• 04
    Feb

    Ini 9 Kesalahan dalam Desain Kamar Mandi yang Sering Dilakukan

    Ini 9 Kesalahan dalam Desain Kamar Mandi yang Sering Dilakukan

    Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorDemi kenyamanan dan estetika, kamu harus cermat dalam menata kamar mandi. Terutamanya, pastikan menghindari kesalahan desain kamar mandi berikut ini. Kamar mandi merupakan salah satu ruangan penting dalam hunian. Terutamanya, untuk mendukung kebutuhan sanitasi penghuni nantinya. Oleh sebab itu, penataannya harus dilakukan dengan cermat agar nyaman untuk digunakan. Berikut ini 9 kesalahan dalam desain kamar mandi yang sering dilakukan.

    1. Penempatan jendela atau ventilasi

    kesalahan dalam desain kamar mandi - peletakan jendela kamar mandi

    Kesalahan dalam desian  kamar mandi yang pertama adalah pemilihan jendela dan ventilasi. Tak hanya untuk penerangan, hal ini juga penting banget demi siklus udara segar di kamar mandi.

    Kamar mandi memang tak perlu banyak jendela atau ventilasi. Cukup satu, namun pastikan ukurannya memadai dan berfungsi baik.

    2. Material lantai

    Kesalahan desain kamar mandi selanjutnya adalah pemilihan lantai yang kurang tepat. Lantai kamar mandi cenderung mudah licin, jika material yang dipilih kurang tepat bisa berbahaya, lho!

    Lantai keramik dengan tekstur agak kasar merupakan pilihan tepat untuk kamar mandi. Kamu juga bisa memasangkan karpet kamar mandi berbahan karet agar lebih safety. Tapi, ini bukan karpet biasa, lho! Karpet kamar mandi memiliki bahan dari karet dan biasanya terdapat plester atau perekat agar nggak bergerak atau licin.

    3. Tempat penyimpanan

    Kesalahan dalam desain kamar mandi lainnya ada kurangnya tempat penyimpanan. Hal ini nggak hanya mengurangi nilai estetika, lho, tapi juga memberikan kesan nggak bersih, alias jorok.

    Agar tampak terorganisir, gunakanlah storage yang fungsional dan sesuai dengan ukuran kamar mandi. Jika kamar mandimu sempit, letakkanlah di sudut ruang agar lebih hemat tempat.

    Kamu juga bisa memanfaatkan ruang di bawah wastafel untuk menyimpan barang. Jangan lupa rutin membersihkan tempat penyimpanannya paling tidak seminggu sekali, ya.

    4. Batasan area basah dan kering

    kesalahan dalam dekorasi kamar mandi - batansan area kering dan basah

    Tak sedikit yang berpikir bahwa ‘kamar mandi kering’ hanya berlaku di tempat-tempat elite saja. Padahal kita patut menerapkannya di rumah, lho!

    Pisahkanlah area basah dan kering di kamar mandi. Area basah sendiri meurupakan tempatmu untuk mandi, sedangkan area kering adalah untuk aktivitas lainnya, seperti cuci muka atau gosok gigi.

    Tak hanya untuk sanitasi, menyatukan area basah dan kering di kamar mandi juga membuka risiko terjadinya kecelakaan, lho! Selain itu, ruangan akan cenderung lebih lembap sehingga mudah kotor dan menjadi sarang bakteri.

    5. Peletakan lantai pembuangan air

    kesalahan dalam desain kamar mandi - letak floor drain

    Floor drain atau lantai saluran pembuangan merupakan elemen wajib dalam kamar mandi. Sayangnya, tak sedikit yang masih menyepelekan penempatannya.

    Agar berfungsi baik, pasanglah floor drain tak jauh dari keran agar aliran air dapat langsung mengalir. Selain itu, pasanglah di lokasi yang terjangkau (jangan terhalang kloset) agar mudah dibersihkan,

    6. Pemilihan warna cat dinding

    Memilih warna cat yang agresif atau terlalu mentereng merupakan salah satu kesalahan dalam desain kamar mandi. Apalagi, jika ruang kamar mandimu cenderung sempit.

    Kamar mandi seharusnya menjadi tempat kita merawat diri dengan relaks dan santai. Oleh karena itu, pilihlah warna-warna yang memberikan kesan menenangkan seperti biru.

    7. Posisi cermin kurang tepat

    kesalahan dalam desain kamar mandi - posisi cermin di kamar mandi

    Saat lagi cuci muka, sikat gigi, atau keramas, disadari atau tidak pasti kita melakukannya sambil bercermin. Itulah mengapa peletakan cermin juga penting dalam desain kamar mandiri.

    Pastikanlah cerminmu menggantung di posisi yang pas. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. Sebab, cermin yang terlalu rendah akan membuat kamar mandi tampak lebih sempit, lho!

    8. Letak kloset berhadapan langsung dengan pintu

    kesalahan desain kamar mandi - posisi kloset

    Meletakkan kloset berhadapan langsung dengan pintu juga mengurangi nilai estetika dan privasi. Coba bayangkan jika kamu sedang menggunakan kloset dan lupa mengunci pintu, apa jadinya?

    Solusinya, nih, letakkanlah kloset di samping pintu. Sedangkan pada bagian depan pintu letakkanlah wastafel.

    9. Dekorasi terlalu ramai

    kesalahan desain kamar mandi dekorasi

    Siapa, sih, yang nggak ingin kamar mandinya tampak estetik? Berbagai ornamen dekorasi untuk kamar mandi pun kini mudah didapatkan.

    Namun, terlalu banyak dekorasi malah membuat kamar mandimu tampak sempit dan nggak nyaman, lho! Lebih baik, hindarilah menggunakan ornamen dekorasi yang nggak terlalu perlu.

0 comments

Leave a reply