01
Des

JENIS GORDEN UNTUK HIASI INTERIOR RUMAH ANDA

JENIS GORDEN UNTUK HIASI INTERIOR RUMAH ANDA

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorPemilihan gorden yang tepat akan menjadi sentuhan akhir dalam mendesain rumah Anda. Pemasangan gorden cantik akan memberikan tekstur dan keseimbangan pada desain sebuah ruangan sekaligus menjadi filter bagi sinar matahari. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjatuhkan pilihan agar bisa mendapatkan gorden yang benar-benar tepat. Untuk membantu Anda dalam memilih gorden yang tepat, berikut ini kami sajikan beberapa tips dalam memilih gorden cantik untuk melengkapi desain interior di rumah anda. Berikut ini jenis gorden untuk hiasi interior rumah anda.

Gorden Tipe Sheer

Gorden sheer adalah tipe gorden yang sangat cocok bagi pemilik rumah yang menginginkan privasi tetapi masih memungkinkan cahaya masuk melewati jendela. Gorden ini biasanya hanya bersifat sebagai pelapis karena terbuat dari bahan yang tipis. Tetapi jenis gorden ini tetap diperlukan sebagai salah satu lapisan agar pandangan dari luar ke dalam terlihat menarik. Biasanya sheer memiliki motif atau berwarna putih polos dari bahan voile. Selain itu, sheer juga sangat cocok untuk pelapis gorden tipe lainnya dan dapat ditempatkan di ruangan manapun.

Gorden Rod Pocket

Ini adalag gorden jendela yang paling sederhana untuk arsitek rumah. Di bagian atas dilengkapi dengan lorong hasil keliman yang berguna untuk menggantung di batang jendela yang ramping. Jenis gorden rod cukup jarang dibuka – tutup. Pasalnya fungsinya sendiri lebih berperan sebagai pembatas. Mengingat sifatnya kurang fleksibel, maka sebaiknya rod pocket digunakan untuk ruang yang tidak sering digunakan.

Gorden Draperies

Ini merupakan salah satu jenis gorden jendela yang paling dekoratif untuk aplikasi arsitek rumah. Pasalnya ruangan yang menggunakan gorden ini akan terlihat lebih menarik. Selain memiliki warna dan motif yang cantik, gorden ini juga memiliki tampilan yang sederhana dengan permukaan bergelombang dan menggantung sama panjang. Selain itu, biasanya draperies juga menggunakan bahan kain yang lebih berat agar dapat menjuntai ke bawah dengan sempurna.

BACA JUGA  Cara Berhemat Saat Membangun Rumah

Gorden Cascades

Ini adalah jenis gorden yang menjuntai pada kedua sisi jendela. Jenis yang satu ini juga menawarkan panjang sampai ke lantai dan tersedia dalam berbagai motif. Cascades biasanya tidak terpisah swag dengan bagian atas bergelombang seperti setengah lingkaran. Hasilnya, keduanya saling berpadu untuk menciptakan gorden jendela yang menawan dan anggun. Jenis gorden ini cocok untuk dipasang di kamar tidur.

Gorden Valances

Gorden tipe valances memiliki estetika yang fungsional untuk aplikasi arsitek rumah. Selain memiliki desain berombak yang cantik, jenis gorden ini juga dapat menutupi batang jendelayang terlihat kurang indah saat ditampilkan, khususnya jika gorden jendela bertumpuk. Gorden valances biasanya dipadukan dengan cascades sehingga warna keduanya perlu disesuaikan serta sebaiknya terbuat dari kain sejenis.

Penutup batang gorden umumnya menggunakan boks bernama pelmets. Tampilan yang disuguhkan oleh gorden ini adalah terkesan formal. Jika jendela di rumah berukuran lebih tinggi dan lebar, gorden ini akan membuat bagian tersebut terkesan menawan dan gagah.

Gorden Scarves

Ini adalah jenis gorden jendela yang mudah sekali untuk dipasang dan dikreasikan. Scarves tidak memiliki tempat untuk menggantung seperti ring atau kain. Gorden ini hanya berupa kain panjang yang dililit di batang jendela untuk dekorasi. Scarves juga dapat menjadi aksen yang menarik untuk bagian atas gorden jendela. Anda dapat memilih bahan kain halus seperti sutera. Selain itu, jumlah lilitan juga dapat disesuaikan dengan panjang dari batang jendela. Scarves selain memiliki tampilan yang cantik juga dapat menutupi kekurangan gorden jendela utama.