20
Jan

Kembali Digemari, Ini Dia 8 Keunggulan dari Glass Block

Kembali Digemari, Ini Dia 8 Keunggulan dari Glass Block

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMenggunakan glass block dapat menjadi alternatif bagi kamu yang menginginkan ruangan terang dengan privasi yang terjaga. Material ini terbuat dari kaca yang berukuran tebal yang tidak tembus pandang, berbeda dengan kaca jendela biasanya. Selain dapat menjaga privasi, material ini juga memiliki kelebihan dan fungsi lain

 

Sumber pencahayaan alami

Kembali Digemari, Ini Dia 8 Keunggulan dari Glass Block

Seperti ulasan di atas, glass block memang berfungsi sebagai sumber penerangan alami. Anda dapat tempatkan dinding kaca ini di ruangan yang butuh asupan cahaya alami, seperti di kamar mandi, dapur, perpustakaan, ataupun ruang tamu. Dengan menggunakan glass block, Anda tidak perlu menambahkan banyak jendela karena cahaya yang masuk bisa dibilang hampir setara dengan bukaan lain pada umumnya.

Tak tembus pandang

Kembali Digemari, Ini Dia 8 Keunggulan dari Glass Block

Risiko yang sering terjadi apabila rumah memiliki banyak jendela untuk penerangan alami adalah keterbukaan dan minimnya privasi. Untuk itu, glass block yang pada dasarnya tidak tembus pandang tanpa mengurangi cahaya masuk dapat tetap menjaga privasi khususnya untuk ruangan seperti kamar mandi.

Menambah estetika ruangan

Kembali Digemari, Ini Dia 8 Keunggulan dari Glass Block

Jangan khawatir hunian jadi tak cantik bila menggunakan glass block. Dengan beragamnya ukuran dan model, glass block malah dapat menjadi salah satu elemen visual yang menarik. Ditambah lagi, glass block kini juga hadir dengan warna selain putih sehingga warna-warni dari dinding kaca ini dapat memberikan efek bias cahaya yang indah dalam ruangan.

Bisa sebagai pembatas antar ruang

Kembali Digemari, Ini Dia 8 Keunggulan dari Glass Block

Sebagai dinding kaca, material ini tak hanya bisa dipakai untuk dinding eksterior, melainkan juga bisa diaplikasikan untuk dinding antar ruang di dalam rumah. Sebagai contoh, bila Anda memiliki dapur yang gelap dan berada sebelahan dengan ruang keluarga yang mendapat cahaya langsung, Anda bisa gunakan glass block sebagai pembatas antar ruangan tersebut. Dengan sekat ruang glass block, cahaya dari ruang keluarga dapat diteruskan menuju dapur. Dengan begitu, Anda tak butuh lagi banyak lampu di dapur.

BACA JUGA  Tips Kamar Kost Minimalis

Menahan panas matahari

Kembali Digemari, Ini Dia 8 Keunggulan dari Glass Block

Salah satu keunggulan glass block yang menjadi sumber penerangan alami ternyata membuat sebagian orang khawatir bahwa ruangan bisa menjadi panas. Tenang, glass block memiliki ketebalan yang mencapai 11 cm—lebih tebal dan kuat dari kaca biasa. Ini membuat hanya cahayanya saja yang bisa masuk ke dalam, bukan panasnya. Glass block dapat menahan panas matahari dengan baik sehingga ruang tetap sejuk meski terpapar sinar matahari langsung.

Hemat biaya listrik

Penerangan alami yang dapat masuk ke dalam rumah membuat Anda tak perlu lagi menyalakan lampu dari pagi sampai sore hari. Lalu, kemampuan glass block yang dapat menahan panas matahari juga membuat Anda tak perlu memiliki banyak pendingin udara di dalam rumah. Anda cukup menyalakan pendingin ruangan di ruangan yang memang tidak memiliki sirkulasi udara alami. Tidak heran, glass block membuat pemilik rumah hemat biaya listrik.

Mudah pemasangannya

Keunggulan lain dari glass block adalah pemasangannya yang terbilang cukup mudah. Anda tak membutuhkan banyak material pendukung untuk memasang dinding kaca ini. Bahkan, Anda tak membutuhkan tambahan kusen seperti pemasangan kaca pada umumnya. Yang Anda butuhkan hanya perekat kaca dan tinggal menempelkan glass block pada tempatnya, baik itu pada dinding eksterior atau interior rumah sesuai desain yang dibuat.

Mudah perawatan

Kembali Digemari, Ini Dia 8 Keunggulan dari Glass Block

Sama halnya sep`erti kaca jendela, glass block mudah tertempel debu sehingga dibutuhkan perawatan secara rutin. Namun, tidak perlu khawatir karena perawatannya tidak rumit. Anda hanya perlu membersihkannya menggunakan kemoceng dan lap basah. Bila Anda ingin glass block tetap mengkilap, Anda bisa gunakan pembersih khusus kaca yang mudah ditemukan di pasaran. Mudah bukan?