01
Apr

Kenali Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture Ruangan

Kenali Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture Ruangan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Kayu dipilih untuk dijadikan material furniture karena tahan lama dan tahan beban, selain itu karena coraknya yang beragam dan memiliki estetika yang tinggi, sehingga banyak masyarakat yang memilih material ini untuk dijadikan salah satu material untuk furniture dihuniannya.

 

Kayu Jati

Jenis Kayu Furniture

 

 

 

 

 

 

 

 

Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis kayu ini? Kayu jati sangat terkenal karena daya tahannya yang kuat dan tampilannya mewah. Jati juga tahan terhadap air, jamur, dan perubahan cuaca. Sehingga tekstur, kepadatan, dan warnanya tidak mudah berubah walaupun sudah digunakan selama puluhan tahun. Harganya yang mahal jelas sebanding dengan kualitas furniture yang akan Anda dapatkan.

Kayu Ulin

Kayu Ulin

 

 

 

 

 

 

 

 

Kayu ulin juga populer karena daya tahannya terhadap air dan rayap sehingga tidak mengherankan bila jenis kayu ini dikenal dengan sebutan kayu besi. Variasi warna kayu ulin yang beragam membuatnya sering diandalkan sebagai material furniture. Ada kayu ulin yang berwarna cokelat gelap (ulin lilin), cokelat kemerahan (ulin tando), cokelat muda (ulin kapur), dan kekuningan (ulin tembaga).

Kayu Mahoni

Jenis Kayu Furniture

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu kayu yang paling tradisional dalam pembuatan furniture adalah kayu mahoni. Kayu dengan tampilan menawan ini memiliki karakter yang lebih ringan dan halus dari jenis kayu lainnya, namun memiliki ketahanan seperti kayu ek. Biasanya warna kayu ini terlihat cokelat kemerahan meskipun ada juga yang berwarna lebih terang. Kayu ini bisa menjadi cukup mahal karena ketersediaannya yang cukup langka.

Kayu Maple

Kayu Maple

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Maple adalah jenis kayu dengan ciri khas memiliki warna yang cerah. Karakteristik kayu ini tergolong berat, keras, dan anti lembap. Sehingga tidak mengherankan jika maple kerap digunakan untuk bahan dasar furniture. Tidak akan ada perubahan berarti pada kualitas dan tekstur furniture berbahan maple walaupun Anda menggunakannya selama bertahun-tahun.

Kayu Oak

Kayu Oak

Membahas tentang kayu untuk furniture tentu tidak lengkap jika tidak menyebut ekKayu dengan bobot berat ini kerap digunakan untuk furniture karena tampilannya istimewa dan daya tahannya cukup baik. Pori-pori kayu ek yang besar memberikan nuansa unik pada furniture Anda. Ada dua jenis ek yang digunakan untuk furniture, yaitu kayu ek putih yang warnanya lebih terang dan kayu ek merah dengan nuansa warna cokelat kemerahan yang cerah.

Kayu Cendana

2 furniture kayu cendana

Sebagai salah satu unggulan, kayu cendana memiliki karakteristik yang sangat khas dibandingkan jenis kayu lainnya sehingga banyak diminati. Kayu ini memiliki aroma khas sehingga berbau wangi. Tidak hanya itu, kayu ini juga berbobot tidak terlalu berat sehingga sangat cocok digunakan untuk furniture rumah.

Apa pun jenis kayunya, pastikan bahwa Anda memilih furniture yang paling berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Furniture kayu yang tepat akan menyempurnakan suasana hunian pribadi Anda.