13
Nov

Inspirasi Pengunaan Batu Bata Ekspose Pada Desain Rumah Modern

Inspirasi Pengunaan Batu Bata Ekspose Pada Desain Rumah Modern

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorRumah dengan dinding bata ekspos kian digemari kalangan keluarga muda karena kesannya yang hangat dan unik. Warna dari dinding batu bata ekspos tidak selalu merah bata, bisa putih, hitam, dan bisa disesuaikan dengan masing-masing gaya rumah seperti rustic, Skandinavia, bahkan modern. Berikut ini inspirasi pengunaan batu bata ekspose pada desain rumah modern

1. Batu Bata Ekspose Pada Ruang Keluarga

Batu Bata Ekspose

Ruang keluarga adalah salah satu space yang seringkali digunakan untuk berkumpul bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Faktor inilah yang membuat banyak orang mendesain ruang keluarganya dengan konsep homey.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan konsep batu bata ekspose pada ruang keluarga. Tidak perlu keseluruhan, namun Anda dapat memasukkan aksen batu bata ekspose pada satu bagian dinding saja. Untuk warna, Anda dapat menyesuaikan dengan warna interior di ruang keluarga Anda, baik itu warna natural, putih, bahkan hitam.

2. Batu Bata Ekspose Sebagai Dinding Backsplash Dapur

Batu Bata Ekspose

Dinding backsplash adalah dinding antara meja dan lemari kabinet atas pada dapur. Selain fungsional, dinding backsplash menjadi salah satu elemen penting yang dapat memberikan kesan cantik bagi tampilan interior dapur. Salah satu material yang bisa Anda gunakan untuk dinding backsplash ini adalah batu bata ekspose. Pemilihan batu bata ekspose akan membuat dapur Anda terlihat unik dan juga bergaya industrial. Namun, tentunya diperlukan perawatan yang lebih untuk pengunaan pada dinding backsplash. Penerapan bata ekspos dapat juga dilakukan pada sisi dinding dapur lainnya atau ruang makan.

3. Batu Bata Ekspose Pada Kamar Tidur

Batu Bata Ekspose

Kamar tidur yang notabene digunakan untuk berisitirahat membutuhkan penataan lebih dan pemilihan batu bata ekspose utuk dinding tunggal di kamar dapat menjadi pilihan yang menarik. Anda dapat meletakkan ranjang di bagian depan dinding batu bata ekspose, menjadikan dinding sebagai bagian aksen dari bedhead.

Penambahan furnitur seperti lampu-lampu deret yang dipasang di dinding dapat menimbulkan kesan industrial. Untuk mendapatkan kesan lain Anda dapat mengkombinasikan dinding dengan furnitur seni seperti lukisan ataupun poster dan juga bingkai photo.

4. Batu Bata Ekspose Untuk Dinding Rumah Keseluruhan

Batu Bata Ekspose

Siapa bilang batu bata ekspose tidak dapat digunakan untuk keseluruhan dinding rumah? Kesan homey dan natural akan Anda peroleh dengan memanfaatkan batu bata ekspose untuk seluuh dinding rumah. Paduan warna batu bata merah dengan interior rumah bernuansa kayu akan semakin mengentalkan kesan natural.

5. Batu Bata Ekspose Sebagai Roster atau Dinding Ventilasi

Batu Bata Ekspose

Indonesia seringkali ditempa cuaca panas apalagi saat memasuki musim kemarau. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat mencoba menggunakan roster atau dinding ventilasi. Jika biasanya roster menggunakan material tanah liat yang sudah dicetak, maka Anda juga dapat menggunakan batu bata yang disusun lebih renggang secara menarik. Pembuatan roster ini selain dapat mempercantik fasade hunian juga dapat menggantikan fungsi jendela dengan hraga yang terjangkau.

Untuk pemasangannya sendiri, Anda dapat memilih tema full face atau half face. Tergantung pada selera masing-masing individu. Full face adalah konsep dimana Anda mengekspose keseluruhan dinding rumah. Sementara untuk half face, Anda dapat memplester dinding sebagian saja dan sisanya dibiarkan tanpa plester. Meski begitu, Anda harus berhati-hati karena kesalahan dalam pemasangan batu bata ekspose akan membuat hunian Anda terkesan kumuh dan kurang rapi.