20
Mar

Jenis Tanaman Hias Yang Bagus Buat Hiasan Halaman Rumah

Jenis Tanaman Hias Yang Bagus Buat Hiasan Halaman Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSedang mencari tanaman yang cocok untuk taman  rumah? halaman rumah terlalu luas tapi bingung mau dikasih tanaman jenis apa? Kecil atau luas, itu tentunya tergantung dari persepsi kamu sebagai pemilik rumah mengenai luas taman. Terlepas dari luas taman ini, pastinya kamu sering pusing dan bingung karena dihadapkan dengan pilihan tanaman. Hmm, kira-kira taman ini mau ditanami dengan tumbuhan apa ya? Tanaman berbunga, kaktus, atau lainnya?

 

Jenis Tanaman untuk Taman Rumah

1. Bambu Jepang

jenis tanaman untuk taman depan rumah

Sebenarnya, bambu Jepang ini mirip dengan bambu kuning, kamu bisa memanfaatkannya untuk pohon yang dekat dinding rumah.  Bambu Jepang ini bisa tumbuh hingga ketinggian 10 m, daun memiliki panjang 5-15 cm dengan lebar 2 cm.  Jika ada kolam ikan berukuran kecil, tanaman ini bisa dipadukan agar taman terlihat lebih padu dan indah.

2. Pandan Bali 

jenis tanaman untuk taman depan rumah

Tanaman bernama pandan Bali ini ternyata merupakan tumbuhan asli dari Amerika Tengah, Meksiko. Pandan Bali mempunyai batang yang bercabang pada bagian atas dengan bentuk daun seperti pedang berukuran 10 cm.  Tumbuhan ini ternyata memiliki bunga berwarna kuning gading dengan ukuran tandan yang besar.

3. Bunga Geranium (Tapak Dara)

tanaman hias Bunga Geranium

Jenis tanaman hias yang pertama adalah bunga Geranium yang dikenal juga dengan nama Tapak Dara. Selain bunganya beraneka warna, bunga Geranium juga sering dimanfaatkan untuk bahan wewangian. Tanaman ini sangat cocok di tanam di wilayah tropis karena dapat beradaptasi dengan baik dalam dengan cuaca panas.

2. Pohon Cemarapohon cemara untuk menghias rumah

Jenis tanaman hias outdoor yang kedua ini juga sangat cocok ditanam di wilayah tropis karena tahan terhadap cuaca panas. Pohon cemara memang memiliki sekitar 70 jenis yang terdiri dari tanaman berukuran besar hingga kecil.

BACA JUGA  7 Trik Merapikan Kamar Mandi Kecil tanpa Renovasi Besar

4. Bayam Hias (Amaranthus tricolor)

tanaman bayam hias (Amaranthus tricolor)

Meskipun namanya sejenis dengan nama sayuran, namun bayam ini adalah jenis tanaman hias. Tampilan dan warna daunnya sangat mencolok, kombinasi dari warna kuning, hijau, dan merah. Bayam hias juga dikenal dapat tumbuh optimal pada suhu tinggi seperti di ruang terbuka yang banyak sinar matahari.

6. Tanaman Hias Abromeitiella chlorantha

Tanaman Hias outdoor Abromeitiella chlorantha

Bagi yang pertama melihat, tanaman ini mungkin akan dikira sebagai lidah buaya. Itu karena tanaman hias berwarna hijau dengan bercak putih ini memiliki duri di sekelilingnya. Banyak orang yang menanam tanaman hias ini karena fleksibel dan perawatannya mudah.

11. Bunga Pentas

bunga pentas untuk outdoor

Jika diperhatikan sekilas, bunga pentas yang berwarna merah muda dan pink ini memiliki rupa yang mirip dengan bunga soka. Reputasinya di dunia tanaman hias outdoor tak perlu diragukan lagi karena sering dipilih sebagai salah satu tanaman penghias taman rumah. Selain itu, bunga pentas juga bisa menjadi pengusir hama tanaman seperti ulat dan kutu kebul sehingga dapat diandalkan untuk melindungi tanaman lainnya.

13. Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu

Sebagai bunga yang mudah dijumpai di mana saja, banyak orang yang tidak terlalu memerhatikan keindahan bunga ini. Padahal, bunga kembang sepatu juga bisa dijadikan salah satu tanaman hias outdoor untuk menghiasi kebun atau halaman rumah kamu. Tak perlu khawatir soal perawatannya karena bunga kembang sepatu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.