19
Nov

Ini Dia Berbagai Inspirasi Ruang Keluarga yang Wajib Ditiru

Ini Dia Berbagai Inspirasi Ruang Keluarga yang Wajib Ditiru

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMomen bersantai bersama keluarga tentu jadi saat-saat paling berharga yang harus dinikmati dengan sebaik-baiknya.  Untuk itu, kamu mesti mempertimbangkan desain ruang keluarga minimalis jika rumah terbatas space tapi tetap ingin terlihat memukau. Ini dia berbagai inspirasi ruang keluarga yang wajib ditiru.

Inspirasi Ruang Keluarga Minimalis

Saat ini, konsep minimalis sedang menjadi tren. Namun, untuk menerapkan desain yang terkesan simple ini, ternyata tidak semudah yang dilihat lho. Untuk itu, tim Narasi Design akan memberikan tips menata ruang keluarga berkonsep minimalis.

Desain minimalis biasanya memiliki ciri warna putih, abu-abu, cream, hitam, dan coklat seperti gambar di bawah ini.

Inspirasi Ruang Keluarga Minimalis - source : www.beres.id

Untuk menata ruang keluarga minimalis, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan warna dasar yang akan mendominasi ruangan. Biasanya, warna yang dipilih adalah warna putih karena mudah dipadukan dengan warna lain, selain itu akan membuat ruangan terlihat lebih luas, dan memberikan kesan bersih. Lalu, pilihlah furnitur dengan desain yang tidak rumit.

Sebenarnya, penempatan dekorasi ruangan tidak dilarang, hanya saja tidak perlu terlalu banyak dan pastikan warnanya senada. Memberi warna cerah pun bisa dilakukan pada pajangan, cushion pada sofa, atau karpet supaya estetika ruang tidak terlalu pucat.

Inspirasi Ruang Keluarga Lesehan

Desain ruang keluarga tidak melulu membutuhkan furnitur yang lengkap seperti sofa, TV, rak buku, coffee table, dan aneka pajangan lucu. Namun, ada inspirasi ruang keluarga lain yang terasa lebih santai, leluasa, sekaligus hangat, yaitu inspirasi ruang keluarga tanpa sofa alias lesehan seperti berikut ini.

 Inspirasi Ruang Keluarga Lesehan - source : www.rumahkece.com

Tidak perlu ragu untuk memiliki ruang keluarga dengan konsep lesehan karena justru dengan desain ruang keluarga tersebut, kreativitas Anda diuji untuk membuat tempat berkumpul dan bersantai yang tidak hanya nyaman, tapi juga estetis. Sebagai ganti sofa, pilihlah karpet yang nyaman, tetapi tetap mudah dibersihkan, seperti karpet wol, nilon, atau karpet sintetis yang tidak berbulu panjang. Sesuaikan juga warna karpet dengan cat dinding dan lantai, misalkan cat dinding berwarna abu-abu, lantainya bisa menggunakan lantai kayu berwarna cokelat gelap, kemudian karpetnya dapat memilih yang berwarna cream. Supaya semakin menarik dan bikin betah, letakkan beberapa bantal cushion dengan motif sarung berbeda-beda. Keberadaan coffee table juga tetap diperlukan dalam konsep ruang tamu lesehan sebagai tempat untuk meletakkan minum, camilan, buku, atau laptop ketika sedang bekerja secara santai.

Inspirasi Ruang Keluarga Skandinavia

Selain inspirasi ruang keluarga bertema minimalis, inspirasi ruang keluarga yang sedang populer lainnya adalah desain ruang keluarga Skandinavia. Ciri khas dari desain Skandinavia adalah warna netral yaitu, putih dan abu-abu dengan pop up color, seperti kuning, soft pink, dan turquoise blue. Memang sekilas mirip dengan konsep minimalis, hanya saja dalam inspirasi ruang keluarga Skandinavia, penggunaan material furnitur adalah kayu, tidak seperti konsep minimalis yang terlihat cantik dengan furnitur berkerangka logam. Inti dari konsep Skandinavia adalah perpaduan nuansa alam dari pilihan warna turquoise blue yang seperti lautan dan penggunaan material kayu sebagai representasi hutan. Kemudian dengan warna netral yang menampilkan kesan bersih dan sejuk.

Inspirasi Ruang Keluarga Skandinavia - source : www.dekoruma.com

Dari ketiga inspirasi ruang keluarga yang banyak digemari tersebut, tentukan yang paling cocok dengan kepribadian dan keinginan Anda. Tidak perlu khawatir dengan ukuran ruangan yang dirasa terlalu sempit. Atau luas karena pemilihan furnitur dan warna dapat memberikan efek ruang yang lebih lega maupun berisi. Pastikan juga furnitur dan barang-barang yang ada di ruang keluarga adalah yang mendukung aktivitas penggunaan ruang. Selain sebagai efek penambah nilai estetika ruang. Mudah bukan?