17
Mar

Jenis dan Gambar Batu Alam yang cocok untuk Desain Rumah Minimalis

Jenis dan Gambar Batu Alam yang cocok untuk Desain Rumah Minimalis

  Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBatu Alam pada rumah mampu meningkatkan estetika serta memberikan kesan yang netral dan elegan. Bukan hanya itu, dengan adanya menggunakan batu alam sebagai bahan bangunan dan dekorasi rumah . Berikut adalah jenis beserta gambar batu alam yang kalian bisa buat referensi :

 

 

1. Batu Palimanan

gambar batu alam

Batu Palimanan berasal dari kecamatan Palimanan di Cirebon. Batu yang satu ini diproduksi dari Gunung Ciremai dan sangat terkenal dengan kekuatan dan keawetannya. Kamu bisa menggunakan batu ini untuk dinding, kolam renang, taman, atau sebagai dinding pagar.

2. Batu Gamping

gambar batu alam

Di Indonesia, kita mengenal batu ini sebagai batu kapur. Kualitasnya yang tahan segala suhu dan cuaca, juga kekokohannya menjadi alasan mengapa banyak orang memilih batu gamping untuk desain rumah mereka. Tidak hanya putih, kamu juga bisa menemukan batu gamping berwarna abu, biru, coklat, dan merah muda.

 3. Batu Marmer (Batu Marble)

gambar batu alam

Batu marble sering dipakai banyak orang karena dapat dengan mudah dibentuk menurut keinginan si pemilik rumah.Dengan permukaan yang mengkilap dan warna yang terang, batu ini dapat memancarkan kesan mewah dan elegan. Tips: Karena kesensitifannya terhadap cuaca, hindari memasang batu marmer pada dinding luar rumah yang terkena langsung sinar matahari.

4. Batu Granit

Batu granit pada umumnya diasah dan dipotong-potong untuk dijadikan lantai. Lantai yang terbuat dari batu granit akan terasa lebih dingin dan tidak licin dibandingkan dengan lantai lainnya. Karena sifatnya yang kuat dan tahan cuaca, batu ini juga sering dijadikan untuk bahan bangunan lainnya seperti jembatan, kolam ikan, kolam renang, dan gedung-gedung perkantoran.

BACA JUGA  Rumah Type 60

5. Batu Candi

gambar batu alam

Jika kamu melihat nama dan gambar batu alam satu ini, hal yang pertama kamu pikirkan pasti candi-candi bersejarah di Indonesia. Walaupun namanya sama, batu ini bukanlah jenis batu yang dipakai orang jaman dahulu untuk membangun candi. Batu candi mempunyai komposisi yang berbeda dengan batu andesit yang biasanya digunakan para leluhur kita untuk membangun bangunan. Pori-pori batu candi lebih terbuka dan juga lebih mudah dirawat dibandingkan batu andesit.

6. Batu Andesit

gambar batu alam

Batu andesit berasal dari proses erupsi gunung berapi. Batu ini sudah sering dijadikan sebagai bahan pembangun dinding rumah karena karakteristiknya yang kuat, ketahanannya dalam menghadapi cuaca ekstrem, dan mudah dipasang. Batu andesit bertekstrur seperti kayu jadi bisa kamu jadikan eksterior ruangan, karya seni, ataupun pagar depan rumah.

7. Batu Templek

gambar batu alam

Meski berbentuk lempegan tipis, batu templek tergolong bebatuan keras yang kuat. Batu ini sering sekali digunakan para desainer rumah sebagai hiasan dinding karena teksturnya yang tidak berarturan terlihat indah jika disatukan dengan lempengan batu templek lainnya. Batu ini tidak gampang berlumut dan mudah dirawat. Kotoran yang menempel pada batu ini bisa kamu bersihkan hanya dengan cara digosok lap bersih.

8. Batu Sukabumi

gambar batu alam

Batu Sukabumi biasanya berwarna hijau, sehingga sering sekali digunakan sebagai lantai kolam renang, kolam ikan, atau pancuran air. Keunggulan dari batu Sukabumi adalah sifatnya yang anti licin, sejuk, anti air, dan memiliki senyawa zeoilit yang bisa menjernihkan air. Karena kelangkaannya, kamu mau tidak mau harus merogok kocek lebih dalam untuk membeli batu ini.

9. Batu Paras Jogja

gambar batu alam

Jika dilihat pada gambar batu alam diatas batu paras Jogja cocok untuk kamu yang mengincar desain rumah minimalis. Batu produksi Jogja ini biasanya dijadikan sebagai material penutup dinding rumah. Akan tetapi, karena warnanya yang terang dan permukaan yang cukup kasar, batu ini memerlukan perawatan yang lebih khusus. Jika tidak dirawat dengan benar, batu paras Jogja akan mudah berlumut. Walaupun begitu, kamu tidak usah khawatir. Merawatnya batu ini cukup mudah, yaitu dengan cara digosok dan dilap tanpa memerlukan cairan pembersih.

BACA JUGA  Inspirasi Dekorasi Sudut Rumah Sulap Jadi Ruang Cozy dan Estetik

10. Batu Sabak

gambar batu alam

Batu sabak, atau yang lebih dikenal dengan istilah batu kali, banyak digunakan sebagai eksterior rumah. Batu alam ini sangat kokoh dan bisa kamu jadikan sebagai pondasi bangunan. Harganya pun relatif murah. Untuk memasang batu ini di rumah, pastikan kamu memiliki alat-alat yang tepat karena batu ini lumayan susah dipotong dan diukir.