26
Okt

Ide Taman Rumah Minimalis yang Kreatif dan Ramah Budget

Ide Taman Rumah Minimalis yang Kreatif dan Ramah Budget

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Area depan rumah adalah kesan pertama yang menunjukkan karakter dari sang pemilik rumah. Apakah itu teras, taman, dekorasi atau ornamen, area depan rumah bisa dimanfaatkan sebagai pusat relaksasi atau tempat menjamu tamu yang nyaman dan menyenangkan. Untuk menciptakan area depan rumah yang indah, tidak harus dengan biaya yang besar atau barang-barang yang mahal. Hanya dengan ide yang matang dan space yang cukup, Anda bisa mewujudkan area depan impian yang ramah budget. Agar lebih terinspirasi,

Memanfaatkan Space di Luar Ruangan

Rumahmu mungkin tidak memiliki halaman yang cukup luas untuk membuat taman minimalis. Belum lagi kalau kamu memiliki kendaraan, sudah pasti sering dijadikan tempat parkir kendaraan. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan spaces yang ada di luar ruangan selain halaman rumah.

Meskipun cukup sempit, kamu bisa membuat taman rumah minimalis yang cantik dengan beberapa bunga dan tanaman hias dalam pot. Selanjutnya kamu hanya perlu melakukan tata letak yang tepat disertai dengan kursi untuk duduk-duduk atau bersantai.

Masih tentang pemanfaatan space di luar ruangan, kamu juga bisa membuat taman di balkon, jika kamu memiliki rumah minimalis tingkat. Di lantai dua atau lantai tiga rumah, kamu bisa memanfaatkan karakteristik rumah minimalis dengan arsitektur yang tidak melebar, melainkan bertumpuk.

Jadi, daripada balkon lantai atas dibiarkan menganggur, kamu bisa membuat taman dengan beberapa bunga dan tanaman hias yang mudah perawatannya. Kamu bisa meletakkan pot-pot tanaman tersebut mengelilingi balkon atau menggantungkannya di langit-langit.

Space lain di luar ruangan yang bisa kamu jadikan taman rumah minimalis adalah salah satu sudut teras rumahmu. Kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah taman dengan bunga warna warni. Meskipun kecil,  taman yang kamu buat akan tetap menambah kesegaran dan estetika.

Apalagi kalau teras rumahmu memiliki anak tangga, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk meletakkan beberapa tanaman hias dalam pot di area tangga dan menambahkan rerumputan di sela-sela tangga. Dengan demikian, taman yang kamu buat di teras akan menjadi lebih unik.

Selain itu, jika rumah minimalis milikmu memiliki atap yang datar (tidak segitiga) kamu bisa memanfaatkannya untuk roof gardening atau taman di atas atap. Space di atap tentu sedikit lebih luas, sehingga kamu bisa lebih bebas dalam menentukan desain taman rumah minimalis yang kamu inginkan.

Memanfaatkan Space di dalam Ruangan

Idealnya, taman akan menambah estetika rumah jika dilihat dari luar. Namun, jika ternyata space di luar ruangan tidak mendukung, kamu bisa membuat taman di dalam rumah dengan memanfaatkan space di dalam ruangan.

Misalnya, kamu perhatikan space di bawah tangga. Jika mendukung, maka kamu bisa mengubahnya menjadi lebih menarik dengan sebuah taman rumah minimalis. Taman dalam rumah harus dekat dengan kaca agar tanaman memperoleh cukup asupan cahaya matahari.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan cermin berbentuk persegi pada salah satu dinding ruangan untuk memberi ilusi taman menjadi tampak lebih luas.

Memanfaatkan Dinding Eksterior Rumah

Membuat taman tidak harus selalu menanam bunga atau tanaman hias di dalam pot kemudian menatanya dengan indah atau menanam langsung di tanah. Kamu bisa memanfaatkan dinding eksterior rumah untuk membuat taman rumah minimalis.

Misalnya, kamu membuat taman khusus anak-anak yang artsy. Manfaatkan dinding belakang rumah sebagai sebuah kanvas kosong, kemudian mulailah melukis taman sesuai imajinasimu. Selanjutnya, berilah tanaman di beberapa bagian untuk menampilkan taman 3D yang super artistik.

Selain itu, kamu bisa menggunakan konsep taman vertikal yang akan membuat taman minimalis vertikal tampak sangat unik. Konsepnya adalah memanfaatkan semacam rak berbentuk pohon yang menempel pada dinding dengan beberapa ring untuk menempatkan pot.

Membuat Taman Sederhana

Inti dari minimalis adalah sederhana namun bermakna. Kamu tidak perlu membuat banyak tanaman, namun cukup membuat taman yang super simpel dengan beberapa tanaman dan bunga untuk melengkapi keindahannya. Kamu bisa membuat pada teras ataupun halaman belakang rumah.

Untuk kesan sederhana yang lebih baik, kamu bisa coba ide untuk membuat desain clean futuristic. Desain ini mempertahankan konsep putih bersih yang hanya menggunakan beberapa petak tanah sebagai area bertanam. Warna putih bersih menjadi sangat sempurna untuk menunjukkan halaman rumah yang sederhana, elegan, dan tampak modern.