27
Jan

Ini 7 Perabotan Wajib Beli untuk Mengisi Rumah Pertama

Ini 7 Perabotan Wajib Beli untuk Mengisi Rumah Pertama

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSegala hal yang baru itu memang menyenangkan, apalagi kalau punya rumah baru. Wah, pasti bahagianya tak terkira! Bagaikan main di game The Sims, kamu pasti ingin buru-buru menata interior rumah dengan barang-barang yang cantik. Eits, tapi jangan keburu kalap ya kalau belanja furnitur atau alat elektronik untuk mengisi rumah baru! Ada barang kebutuhan pokok yang harus lebih dulu kamu beli dibandingkan barang-barang lain yang menarik hanya karena bentuknya lucu. Ini dia 7 perabotan wajib beli untuk mengisi rumah pertama.

1. Sofa ruang keluarga

17 Minimalist Living Room Design Ideas | Extra Space Storage

Pemilik rumah sebaiknya membeli sofa ruang keluarga terlebih dahulu sebagai prioritas. Selain itu pilih sofa berkualitas yang tahan lama karena sofa bakal sering dipakai dan diduduki oleh banyak orang.

Kamu juga harus memilih warna dan model sofa yang sesuai style desain interior idaman atau seleramu. Sofa memiliki dampak desain paling besar di ruang keluarga makanya style-nya pun harus menyesuaikan.

Sofa dengan warna netral dan beragam tekstur bisa jadi pilihan tak lekang waktu. Model ini hampir nggak pernah ketinggalan zaman! Namun, kalau mau sofa jadi statement piece di ruang keluarga maka kamu bisa pilih bentuk unik dan warna bold kalau itu memang seleramu.

2. Meja makan

bohemian minimalist dining room | Minimalist dining room, Minimalist dining room decor, Boho dining room

Sesudah memilih sofa, jangan lupa pilih meja dan kursi makan sebagai perabotan prioritas rumah pertama. Semua orang pasti makan di rumah dan rata-rata bakal meluangkan waktu 2-3 kali sehari. Jadi, furnitur di ruangan ini akan sangat penting sekali.

Pilih meja dan kursi makan yang awet dan tahan lama agar kamu tidak perlu sering-sering membeli dan menggantinya. Furnitur ini akan jadi hal yang penting untuk acara makan keluarga maupun menjamu tamu. Oleh karena itu, jangan beli yang murahan dan sekadarnya saja.

BACA JUGA  Upgrade Dekorasi Ruangan dengan 12 DIY Bantal Sofa

3. Matras dan tempat tidur

20 Best Ways To Decor Your Bedroom With A Scandinavian Design

Selanjutnya, kita akan fokus pada ruangan di mana kamu bisa menikmati waktu sendiri dan beristirahat. Kamu harus bisa membuat ruang tidur menjadi tempat berteduh dari segala gundah-gulana.

Maka dari itu, tempat tidurmu harus nyaman dan bikin kamu betah rebahan hingga beristirahat total. Bahaya, sih, kalau harus kerja tapi mager, namun tugas kamar memang bikin kamu nyaman. Tempat tidur dan matras harus jadi bagian dominan di kamar! Terpenting kamu harus suka model dan kenyamanannya karena style tempat tidur akan menentukan keseluruhan desain kamar.

Bedding juga harus kamu beli supaya tidurmu nyaman. Bedding memang harus diganti setiap beberapa tahun sekali agar kualitasnya tetap baik saat digunakan. Dengan berinvestasi ke bedding yang baik, nih, maka kamu nggak harus sering-sering menggantinya. Ya, bedding adalah kunci agar tidurmu nyaman dan lelap.

4. Perabotan aksen

ITALIANBARK - INTERIOR DESIGN BLOG | TREND FORECASTING | Retro living rooms, Retro home decor, Trendy living rooms

Perabotan aksen adalah perabotan yang bakal jadi kunci atau fokus dari sebuah ruangan namun juga bersifat fungsional, contohnya kursi, meja kopi, dan night stand. Kamu bisa beli sofa yang simpel, sementara kursi beraksen cantik bertugas memberikan karakter pada ruangan.

Kursi aksen bisa kamu taruh di ruang keluarga, kamar, maupun ruang makan, bahkan bisa di mana saja, tuh! Investasi juga ke barang yang mendukung dan pasti digunakan setiap hari, seperti nightstand, meja kopi, meja kecil, maupun lampu.

Fokus saja untuk membeli barang-barang besar ini dibanding aksesori dekoratif. Beli aksesori dekoratif memang seru dan menyenangkan, sih, namun bukan prioritas utama, ya! Prioritaskan untuk barang yang bakal dipakai dulu.

5. Tirai

Pin on Bedroom

Tirai jelas hal yang penting untuk dibeli karena memiliki fungsi desain, membuat ruangan terlihat lengkap, dan berfungsi antiintip! Kamu juga tidak bisa memilih panjang dan bentuk tirai sembarangan karena harus pas dengan luas ruangan.

BACA JUGA  Tips Mendekorasi Rumah Melalui Buku Part 2

Tirai harus dipasag setinggi mungkin atau mendekati langit-langit agar ruangan nampak tinggi. Jika ruangan sempit, nih, pastikan ujung bawah tirai berhenti beberapa senti di bawah jendela dengan bahan lebih ringan. Kalau ruangannya luas, sih, tirai bisa jatuh beberapa senti dari atas lantai.

6. Beli cermin (jangan artwork murahan!)

Decorating Walls With Mirrors: Professional Tips To Know | DecoholicHiasan seni atau artwork memang penting untuk menghias rumah dengan unik. Namun, jangan salah pilih! Artwork yang buruk bikin ruangan malah jadi nggak karuan. Maka dari itu, jangan beli artwork yang hanya berisi quote print dari Pinterest. Pilih sesuatu yang mencerminkan kepribadianmu, dong.

Kalau bingung mau pasang artwork apa, nih, mending pasang foto saja. Rukita memiliki artikel mengenai cara membuat galeri foto di rumah agar foto-foto pribadi maupun keluarga bisa dipajang menjadi art piece di dinding rumahmu.

Beli cermin juga sangat penting, lho. Cermin adalah dekorasi yang sangat multifungsi. Kamu bisa berkaca di situ sekaligus membantu membuat ruangan lebih luas maupun cerah. Tinggal cari di marketplace dengan harga terjangkau, deh.

7. Lemari dan tempat penyimpanan

Scandinavian Apartment- organic natural wood storageInterior Design Ideas.

Jangan lupa untuk membeli lemari dan tempat penyimpanan atau storage sebagai perabotan prioritas di rumah pertama. Kamu bisa beli lemari pakaian, lemari makan, maupun lemari TV.

Kamu akan selalu butuh tempat untuk menyimpan barang di lemari kalau rumahmu kecil. Asyiknya kini banyak lemari memiliki desain yang ringkas dan multifungsi. Selain itu, lemari bisa membantu rumah jadi terlihat rapi dan bersih. Rumah pertamamu jadi kian menarik, deh!