27
Jan

Ikuti 7 Cara Mendekor Ulang Rumah yang Cepat dengan Bujet Tipis

Ikuti 7 Cara Mendekor Ulang Rumah yang Cepat dengan Bujet Tipis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorAda saatnya, kita merasa bosan dengan dekorasi rumah yang biasa. Apalagi aktivitas sehari-hari di tengah pandemi COVID-19 seluruhnya dilakukan dirumah. Sehingga kamu ingin mulai mendekorasi ulang rumah. Namun, tidak bisa dipungkiri dalam proses mendekorasi rumah mungkin budget menjadi salah satu kendala. Bukan hal aneh bila orang-orang ingin mendekorasi rumahnya sebaik dan seindah mungkin, namun dengan bujet yang seminim mungkin. Yuk ikuti 7 cara mendekor ulang rumah yang cepat dengan bujet tipis.

1. Membuat statement wall

Mendekor rumah terjangkau - Statement wall

Statement wall adalah satu bagian sisi dinding yang dijadikan pusat perhatian dari ruangan tersebut. Membuat statement wall adalah cara paling jitu untuk mendekor ulang rumah dengan harga yang terjangkau.

Kamu nggak perlu melakukan perubahan besar dengan waktu dan uang yang banyak. Selain itu, ruangan bakal terlihat lebih unik, beda, dan dinamis meski sentuhannya minim.

Tinggal memanfaatkan cat maupun wallpaper removable. Cat satu sisi dinding ruangan dengan warna kesukaanmu dan biarkan sisi lain berwarna netral. Kamu juga bisa membentuk pola garis, polkadot, maupun chevron dengan cat ini.

Kalau mau pakai removable wallpaper juga boleh. Coba pasang di salah satu sisi tembok karena harganya tentu lebih murah dari memasangnya seruangan penuh. Suasana pun jadi beda!

2. Pasang ubin atau keramik di dinding

Your guide on how to fit wall and floor tiles | Homebase

Memasang ubin kotak kecil putih di dinding adalah cara termudah untuk membuat penampilan ruangan minimalis jadi terlihat lebih seksi. Cari ubin kecil putih yang harganya murah, lalu pasang di seluruh tembok dapur atau di belakang bak cuci dan kompor agar mudah membersihkan tembok dari air dan minyak.

BACA JUGA  7 Balkon Sederhana yang di Sulap Menjadi Rumah Minimalis

Namun, kalau kamu nggak mau atau justru belum mampu memasang ubin putih di seluruh ruangan, nih, buat statement area menggunakan ubin corak. Pilih ubin corak vintage seperti ubin terakota atau ubin keramik lantai hias lainnya. Pasang saja di satu sisi kecil dari ruangan (baik dapur maupun kamar mandi).

Dengan perubahan kecil ini rumah akan terlihat makin manis. Coba cek tren interior 2020, deh, ada contoh ubin terakota yang sangat cantik sekali sebagai detail dekor kamar mandi maupun dapur mungilmu. Kalau kamu mau memasangnya di ruang keluarga juga bisa, kok. Tinggal tambahkan floating shelves di depannya, ya, agar nggak kosong.

3. Ganti hardware perabotan

Mendekor rumah terjangkau - hardware emas

Coba ganti hal-hal kecil macam kenop pintu, lemari, laci, dan keran air di dapur. Tahukah kamu mengubah hal-hal kecil ini ternyata bisa benar-benar memberikan nilai tambah pada estetika rumah? Selain itu, opsi banyak opsi yang bisa dipilih dan harganya pun terjangkau.

Sekarang, kan, lagi trendi untuk hardware perabotan rumah dan keran terbuat dari kuningan, tembaga, atau kuningan yang disepuh warna rose gold. Kebayang nggak cantiknya? Nah, kamu bisa mengubah hardware di rumah dengan pilihan metal ini.

Kalau mau agak vintage, nih, pilih kenop yang terbuat dari kaca atau keramik berpola. Bisa diselaraskan dengan dinding ubinmu, kan? Kalau suka semua, kombinasikan saja sesukamu dengan hardware yang terbuat dari material apa saja. Jangan lupa sesuaikan juga dengan selera dan kemampuanmu!

