25
Jan

Jenis Pasir Yang Digunakan Untuk Bahan Bangunan

Jenis Pasir Yang Digunakan Untuk Bahan Bangunan

Jenis Pasir Yang Digunakan Untuk Bahan Bangunan – Pasir adalah bahan bangunan pokok yang banyak dipergunakan dari struktur paling bawah hingga paling atas dalam bangunan. Perlu diketahui, jenis pasir terdapat beberapa jenis. Masing – masing jenis mempunyai fungsi yang berbeda – beda. Berikut ini bebrapa jenis pasir yang sering digunakan pada sebuah bangunan.

1. Pasir Beton
Yaitu pasir yang warnanya hitam dan butirannya cukup halus, namun apabila dikepal dengan tangan tidak menggumpal dan akan puyar kembali. Pasir ini baik sekali untuk pengecoran, plesteran dinding, pondasi, pemasangan bata dan batu.
2. Pasir Pasang
Yaitu pasir yang lebih halus dari pasir beton. Ciri-cirinya apabila dikepal akan menggumpal dan tidak akan kembali ke semula. Pasir pasang biasanya digunakan untuk campuran pasir beton agar tidak terlalu kasar sehingga bisa dipakai untuk plesteran dinding.
3. Pasir Elod
Yaitu pasir yang paling halus diantara pasir beton dan pasir pasang. Ciri-cirinya apabila dikepal akan menggumpal dan tidak akan puyar kembali. Pasir jenis ini tidak bagus untuk bangunan. Biasanya dipakai untuk campuran pembuatan batako.
4. Pasir Merah
Yaitu pasir yang ciri-cirinya hampir sama dengan pasir beton namun lebih kasar dan batuannya agak lebih besar. Pasir ini bagus digunakan untuk bahan cor.
Sekian artikel tentang Jenis Pasir Yang Digunakan Untuk Bahan Bangunan, semoga bermanfaat 🙂