18
Nov

Kenali Jenis Besi Pada Furniture Outdoor Anda dan Cara Merawatnya!

Kenali Jenis Besi Pada Furniture Outdoor Anda dan Cara Merawatnya!

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorUntuk beraktivitas di rumah sekaligus mempercantik tampilan interior, tentu kamu membutuhkan sejumlah furnitur atau mebel. Mebel dapat dibuat dari berbagai bahan, semisal rotan, kayu, termasuk besi. Namun, tidak semua jenis besi digunakan sebagai material pembuat mebel. Kini, mebel yang terbuat dari material besi semakin banyak ditemui. Selain di rumah, mebel dari material besi juga banyak digunakan di kafe dan rumah makan. Untuk kamu yang menyukai gaya desain industrial, pasti menyukai mebel yang terbuat dari material besi. Selain dapat menampilkan kesan industrial, material besi juga memiliki sejumlah kelebihan. Kenali jenis besi pada furniture outdoor anda dan cara merawatnya!, yuk simak artikelnya.

1. Stainless Steel

Furniture Outdoor dengan Stainless Steel - sumber: www.ylightning.com

Furniture stainless steel memiliki karakter yang sangat kokoh dan padat, sehingga dapat bertahan hingga bertahun-tahun walaupun terbentur benda lain atau sering digunakan. Selain itu, stainless steel juga sangat tahan cuaca panas ataupun dingin, sekaligus tahan karat dan korosi. Karena alasan itulah, stainless steel sering menjadi bahan dasar untuk berbagai perabot seperti meja makan outdoor, kursi outdoor, atau rak outdoor.

Dari segi harga, furniture stainless steel jauh lebih mahal dibandingkan dengan material besi lainnya. Hal ini sebenarnya cukup menarik, mengingat ia tidak mudah dibentuk dan sangat mudah menghantarkan suhu. Terakhir, Teman Narasi juga harus memoles stainless steel dengan finishing furniture tambahan berupa coating bubuk apabila furniture outdoor tersebut sering terkena hujan. Karenanya, akan lebih baik jika kita memilih bahan ini untuk perabot yang berat, besar, dan sering digunakan.

2. Aluminium

Furniture Outdoor dengan Material Alumunium - sumber: www.ylightning.com

Dibandingkan dengan furniture stainless steel, furniture outdoor berbahan aluminium lebih ringan dan mudah dibentuk. Selain itu, aluminium sangat murah dan tidak akan ber karat walaupun dengan perawatan yang minimum. Beberapa kelebihan tersebut menjadi alasan utama kenapa aluminium kerap menjadi bahan utama untuk furniture-furniture dengan desain modern atau kontemporer.

Akan tetapi, Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan furniture aluminium karena ia tidak sekuat furniture stainless steelLalu, furniture aluminium cenderung memiliki lubang kosong di tengah frame perabotnya, sehingga cenderung menjadi sangat ringan dan rentan tertiup angin. Kemudian, warna furniture aluminium juga mudah dipudarkan oleh cuaca,

– Kelebihan Alumunium:

  • Kuat
  • Mudah dibentuk
  • Sangat murah
  • Ringan

– Kelemahan Alumunium:

  • Mudah tertiup angin
  • Tidak sekokoh bahan besi lainnya
  • Warna lebih mudah pudar

3. Besi Tempa 

 Furniture Outdoor dengan Material Besi Tempa - sumber: www.patioproductions.com

Material furniture besi terakhir adalah besi tempa (wrought iron) yang paling mudah dibedakan material besi lainnya. Hal ini karena besi tempa memiliki tekstur bahan yang sangat khas, di samping karakternya yang sangat padat dan kokoh. Bahkan, bisa dikatakan bahwa furniture besi tempa adalah material besi paling kuat dibandingkan dengan furniture stainless steel atau aluminium. Karena itu, ia bisa bertahan hingga lebih dari dua dekade, bahkan sampai berabad-abad.

Tapi dibalik kekokohannya, bahan besi tempa sangat mudah berkarat. Teman Narasi harus telaten merawatnya dengan memberikan finishing furniture secara berkala. Selain itu, karena sifatnya yang sangat kokoh, furniture besi tempa jauh lebih berat dan tidak nyaman digunakan tanpa ada cushion tambahan, terutama untuk perabot kursi. Jadi, bila Teman Narasi ingin memiliki furniture besi tempa, sebaiknya beli perabot yang tidak akan diduduki, seperti meja makan.

– Kelebihan Besi Tempa:

  • Awet hingga berabad-abad
  • Paling kokoh
  • Tidak mudah tertiup angin
  • Tekstur klasik

– Kelemahan Besi Tempa:

  • Harus selalu diberi finishing furniture secara berkala
  • Paling berat
  • Paling mudah berkarat
  • Kurang nyaman digunakan

Cara Merawat Furniture Berbahan Metal

Lalu, bagaimana cara merawat furniture berbahan metal? Seperti furniture berbahan lainnya, furniture berbahan metal juga harus dirawat secara berkala, namun dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan cara merawat material lainnya seperti kayu atau plastik. Agar tetap awet, Teman Narasi bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Bersihkan debu dengan sulak atau vacuum cleaner bersikat
  • Cuci dengan sabun cuci piring dan sikat berbahan nilon
  • Beri finishing furniture secara berkala
  • Lindungi permukaan perabot dengan kain

Namun, bagaimana jika furniture berbahan metal Teman Narasi sudah sangat berkarat dan sulit dibersihkan? Untuk mengatasinya, Teman Narasi bisa menggunakan Heavy Duty Cleaner. Gunakan pada permukaan yang sudah sangat karatan untuk menghapusnya dengan mudah, kemudian basuh dengan air bersih. Bila perlu, poles furniture stainless steel atau bahan besi lainnya dengan Heavy Duty Cleaner secara berkala agar tidak ada karat pada perabot