10
Feb

Hadirkan Nuansa Alam di Rumah

Selain memberikan tampilan khas, tradisional, sekaligus nostalgia, pemanfaatan unsur alam mampu menciptakan kesan hangat dan nyaman antar penghuni rumah. Apalagi, cara mewujudkannya pun kelewat mudah dan sederhana. Ini dapat melalui penataan kursi makan, meja tamu, lemari baju anak, hingga sofa santai.

Tidak percaya? Yuk, simak lima tips menghadirkan nuansa alam di rumah berikut!

Bermain dengan Warna

Satu hal yang pasti, Anda dapat menggunakan warna hijau yang identik dengan dedaunan atau rerumputan. Namun selain itu, Anda juga bisa menggunakan warna lain–seperti putih, biru, dan cokelat, lalu mengombinasikannya dengan warna-warna cerah.

Nah, bukan hanya memberikan tampilan segar dan natural. Cara ini pun terbukti mampu menciptakan tampilan ruang yang lebih hangat, dinamis, dan ceria.

Penggunaan Material Alam

Ada dua jenis material yang umum digunakan saat ingin menghadirkan nuansa alam di rumah. Material pertama, adalah kayu.

Tidak perlu jenis kayu murni yang berbahan kuat, kok. Jika budget terbatas, Anda dapat menggunakan kayu olahan yang dihadirkan lewat finishing dinding, plafon, lantai, atau furniture. Di sini, Anda tentu bebas berkreasi. Menggunakan meja tamu kayu untuk menciptakan kesan rustic atau tradisional, boleh-boleh saja.

Nah, jika kayu masih terasa mahal, Anda dapat menerapkan material kedua, yakni bebatuan alam. Gunakan bebatuan alam untuk menghias fasad (bagian luar) atau interior rumah. Bukan haya menciptakan kesan yang lebih natural, cara ini juga mampu mengubah tampilan ruang jadi lebih atraktif.

Adapun sebagai catatan, penting untuk memastikan terlebih dulu, ruangan mana yang ingin Anda aplikasikan dengan unsur alam. Entah itu ruang tamu, ruang tidur, atau justru dapur, perhitungkan pula desain dengan pemilihan warna dinding yang sesuai.

Tanaman Hijau

Hadirkan unsur alam melalui penempatan tanaman hijau di rumah. Bentuknya bisa beragam, mulai dari tanaman hias, bunga, atau justru kaktus kecil. Jika memungkinkan, Anda juga bisa lho menciptakan taman mini di dalam maupun luar rumah. Jangan lupa pula melengkapinya dengan aksesori pendukung lain, seperti gazebo, tirai bambu, dsb.

Rileks dengan Gemercik Air

Maksimalkan nuansa alam dalam rumah dengan kehadiran unsur air. Entah itu berwujud kolam ikan, kolam renang, maupun air mancur. Tidak harus diletakkan persis di dalam rumah, kok. Anda dapat menghadirkannya di taman, sisi samping rumah, atau justru dengan akuarium segar. Nah, bukan hanya memberikan tampilan alam yang lebih segar, suara dari gemercik air juga terbukti mampu menghadirkan suasana yang lebih rileks dan santai, lho.

Perbanyak Bukaan dan Sirkulasi Udara

Merasa gerah atau sumpek di dalam ruang? Bisa jadi, aliran angin dan cahaya di dalam ruang Anda buruk!

Sebagai solusinya, Anda dapat menciptakan banyak bukaan yang mengarah langsung ke taman maupun area luar. Tujuannya, bukan hanya untuk memberikan pemandangan yang luas, melainkan juga sebagai sarana keluar-masuk udara dan cahaya. Selain itu, Anda bisa membuat area courtyard untuk memberikan sirkulasi udara dan penerangan yang baik.

Jika tidak memungkinkan, Anda dapat mengaplikasikan pintu kaca atau jendela besar. Dengan begini, view dari dalam rumah bisa lebih luas dan penghuni bisa mendapatkan pemandangan dari luar dengan mudah. Adapun usahakan ventilasi udara silang–yang memungkinkan udara panas bergerak ke luar, baik secara horizontal maupun vertikal.