26
Des

Kelebihan Rumah Berbahan Dasar Kayu

Kelebihan Rumah Dengan Bahan Dasar Kayu

Arsitek Indo Kontraktor – Kayu merupakan hasil kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dan bisa dijadikan kerajinan yang bisa menghasilkan uang bagi pengrajinnya. Tak hanya itu, kayu juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan rumah. Tak perlu diragukan lagi kualitas dari rumah kayu, karena nenek moyang kita dulu juga banyak yang menggunakan kayu sebagai bahan dasar rumahnya hingga sekarang rumahnya masih turun temurun kepada anak cucunya.

Pada jaman modern ini banyak orang tertarik rumah dengan desain klasik dan elegan. Nah, dengan rumah berbahan dasar kayu ini memiliki nilai estetik yang tinggi. Jika dulu rumah kayu dinilai kuno atau ketinggalan jaman, sekarang justru rumah kayu sedang menjadi tren banyak masyarakat. Tak hanya itu, rumah kayu juga memiliki beberapa kelebihan lainnya.

Beberapa Kelebihan Rumah Kayu :

Memberikan Tampilan Beda

Di zaman sekarang tidak banyak orang yang memiliki rumah dengan bahan dasar kayu, bahkan di desa sekalipun. Banyak orang yang memilih membangun rumah tembok mengikuti perkembangan waktu, sehingga saat ini keberadaan rumah kayu akan memberikan tampilan beda dengan sekitarnya. Apalagi rumah kayu yang dirancang dengan konsep modern dan elegan sehingga memiliki daya tarik bagi yang melihat dan penghuninya.

Memiliki Nilai Seni Dan Artistik

Salah satu kelebihan rumah kayu adalah kayu memiliki tekstur serat beragam yang sangat menarik. Bahkan tidak jarang banyak material yang membuat tiruan. Dinding dari kayu alami mampu memancarkan keunikan yang tidak bisa diberikan material lain. Apalagi kayu telah diproses dengan berbagai macam seperti diukir, dipoles, akan semakin menambah artistik rumah kayu. Terlebih, kini kayu tersedia dalam berbagai variasi tekstur dan warna. Anda dapat melakukan pemilihan sesuai dengan desain rumah yang ingin Anda bangun.

Kemampuan Menyesuaikan Lingkungan

Kayu memiliki kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga material kayu dapat dibuat rumah sesuai desain yang dikehendaki. Mau bentuk rumah bergaya modern atau tradisional, kayu dapat memenuhi keinginan tersebut. Apalagi kayu dapat digunakan untuk lantai, furniture atau bagian rumah lainnya. Bahkan bak kamar mandi pun dapat terbuat dari kayu. Selain itu kelebihan rumah kayu saat direnovasi cenderung lebih mudah dilakukan.

Memberikan Nuansa Alami Dan Sejuk

Ketika orang melihat sebuah rumah kayu, umumnya memiliki kesan alami atau natural dan sejuk, apa pun itu bentuknya. Hal ini disebabkan kayu adalah material alam sehingga rumah seperti menyatu dengan alam. Selain itu, ketebalan dinding kayu yang relatif tipis dan berpori dibandingkan dengan dinding tembok bata atau beton maka suhu ruangan akan terasa lebih sejuk.

Memiliki Harga Jual Tinggi

Kelebihan rumah kayu yang lain adalah dapat menjadi sebuah investasi. Mengingat keberadaan kayu yang semakin langka dan saat ini banyak rumah kayu dengan sistem bongkar pasang, maka harga jual rumah kayu dapat semakin meningkat asalkan diolah dan dirawat dengan benar. Apalagi trean rumah hijau green house sedang berkembang sehingga nilai kayu dapat terangkat.

Itulah beberapa kelebihan dari rumah kayu yang saat ini banyak peminatnya. Sudah tahu kan apa keunggulannya membuat rumah dengan bahan dasar kayu. Jadi masih ragu ngga nihh :))

Semoga Bermanfaat 😊