27
Des

Hal yang harus diperhatikan untuk mengonsepkan Interior ala Jepang

jasakontraktor-architectjogja.com – Desain interior Jepang adalah salah satu gaya desain interior yang terlihat selalu sereba minimalis. Arsitektur dan interior Jepang yang tampak sangat khas dan berkarakter. Desain yang satu ini tampak khas pada penggunaan material yang konsisten dan bentuk-bentuknya yang sangat sederhana.

Desain interior Jepang adalah soal keseimbangan dan keselarasan dengan alam, dengan tampilan minimalis yang mengedepankan kesederhanaan.

Gaya desain interior ala Jepang adalah desain yang mempertahankan ketertiban, tradisi serta keseimbangan yang menyatu dengan alam. Memanfaatkan berbagai level lantai, sudut serta kontras antara ruang terbuka dan sudut yang nyaman. Cenderung berukuran kecil serta mengutamakan privasi, cahaya alami serta perlindungan dari beberapa elemen dan keterkaitan dengan alam bebas.

Bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan ala Jepang di rumah Anda agar dapat memberikan kesan lebih privasi, tenang dan juga nyaman.,berikut adalah hal yang harus diperhatikan bila anda ingin menerapkan konsep jepang. 

Pintu Pagar

Sebuah rumah karya Christopher Robertson di Concrete Box Boston juga menerapkan desain rumah Jepang minimalis. Hadir dengan pagar beton yang tinggi, sebuah gerbang tanpa atap model pivot door.

desain interior ala jepang

Pintu gerbang ala Jepang merupakan adaptasi dari desain rumah Jepang. Desain yang membawa unsur garis vertikal atau horizontal pada sebagian besar desain pintu gerbangnya.

Pilihan warna

Palet warna yang senantiasa digunakan pada gaya desain ala Jepang biasanya mengambil dari elemen kayu dan batu. Sedikit sentuhan warna coklat serta paduan warna abu-abu, hitam, putih serta sedikit merah dapat menampilkan visualisasi yang sangat manis.

desain interior ala jepang

Desain interior ala Jepang identik dengan sesuatu yang terang, maka warna putih sangat disarankan menjadi warna dasar yang digunakan. Selain memberikan kesan terang, putih juga akan memberikan suasana yang luas dan bersih. Putih merupakan warna yang menampilkan ketenangan dalam rumah ala Jepang. Gabungkan dengan sentuhan kayu untuk kenyamanan dan ketenangan yang sempurna.

Furnitur

Gunakanlah furnitur yang memilki ukuran lebih kecil dibandingkan ukuran standar yang biasa digunakan. Terutama bagi Anda yang memiliki ukuran ruangan yang tidak begitu luas. Hal ini untuk memberikan keleluasaan bagi sirkulasi ruang.

desain interior ala jepang

Konsep lesehan untuk ruang duduk merupakan hal yang paling umum dan kentara. Jika Anda memilih menggunakan gaya lesehan, Anda bisa menggunakan alas tatami dan beberapa bantal. Gunakan satu meja besar dengan ketinggian yang rendah sebagai pusat untuk berkumpul. Untuk material meja, Anda bisa memilih kayu, rotan atau bambu. Tak hanya nyaman untuk seluruh anggota keluarga, tamu yang mengunjungi rumah Anda pun akan merasa betah dan nyaman.

Pencahayaan dan dekorasi

desain interior ala jepang

Untuk pencahayaan pada ruangan, dapat difokuskan pada kegiatan di dalam ruangan tersebut. Anda dapat menggunakan task lighting yang juga berfungsi sebagai general lighting. Lampu dekoratif, seperti lampion juga dapat Anda pilih untuk mempertegas nuansa Jepang.

Sebagai elemen dekoratif lainnya, gunakanlah panel dinding sebagai pembatas antar ruang. Pilihlah yang memiliki kombinasi kayu vertikal horizontal tanpa ornamen. Hal ini akan membuat ruangan terasa lebih unik serta tidak berlebihan.

Unsur alam

Gaya desain ala Jepang adalah bagaimana cara menunjukkan kedekatan antara rumah dengan alam. Cara terbaik untuk menjaga hubungan yang kuat dengan alam adalah menghadirkan unsur alam ke dalam ruangan.

desain interior ala jepang

Air merupakan salah satu elemen yang kuat yang kerap ditonjolkan gaya desain ini. Anda dapat menambahkan kolam ikan pada area taman di bagian dalam rumah untuk menunjukkan elemen ini.

Tanaman tradisional khas negeri sakura juga dapat Anda tambahkan dalam ruang. Selain sebagai dekorasi tanaman hijau seperti bonsai juga memberikan sentuhan khas Jepang dalam ruang. Selain bonsai, Anda dapat menggunakan jenis palem atau anggrek. Apapun jenis tanaman yang Anda pilih, tetaplah pertahankan prinsip kesederhanaan, alami dan hijau.

Jendela dan ruang terbuka

Maksimalkan sentuhan alam di rumah ala Jepang dengan jendela besar dan luas sehingga Anda dapat melihat pemandangan dari berbagai penjuru. Pintu geser berukuran besar merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pemandangan alami yang tenang ke dalam ruangan.

desain interior ala jepang

Ruang terbuka memang sangat diidentikan dengan prinsip desain rumah Jepang yang minimalis. Konsep minimalis ini bertujuan untuk mendapatkan pencahayaan dan udara alami yang segar secara maksimal dalam ruangan. Jendela yang besar dan luas serta bukaan langit-langit seperti skylight merupakan jurus ampuh untuk menambahkan desain ala Jepang di rumah Anda.

Hindari penggunaan gorden atau screen tebal yang dapat menghalangi pencahayaan alami. Lebih baik gunakan screen bamboo sederhana atau panel gorden tipis sebagai solusinya.