18
Mar

Jenis Rumput Terbaik Untuk Taman Depan Rumah dan Belakang Rumah

Jenis Rumput Terbaik Untuk Taman Depan Rumah dan Belakang Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor– Siapa sih yang tidak suka menghias Rumah apalagi menghias rumah itu memang seru yaa…apalagi jika ada lahan kosong dilahan atau depan atau belakang rumah kamu. Rumput taman merupakan tanaman yang bisa membuat rumah terlihat dan terasa lebih asri.

 

Jenis Rumput Taman Terbaik

1. Rumput Zoysia

rumput taman

Rumput jenis Zoysia sangat cocok untuk wilayah dengan cuaca panas atau beriklim tropis, seperti Indonesia. Ketika ditanam di wilayah dingin, Zoysia akan menjadi coklat dan tidak bisa tumbuh dengan baik. Meskipun harus menunggu sedikit lebih lama untuk tumbuh, ketika sudah tumbuh sepenuhnya rumput Zoysia menjadi sangat kuat dan tidak butuh dipotong terlalu sering seperti rumput pada umumnya.

2. Rumput Bahia

rumput taman

Sama seperti Zoysia, rumput Bahia juga cocok ditanam di wilayah bersuhu panas. Selain itu, teksturnya yang kuat membuat rumput tipe Bahia bisa digunakan untuk aktivitas berat seperti olahraga atau berlarian, cocok jadi tempat bermain anak-anak. Untuk perawatannya, kamu hanya perlu memastikan semua bagian rumput terkena sinar matahari langsung yang cukup dan jangan potong terlalu pendek.

3. Rumput Fescue

jenis rumput

Nah, sekarang ada jenis rumput yang cocok untuk wilayah beriklim cenderung dingin. Bentuknya yang lurus pipih tumbuh ke atas, memberi pemandangan cantik untukmu di pagi hari saat terkena bulir embun. Pada saat musim panas atau sedang jarang turun hujan, jangan lupa untuk terus menyirami rumput ini agar tidak layu.

4. Rumput Perennial Ryegrass

jenis rumput

Perennial Ryegrass merupakan jenis rumput yang juga cocok untuk wilayah iklim dingin. Meskipun begitu, jenis rumput ini juga bisa tahan dengan cuaca panas. Untuk kamu yang tinggal di wilayah Bogor atau Bandung, Perennial Ryegrass ini sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah kamu. Teksturnya yang kuat juga menjadikan rumput ini cocok digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Sama dengan jenis rumput dingin lainnya, kamu harus sering menyirami rumput ini agar tidak layu dan mati.

BACA JUGA  Terapkan Bangunan 2 Lantai ini Untuk Keluarga Harmonismu

5. Rumput Kentucky Bluegrass

jenis rumput taman

Rumput pipih dengan ujung yang runcing ini cocok ditanam di wilayah beriklim dingin. Di dalam cuaca panas, rumput ini tidak akan bisa bertahan hidup. Jika sedang musim panas atau cuaca sedikit panas, kamu harus rajin menyirami dengan banyak air agar kelembabannya terjaga.

6. Rumput St. Augustine

jenis rumput taman

Rumput St. Augustine merupakan jenis rumput yang paling sering ditemukan di halaman-halaman orang.

Hal ini dikarenakan rumput ini mudah ditanam untuk para pemula yang baru ingin belajar menanam tanpa perawatan yang sulit, dan ketika sudah tumbuh dengan sempurna akan terlihat sangat cantik.

7. Rumput Bermuda

jenis rumput taman
Sumber Gambar: The Home Depot

Termasuk ke dalam rumput yang bisa tumbuh dengan baik di wilayah hangat cenderung panas, rumput bermuda merupakan tanaman yang cocok untuk ditanam di halaman rumah kamu.

Warna khas dari rumput Bermuda adalah hijau tua yang akan terlihat sangat cantik jika terkena sinar matahari.

Jika suhu wilayah tempat tinggalmu cenderung turun drastis pada malam hari, jangan tanam rumput Bermuda. Rumput ini hanya bisa hidup di wilayah dengan suhu panas sampai sangat panas.

8. Rumput Centipede

rumput taman yang paling bagus

Rumput jenis Centipede ini sangat cocok ditanam di wilayah beriklim tropis dan lembab. Perawatannya pun tidak terlalu sulit. Selama kamu menanam rumput centipede di iklim atau daerah yang tepat: daerah yang sering terkena hujan tetapi juga bersuhu hangat, ia akan tumbuh sangat baik.  Perlu diketahui bahwa rumput ini tidak terlalu cocok jika digunakan untuk melakukan aktivitas berat seperti olahraga, karena terbilang sangat mudah untuk rusak. Rumput Centipede membutuhkan waktu cukup lama untuk tumbuh sempurna kembali.

9. Rumput Gajah Mini

rumput taman yang paling bagus

Rumput gajah mini masuk ke dalam keluarga rumput gajah yang biasa digunakan untuk pangan ternak. Rumput ini tumbuh ke samping, bukan ke atas, menjadikan bentuknya unik dan cantik untuk ditanam di halaman belakang rumah. Selain itu, tekstur rumput gajah mini juga terbilang kuat, sehingga kamu bisa melakukan aktivitas di atasnya dengan bebas dalam cuaca apa pun.

BACA JUGA  Portofolio Beberapa Klien Bangun Arsitek Indo Kontraktor

10. Rumput Sintesis

rumput taman yang paling bagus

Jika wilayah rumah kamu sulit untuk ditumbuhi rerumputan atau malas merawat rumput biasa, rumput sintetis merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga penampilan rumah tetap asri. Rumput sintesis tahan terhadap panas atau dingin, cocok digunakan di iklim apapun. Mudah untuk dipasang di mana saja—baik di dalam maupun luar ruangan, kamu bisa pilih rumput sintesis dengan ukuran yang diinginkan.