10
Jan

Hal-hal yang harus Diperhatikan saat Membuat Kolam Renang

Membuat kolam renang dirumah tidak hanya berguna untuk memnuhi hobi berenang, tapi juga membuat merasa sejuk dan bernuansa ceria. Suasana yan tercipta dari kolam renang seperti warna biru serta suasana air memberikan sensasi rileks. Nah jika membuat kolam renang kalian haru perhatikan hal hal seperti berikut.

Dimensi dan Tata Letak Kolam
Yang harus Anda perhatikan adalah ukuran kolam renang dan adanya lahan kosong di rumah. Jika memang tanah yang tersedia tidak terlalu besar, sebaiknya buatlah kolam minimalis. Karena yang terpenting adalah bagaimana Anda menyiasatinya. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan tata letak kolam renang dengan konsep dan tema rumah. Karena tata letak sangat berpengaruh pada faktor utama membuat kolam renang, jadi buatlah perencanaan secara teliti dan hati-hati.

Teras/ Pool Deck Kolam Renang
Area sekitar kolam renang sama pentingnya dengan struktur fisik kolam renang itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah teras atau pool deck. Ada banyak ide bagi Anda dalam membuat pool deck. Beberapa diantaranya seperti dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun artistik atau bahkan teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah. Ada dua hal penting terkait pool deck ini. Pertama, teras yang dibuat haruslah anti selip dan tidak licin demi menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda dan keluarga. Kedua, kebersihan dari pool deck. Anda dapat menggunakan mesin power washer agar pool deck selalu terlihat bersih dan mengkilap.

Vegetasi
Setelah menentukan layout dan teras kolam renang, kini saatnya Anda menentukan vegetasi yang dapat mempercantik kolam renang Anda. Jika Anda menginginkan suasana alam yang natural, berikan sentuhan alami dengan menanam pohon kelapa, kamboja, dadap merah atau pisang kipas untuk mendampingi kolam renang tropis Anda. Namun jika Anda ingin menanam pohon lain, tidak masalah selama masih sesuai dengan konsep dan tema rumah Anda.

Kedalaman Air
Tidak hanya keindahan luar dari kolam renang, keadaan fisik dari kolam renang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah kedalaman air. Untuk kolam renang dewasa, tingkat kedalaman airnya 1,4 meter hingga 2 meter. Anda dapat menggabungkan keduanya dengan membuat ramp sebagai pemisah kedalamannya. Bila Anda memiliki anak-anak dirumah, tingkat kedalaman air yang disarankan sekitar 0,5 meter.

Air dan Sirkulasi
Air dan sistem sirkulasi juga memiliki efek tersendiri. Buatlah overflow atau tumpahan air dipinggir kolam renang, untuk menambah suasana nyaman dan rileks. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan batu candi yang disusun bertumpuk untuk pinggiran overflow-nya. Anda juga harus memperhatikan keadaan air kolam renang ketika sehabis dipakai. Apakah sedikit keruh karena minyak dari lotion, rambut atau bahkan kulit yang tertinggal didalam air. Lemparkan saja bola tenis kedalam air, dan serat fibernya akan langsung menyerap minyak yang tertinggal. Cara unik, bukan?

Filterisasi
Ada beberapa tipe filter yang dapat dipilih, sehingga rencanakan dari awal sebelum membuat kolam renang. Karena filter yang digunakan nantinya akan berpengaruh pada konstruksi bangunan, dan struktur kolam renang itu sendiri.

Ketinggian Permukaan Lantai
Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tingkat ketinggian permukaan lantai. Usahakan ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari pool deck. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan keluarga.