26
Feb

Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Soal Desain Interior Rumah

Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Soal Desain Interior Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSaat memiliki rumah baru, hal yang paling menarik adalah memikirkan tata ruang rumah yang sesuai dengan keinginan kita. Beragam katalog dan rekomendasi desainer soal tata ruang rumah pun kita simak. Beragam desain dan style tata ruang rumah biasanya menggugah keinginan kita untuk mengaplikasikannya pada rumah kita sendiri. Namun, bukan hanya keindahan, tata ruang rumah juga harus mempertimbangkan ukuran dan kebutuhan. Sebagai pemula yang minim akan pengetahuan mengenai tata ruang rumah, sebaiknya berhati-hati dalam menentukan desain yang pas untuk tata ruang rumah kita. Hal ini bukan berarti membatasi ruang eksplorasi, namun bagaimana caranya agar tata ruang rumah tetap cantik dengan usaha seminimal mungkin. Berikut ini kesalahan fatal yang harus dihindari soal desain interior rumah.

1. Merasa Ragu dengan Selera Diri Sendiri

5 Design Interior Rumah Unik dan Menarik Sepanjang Masa | Green Pramuka CitySaat memutuskan untuk mengubah desain interior ruangan rumah Anda, pasti Anda langsung mencari berbagai informasi mengenai desain interior rumah. Cara yang bisa Anda lakukan adalah membaca majalah desain interior atau mencari di internet. Selama mencari pilihan desain interior yang sesuai dengan keinginan, Anda akan menemukan banyak gaya yang bisa diterapkan dalam tata ruang rumah dan itu sangat menarik perhatian Anda. Namun bukan berarti Anda harus mengikuti desain-desain tersebut tanpa adanya pertimbangan. Hal ini sama jika jasa desain interior memberikan rekomendasi mengenai konsep desain interior untuk ruang rumah Anda. Walau desain yang ditawarkan oleh mereka merupakan desain yang menarik mata, tapi jika tidak sesuai dengan selera Anda, sebaiknya jangan dipilih. Bagaimanapun, Anda harus percaya pada selera diri sendiri karena Anda yang akan menikmati desain interior rumah tersebut

BACA JUGA  Terapkan desain Mushola ini Agar Ibadahmu Lebih Khusyuk

2. Salah Memilih Cat Dinding Rumah

Keuntungan Menggunakan Jasa Interior Apartemen Profesional.Ketika Anda ingin membuat desain interior setiap ruang rumah Anda menjadi lebih tegas maupun maskulin, bukan berarti pengecatan pada dinding dan furnitur yang dipilih terpaku dengan warna-warna gelap. Anda bisa memilih warna-warna yang cerah dan terkesan lembut. Pemilihan warna seperti abu-abu, putih, dan cokelat susu juga bisa menciptakan kesan maskulin namun elegan pada desain interior ruang rumah Anda. Begitu pun dengan pemilihan cat dinding, Anda juga harus memastikan melihat hasil asli dari menggunakan warna tersebut, bukan hanya melihat dari katalog saja. Jangan sampai dengan adanya kendala pengaplikasian warna cat tembok yang tidak sesuai, desain interior ruang rumah Anda menjadi gagal dan bertabrakan warna.

3. Kenyamanan Menjadi Hal Penting

Jasa Desain Interior Rumah - Pilar Interior SolutionAda saja yang memilih desain interior tapi kurang memerhatikan kenyamanan jika desain tersebut diterapkan. Padahal dalam membuat konsep desain interior suatu ruangan rumah, kenyaman harus menjadi hal yang paling utama. Ketika membuat desain interior rumah maupun tata ruang rumah, bukan hanya cantik yang dibutukan agar indah dipandang, tapi pemilihan desain dan tata ruang juga harus mendukung kegiatan Anda secara optimal. Sebaiknya Anda tidak menghilangkan fungsi dari ruangan tersebut dan aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Sama halnya dalam pemilihan furnitur, Anda jangan melihat furnitur dari bentuk dan modelnya saja. Walau Anda menemukan furnitur yang dibuat dengan indah, namun Anda merasa tidak nyaman dengan keberadaan furnitur tersebut tidak seharusnya Anda menggunakannya. Ketika Anda ingin membeli furnitur, dicek terlebih dahulu. Misalnya, Anda ingin membeli sofa, cobalah apakah sofa tersebut enak untuk diduduki atau tidak. Jangan lupakan juga mengenai penempatan furnitur yang harus sesuai dengan fungsi ruang. Anda juga bisa mempertimbangkan pemilihan furnitur setelah membuat konsep ruangan, apalagi bagi Anda yang memiliki ruang tamu kecil.

BACA JUGA  Wallpaper Dinding 3D Part 2

4. Pengaturan Pencahayaan yang Salah

Interior Rumah Sederhana Tapi Mewah | ArsiteQDalam mendesain interior dan menata ruang rumah Anda, jangan hanya membuat satu sumber cahaya saja. Ada baiknya, Anda memasang beberapa lampu untuk pencahayaan dalam ruangan. Jika Anda memakai jenis lampu yang tepat untuk pencahayaan ruangan, Anda bisa menonjolkan kelebihan furnitur di ruangan tersebut. Tidak hanya untuk pencahayaan, warna dari lampu yang dipilih juga bisa mempengaruhi kesan yang ingin dimunculkan oleh Anda. Misalnya saja, untuk pencahayaan pada kamar tidur, jangan menggunakan jenis lampu yang terlalu terang. Anda bisa menggantinya dengan mood-lighting di mana intensitas cahaya dapat diatur dan disesuaikan dengan aktivitas yang akan Anda lakukan di dalam ruang kamar.

5. Ruangan Tidak Memiliki Perpaduan

Pengertian Desain Interior Dengan Penataan Ruang - Westil DesainMendesain rumah bukan hanya tentang mengatur ruangan sesuai dengan fungsi dan tata letaknya masing-masing. Mendesain rumah juga soal menampilkan kesan dan karakter yang ingin ditampilkan oleh rumah tersebut. Anda perlu menciptakan keselarasan antar ruangan dengan pilihan furnitur yang tepat antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Jangan sampai memilih banyak gaya desain dan justru membuat setiap ruang punya gaya masing-masing dan tidak saling berhubungan. Jika Anda menerapkan banyak desain, membuat setiap ruang pada rumah Anda tidak memiliki konsep. Persiapkan konsep desain interior yang diinginkan sebelum membeli berbagai barang.