23
Jan

Keunggulan Konstruksi Rangka Baja Ringan

Rangka baja ringan terbuat dari baja dengan lapisan baja ringan yang bermutu tinggi dan berstandar high tensile strength. Sekarang sudah banyak sekali pengguna rangka baja ringan dikalangan arsitektur bangunan, digunakan untuk mengganti dari rangka konvensional berbahan kayu.

Sebagai salah satu interior yang mempunyai fungsi menyangga atap bangunan, tentunya pemilihan mutu dan kualitas adalah hal yang paling utama, karena akan berhubungan dengan keselamatan penghuninya. Sekarang ini sudah banyak produsen yang menggunakan software khusus dalam proses instalasinya. Sehingga alangkah baiknya dalam proses instalasi dilakukan langsung oleh produsen yang sudah bersertifikasi untuk mengurangi resiko.

Rangka baja ringan ini sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat, sektor perumahan pun juga telah menggunakan baja ringan ini sebagai pengganti kayu. Di pasaran sudah banyak tersedia bebagai macam baja ringan dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Karena rangka baja ringan pada dasarnya mempunyai sifat yang mudah berkarat, maka dalam produksinya beberapa produsen memberi pelapis galvanis yang terbuat dari seng, atau zincalum yang merupakan pelapis yang berbahan dasar campuran seng, alminium dan silikon.

Untuk stadartnya, rangka atap baja ringan yang baik adalah dengan spesifikasi G550 (5500 kg/cm) atau yang mempunyai tegangan leleh 550 Mpa. Contoh rangka baja ringan yang cukup populer dikalangan kontraktor adalah rangka atap baja ringan yang bermerk BlueScope Lysaght.

Rangka Atap Kayu
Penggunaan rangka atap kayu untuk bangunan saat ini masih cukup banyak digunakan, terutama untuk rumah yang berada di daerah pedesaan atau daerah yang beriklim lembab. Selain karena jumlah kayu yang masih banyak dan mudah didapatkan, pemakaian kayu untuk rangka atap rumah juga dinilai lebih ekonomis dibandingkan dengan rangka baja ringan.

Penggunaan rangka atap kayu juga lebih tahap api dibandingkan dengan rangka atap baja ringan, dimana bahan kayu hanya bisa terbakar dengan suhu panas diatas 250 derajat. Adapun kekurangan dari rangka atap kayu yaitu mempunyai bentuk yang kurang stabil, sehingga kayu akan lebih mudah melengkung. Selain itu kayu tanpa perlindungan dan penyimpanan yang baik dapat mudah busuk akibat perubahan cuaca, dan tentunya kayu lebih rawan dari serangan rayap.

Rangka Baja Ringan BlueScope Lysaght
Dari segi kualitas rangka baja ringan mempunyai keunggulan yang lebih dari rangka kayu. Selain dari bobotnya yang lebih ringan, produk ini tidak dapat memuai ataupun menyusut dan tentunya lebih aman dari serangan rayap dan perubahan cuaca. Berikut beberapa keunggulan rangka atap baja ringan Lysaght dibandingkan rangka atap kayu:

Produk ini meraih penghargaan Top Brand 2016 sebagai produk rangka baja ringan favorit dikalangan kontraktor. Sehingga untuk mutu dan kualitas sudah pasti terjamin.
Rangka atap baja ringan Lysaght ini mempunyai tingkat kekuatan 30 persen lebih kuat dari rangka atap baja ringan biasa, karena produk ini terbuat dari bahan berkualitas dan memiliki fleksibilitas yang beragam. Sehingga produk ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti kayu.
Produk Lysaght ini dilengkapi dengan system software yang berfungsi menyangga dan menopang penutup atap.
Untuk menjaga kualitasnya, produsen Lysaght ini juga memberikan jaminan garansi selama 15 tahun untuk produknya. Selain itu, pemasangan dan desain juga masih diberikan garansi yang sama sehingga anda tidak perlu direpotkan untuk pemasangannya.
Disamping keunggulannya, rangka baja ringan ini memiliki kelemahan yaitu dari harga yang relatif cukup mahal dibandingkan rangka kayu, tetapi pemilihan produk ini bisa menjadi investasi jangka panjang karena pastinya lebih awet dan tahan lama. Selain itu kelemahan rangka baja ringan yaitu mempunyai transmisi suara dan insulasi panas, dan apabila lapisan luarnya tergores akan mempengaruhi kualitas anti karat dari rangka baja ringan ini.