08
Jan

Ketahui Keunggulan dan Kelemahan Plafon GRC

Ketahui Keunggulan dan Kelemahan Plafon GRC

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorPlafon atau yang sering disebut langit-langit, merupakan komponen bangunan yang berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Selain itu, plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan, serta keindahan sebuah ruangan. Selain fungsional plafon haruslah menambah keindahan. Karena itu pemilihan material plafon sebenarnya sangat penting. Salah satu material plafon yang cukup populer di masyarakat adalah plafon GRC. Meskipun terdapat di atas dan kadang kala luput dari perhatian, memilih material terbaik untuk plafon wajib hukumnya. Plafon yang awet dan kokoh akan bertahan lama dalam menyangga rumah Anda. Yuk ketahui keunggulan dan kelemahan plafon GRC.

Apa Itu Plafon GRC?

GRC Plafon

GRC (Glassfiber Reinforced Cement) merupakan salah satu jenis plafon yang terbuat dari campuran serat dan semen. Jika dilihat sekilas, plafon GRC terlihat mirip dengan plafon gypsum meski keduanya terbuat dari bahan yang benar-benar berbeda.

Permukaan plafon GRC pun lebih rata dan halus dibandingkan dengan plafon gypsum yang terkadang kasar dan berlubang. Bahan dasar plafon GRC aslinya mirip dengan beton, namun lebih ringan. Plafon jenis ini menggunakan serat glass fiber sebagai bahan penguat, sedangkan beton memiliki tulang baja di dalamnya.

Selain itu, plafon GRC juga memiliki karakteristik yang hampir sama dengan eternit, hanya saja sedikit lebih besar dengan ukuran 122 cm x 244 cm dan ketebalan sekitar 4 mm. Rangka plafon GRC yang digunakan dapat berupa kaso 4/6 dan 5/7, atau bisa juga menggunakan besi hollow sebagai alternatif dengan ukuran 4 x 4 cm.

Pemasangan rangka plafon GRC menggunakan kaso dengan cara dipaku, sedangkan penggunaan rangka besi hollow dengan cara disekrup atau river/viser. Nah, sebelum kita membahas apa saja kegunaan plafon GRC, yuk simak dulu penjelasan tentang keunggulan dan kekurangan plafon GRC berikut ini.

BACA JUGA  Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Sebuah Rumah Impian

Keunggulan Plafon GRC

Keunggulan Plafon GRC

1. Tahan Air dan Api

Salah satu keunggulan dari plafon GRC adalah tahan air dan suhu lembab. Berbeda dengan plafon gypsum yang mudah rusak jika terus terkena air, plafon GRC punya ketahanan yang lebih baik dan tidak mudah bocor. Dengan keunggulan ini, kamu bisa menggunakan plafon GRC pada ruangan yang basah atau beresiko memiliki kelembaban tinggi, seperti dapur dan kamar mandi.

Selain itu, plafon GRC juga bisa kamu pasang pada langit-langit teras atau ruang semi-outdoor lainnya yang mungkin beresiko terkena cipratan air hujan. Tak hanya tahan air, plafon GRC juga punya ketahanan yang lebih baik terhadap api dibandingkan plafon triplek. Karena itulah plafon GRC cenderung tidak mudah terbakar atau merambatkan api saat terjadi kebakaran.

2. Tahan Lama

Berkat ketahanannya terhadap suhu lembab, air, dan api, plafon GRC dinilai sangat kokoh dan awet bahkan dapat bertahan sampai 25 tahun.

Durasi ketahanan plafon GRC ini tentu lebih lama dibandingkan plafon gypsum dan plafon triplek. Perawatan plafon inipun cenderung lebih mudah untuk dibersihkan. Nah, jika kamu mencari plafon yang bisa digunakan dalam jangka waktu sangat lama, maka jenis plafon GRC sangat wajib untuk dicoba.

3. Mudah Dibentuk Sesuai Keinginan

Tidak seperti plafon kayu dan triplek yang lebih kaku, plafon GRC justru mudah dibentuk mengikuti desain plafon tertentu sesuai keinginan. Plafon GRC merupakan material plafon yang luwes dan lentur karena terbuat dari campuran serat-serat fiberglass.

Sifat plafon GRC yang tidak getas ini menjadikan kamu lebih leluasa membuat bentuk plafon sesuai dengan desain yang diinginkan, baik itu bentuk-bentuk melengkung, datar, dan lainnya.

BACA JUGA  Hindari Bocor Pada Dak Beton Menggunakan Cat Pelapis

4. Pemasangan yang Cepat

Cara pemasangan plafon GRC jauh lebih mudah apabila kamu menggunakan GRC plafon yang sudah berupa lembaran papan. Biasanya, di lembaran papan GRC terdapat bagian yang lebih tipis pada bagian tepi yang biasa disebut recessed. Recessed ini membuat proses penyambungan plafon GRC jadi lebih mudah sehingga penggunaan compound untuk sambungan pun jadi lebih sedikit.

Selain itu, proses pemasangan plafon GRC juga jauh lebih cepat karena tidak perlu melalui proses plamir atau proses meratakan permukaan papan yang akan dicat. Bobotnya pun tergolong ringan, bahkan per meter perseginya plafon GRC hanya memiliki bobot 18 kg saja. Hal ini tentu sangat mempermudah kamu saat memasang plafon rumah.

5. Harga Cenderung Lebih Murah

Dari segi harga, plafon GRC tidak terlalu mahal. Untuk ukuran 1,2 x 2,4 meter dengan ketebalan 4 mm biasanya dibanderol sekitar Rp 57.000 sampai Rp 58.000 saja. Harga yang murah ini tentu menjadi salah satu keunggulan plafon GRC yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja.

Kekurangan Plafon GRC

Kekurangan Plafon GRC

Meskipun memiliki segudang keunggulan, jenis plafon rumah yang satu ini tetap memiliki kekurangan yaitu proses pemasangannya yang cukup rumit dan sangat rentan bila terkena benturan. Walaupun kamu sudah sangat berhati-hati saat proses pemasangan plafon GRC, terkadang masih saja ditemukan retak rambut pada sisi board atau sela-sela sambungan plafon.

Jika kamu berniat menggunakan material plafon yang satu ini, lebih baik menggunakan jasa tenaga ahli untuk mendapat hasil yang lebih rapi.

Selain itu, untuk menghasilkan finishing yang baik pada plafon GRC dibutuhkan waktu yang cukup lama, tenaga yang lebih banyak, dan juga biaya tenaga kerja yang lumayan mahal.

BACA JUGA  6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan di Ruang Servis

Harga Plafon GRC

Jenis dan Ukuran  Satuan  Harga 
GRC / Versaboard 4 mm ( 1,2 x 2,4 m) Lembaran Rp 58.000
GRC / Versaboard 6 mm ( 1,2 x 2,4 m) Lembaran Rp 98.000
GRC / Versaboard 9 mm ( 1,2 x 2,4 m) Lembaran Rp 133.000

Harga plafon GRC diatas berdasarkan satuan lembaran dan dapat berubah-ubah sesuai dengan pasaran. Selain itu, beda toko berbeda pula harga plafon GRC yang ditawarkan. Sebelum kamu membeli material ke toko terdekat, alangkah baiknya konsultasi dulu dengan orang yang ahli dibidang ini agar tidak terjadi kesalahan.