07
Nov

Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorFilosofi Zen di Jepang tidak hanya terbatas untuk individu saja, namun juga sudah merambah ke dunia interior rumah minimalis Jepang. Prinsip desain yang lebih menekankan pada kesan simpel dan tenang ini memiliki tujuan untuk meningkatkan fokus dan rasa damai dalam bentuk interior yang modern. Inilah sebabnya konsep rumah minimalis Jepang kini sudah begitu sukses menyebarkan pengaruh ke segala dunia. Berikut ini inspirasi minimalisme jepang bagi rumah anda.

1. Menggunakan Sedikit Warna

Menggunakan sedikit warna membuat anda tidak perlu repot memikirkan padu padan antar furnitur dan peralatan. Warna-warna dasar ini bisa dipadukan dengan elemen natural seperti warna abu, hitam, coklat, dan pola batu atau kayu.

arsitek Jepang

Warna dasar seperti putih dan krem yang cerah juga memberi kesan luas dan lega bagi ruangan sempit karena cahaya jatuh dan memantul pada warna cerah.

arsitek Jepang

2. Menyimpan yang Bisa Disimpan

Orang Jepang berprinsip untuk memilih yang esensial dan membuang hal-hal yang tidak berguna. Kebanyakan dari mereka hanya menggunakan sedikit furnitur. Mereka tidur di atas futon (kasur lipat) dan hanya menggunakan meja rendah dan duduk di lantai. Mungkin hal ini tidak biasa bagi orang Indonesia tapi kita dapat menerapkan kesederhanaan itu dengan trik menyembunyikan furnitur seperti ini.

arsitek Jepang

Anda juga dapat merancang furnitur anda sebaik mungkin. Barang-barang yang tidak tercecer membuat ruang terasa lega dan juga memudahkan anda dalam mencari barang Anda saat membutuhkannya lagi.

3. Menggunakan bentuk-bentuk dasar

Terlalu banyak padu padan bentuk dan pola membuat bangunan atau ruangan terlihat rumit dan menjemukan, khususnya untuk bangunan yang tidak terlalu besar dan ruangan yang tidak terlalu luas.

arsitek Jepang

Kita dapat meniru rancangan desainer Jepang dengan menerapkan bentuk-bentuk dasar yang sederhana bagi rancangan rumah atau ruanga. Bentuk dasar segitiga dan persegi panjang tanpa banyak ornamen terlihat apik dan juga lebih mudah untuk dibangun.

Demikianlah beberapa hal yang dapat anda tiru dan terapkan dari ide kesederhanaan arsitek Jepang! Semoga berguna bagi hunian anda.