan melakukan aktivitas. Sedangkan task lighting unuk penerangan setempat yang dapat mendukung kegiatan tertentu yang butuh cahaya lebih terang seperti Membaca, Memasak, Menulis, Bermain, Melukis, dsb

Baca juga : Macam Jenis Pagar