17
Des

Kiat Bagi Pasangan Muda yang Ingin Miliki Rumah

Kiat Bagi Pasangan Muda yang Ingin Miliki Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSaat ini, banyak pasangan yang memilih untuk menikah muda agar jarak umur antara orang tua dan anak tidak terpaut jauh. Namun sayang, jumlah simpanan yang dimiliki pasangan muda masih sangat minim untuk membangun bahtera rumah tangga. Sehingga keinginan untuk punya rumah sendiri kerap kali tertunda. Berikut ini kiat bagi pasangan muda yang ingin miliki rumah

 

1. Jangan Mengontrak

Jangan pernah terlintas dipikiran Anda untuk tinggal di rumah kontrakan, karena dengan begitu pengeluaran bulanan Anda dipastikan akan membengkak. Daripada Anda mengeluarkan uang untuk membayar sewa kontrakan, lebih baik Anda gunakan menabung untuk membayar uang DP rumah. Sementara waktu Anda bisa tinggal di rumah mertua ataupun orang tua, dengan begitu Anda bisa menyisihkan uang menabung untuk membeli rumah.

2. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Setelah berhasil mengumpulkan uang DP, Anda bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di bank. Disarankan sebelum mengajukan permohonan pinjaman ke bank, Anda jangan mengambil kredit kendaraan ataupun kredit lainnya, hal ini sengaja dilakukan agar permohonan KPR Anda dapat disetujui.

3. KPR Subsidi

Bagi mereka yang memiliki penghasilan di bawah Rp4 juta, bisa juga mengajukan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah Subsidi (KPR subsidi). Fasilitas ini memang sengaja diadakan oleh pemerintah guna membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk mendapatkan rumah.

4. Memilih Rumah Bekas

Membeli rumah bekas juga bisa dijadikan solusi bagi Anda pasangan muda yang ingin membeli rumah dengan harga murah. Namun tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli rumah bekas, contohnya seperti melihat kondisi bangunan layak pakai atau tidak serta keabsahan legalitasnya.

BACA JUGA  Tips Memaksimalkan Ruang Tamu