4. Tambahkan tanaman

Mendekor rumah terjangkau - tanaman indoor di ruang keluarga

Tanaman bisa membuat ruangan jadi terasa segar dan menarik, lho. Selain itu, dekorasi indoor dengan tanaman juga lagi supertrendi akhir-akhir ini, kan? Apa lagi ada banyak panduan tentang tanaman indoor dan cara perawatannya yang memudahkanmu.

BACA JUGA  Hal Penting Dalam Desain Ekesterior Untuk Rumah Yang Sehat

Nggak usah beli tanaman yang harganya melambung tinggi karena sedang ngetren, ya. Masih banyak tanaman indoor yang sama cantiknya dengan harga lebih terjangkau, kok. Kalau khawatir nggak jago menjaga tanaman tetap hidup, nih, pilih saja tanaman indoor yang nggak perlu sering disiram dan low maintenance seperti artikel di Rukita.

Perhatikan kapan tanaman ini perlu disiram dan pastikan kondisi tanahnya kering juga. Selain itu perhatikan apakah mereka suka matahari langsung atau tidak. Kalau punya hewan peliharaan, ya, cari tahu juga apakah jenis tanaman tersebut aman jika berada di dekat para mahkluk berbulu.

5. Ganti tirai jendela

20 Best Living Room Curtain Ideas - Living Room Window Treatments

Ketika kamu masuk ke ruangan, nih, tirai pada ruangan tersebut adalah pigura dari keseluruhan ruangan. Maka dari itu, tirai atau gorden adalah faktor yang penting untuk diperhatikan ketika ingin mendekor ulang rumah dengan bujet terjangkau.

Mengganti tirai jendela bisa mengubah suasana dari suatu rumah dan gampang banget, kan, menggantinya? Selain mudah, harganya pun relatif murah, bisa dipakai dalam jangka waktu lama, pilihannya banyak banget, dan bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan atau selera.

Kamu bisa memilih tirai putih agak transparan yang ringan jika ruanganmu sempit. Mau tipe blinds ala Jepang atau gorden yang berat dan mewah untuk space ruangan yang besar? Bisa banget! Tinggal sesuaikan dengan bayangan dan bujetmu, deh.

6. Buat galeri di dinding

9 Ways to Layout Your Gallery Wall | Collective Gen

Kita kembali membahas dinding, ya, karena area ini memang mudah diubah saat ingin mendekor rumah dengan cepat dan terjangkau. Statement wall nggak hanya mengubah cat atau menambah ubin, kamu bisa juga membuat galeri di rumah, seperti galeri foto keluarga.

Kamu bisa memasang foto keluarga atau foto pribadi di dinding dan ditata dalam pigura sedemikian rupa agar terlihat rapi dan cantik seperti galeri. Kamu juga bisa menambahkan rak gantung untuk menyusun aksesori dan pajangan yang unik dan indah.

BACA JUGA  Tips Merapikan Barang di Tempat Penyimpanan Agar Lebih Rapi

Tambahkan pula satu artwork besar yang keren dan memang kamu sukai. Atau bisa juga membuat galeri cermin maupun galeri dedaunan dan bunga-bunga kering yang kamu kumpulkan untuk dinikmati keindahannya.

7. Ganti bantal sofa dan kursi

50 Energetic and colorful living room design ideas | Casual living rooms, Colorful living room design, Colourful living room

Bantal adalah sebuah aksesori yang benar-benar bisa mempercantik ruang tamu dan ruang keluarga di rumah (bahkan kamar!). Kamu bisa mengganti sarung bantal atau menukarnya dengan bantal di ruang lain tergantung mood-mu maupun tren dekor musiman.

Sekalinya kamu mengubah corak maupun warna bantal ini maka suasana ruangan langsung terasa perubahannya. Kalau ruangan di rumah terasa polos dan membosankan, coba ganti sarung bantalmu dengan warna-warni cerah atau bermotif untuk mengubah mood.