26
Okt

Manfaat Kopi Untuk Kehidupan Sehari- hari Anda

Manfaat Kopi Untuk Kehidupan Sehari- hari Anda.

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSalah satu minuman yang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia adalah kopi. Baik di kafe-kafe mewah maupun di warung kopi di pinggir jalan, minuman ini selalu menjadi pilihan banyak orang. Malang sendiri merupakan daerah penghasil kopi yang cukup terkenal, selain itu juga terdapat beberapa merek kopi yang cukup terkenal dari Malang. Namun tahukah kamu, bahwa ternyata selain untuk diminu, terdapat juga cara lain untuk memaksimalkan kopi ini baik berupa bubuk maupun bekas seduhannya. Mulai dari menghilangkan bau tak sedap hingga mencegah hewan masuk, berikut lima manfaat tak terduga kopi bagi kehidupan sehari-hari.

Manfaat Kopi untuk Rumah Tangga

Tapi bukan hanya itu saja. Kopi ternyata juga memiliki beragam manfaat lain yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran apa saja manfaat kopi? Yuk, simak di bawah ini.

1. Menghilangkan Bau dalam Kulkas

Kopi memiliki aroma kuat yang langsung bisa diketahui tanpa melihat wujudnya. Bahkan setiap kopi single origin memiliki aroma yang khas. Aroma ini ternyata berguna untuk banyak hal. Salah satunya adalah menghilangkan bau di dalam kulkas.

Makanan yang basi di dalam kulkas bisa meninggalkan bau walau sudah dibuang. Untuk mengatasinya, tak perlu bersihkan kulkas. Cukup taburkan bubuk atau ampas kopi dalam mangkok kecil, lalu letakkan di kulkas bagian atas. Kopi akan menyerap bau tak sedap di dalam kulkas.

2. Menghilangkan Bau Bawang

Manfaat Kopi

Manfaat kopi yang satu ini sangat berguna bagi kamu yang suka memasak. Setelah memotong bawang, mau tak mau aroma bawang menempel di tangan walau sudah dicuci berkali-kali.

Untuk mengatasinya, bisa kamu lakukan dengan mengoleskan ampas kopi di tangan. Lalu cuci tangan seperti biasa. Bau bawang pun akan hilang. Selain pakai ampas kopi, bisa pula pakai daun jeruk.

3. Mengusir Cicak dan Kecoa

Cicak dan kecoa adalah binatang kecil yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Untuk mengusir cicak dan kecoa dari rumah, cukup gunakan bubuk kopi saja. Karena kedua hewan ini sangat membenci aroma kopi.

Caranya, taburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang biasanya muncul cicak dan kecoa. Misalnya di dalam lemari makan atau di sekitar meja makan. Taburkan juga bubuk kopi di dapur, agar cicak dan kecoa tidak mengotori makanan di rumah.

4. Mengusir Nyamuk

Serangga seperti nyamuk juga bisa sangat mengganggu. Apalagi jenis tertentu bisa membawa penyakit. Agar keluarga tetap nyaman tanpa nyamuk, ternyata bubuk kopi pun bisa dimanfaatkan. Ampas dan bubuk kopi bisa membunuh larva sebelum tumbuh menjadi nyamuk.

Letakkan bubuk atau ampas kopi pada sebuah piring atau mangkok saji. Lalu letakkan di dekat sirkulasi udara. Agar lebih ampuh, bisa tambahkan remasan daun salam dan campur keduanya. Dijamin, nyamuk tidak akan muncul karena campuran aroma keduanya.

5. Mengusir Semut

Semut juga bisa cukup menganggu di rumah. Terutama jika muncul dalam jumlah sangat banyak. Biasanya semut akan mengerubungi makanan. Aroma kopi yang sedap bagi manusia ternyata juga tidak disukai semut.

Cukup taburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang biasa didatangi semut. Atau di sekitar tempat penyimpanan makanan di rumah. Maka semut akan pergi dengan sendirinya.

6. Menghilangkan Bau dari Sampah Makanan

Terkadang sampah makanan yang ada di dapur bisa berbau. Walaupun sampahnya terhitung baru. Saat sudah dibuang pun, kadang baunya masih sedikit tertinggal di dapur.

Agar tidak jadi mengganggu, gunakan bubuk kopi yang bisa menyerap bau tak sedap. Cukup letakkan bubuk kopi dalam mangkuk saji dan letakkan di dapur.

Bisa juga dengan memasukkannya ke dalam kaus kaki. Ikat kuat-kuat, lalu tusuk di beberapa bagian agar aroma kopi keluar. Dijamin, bau tak sedap sirna dalam sekejap.

7. Menghilangkan Bau di Wastafel

Bukan hanya tempat sampah, wastafel pun terkadang bisa berbau. Entah dari besi pada keran wastafel atau dari sumber bau lainnya.  Bau pada wastafel ini bisa cukup mengganggu. Apalagi jika digunakan sebagai tempat mencuci muka dan menyikat gigi.

Cara menghilangkannya ternyata mudah saja. Cukup letakkan bubuk atau ampas kopi di sekitar wastafel. Biarkan selama semalam. Maka bau di sekitar wastafel pun akan diserap oleh kopi.

8. Menyuburkan Tanah

Jika punya bubuk kopi yang sudah lama, sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Gunakan sebagai bahan penyubur tanah. Caranya, cukup campurkan dengan bahan pupuk kompos.

Biarkan kopi dan adonan kompos menyatu. Tambahkan air sedikit saja, agar kopi bisa diserap dengan lebih baik. Kandungan kopi ternyata bisa meningkatkan kadar nitrogen pada tanah. Dengan demikian, tanaman pun bisa tumbuh lebih subur.

9. Membuat Furnitur Kayu Seperti Baru

Furnitur dari kayu lama-kelamaan warnanya akan memudar atau tidak mengilap lagi. Terkadang juga ada kotoran bandel yang menempel dan sulit dibersihkan. Ternyata, kopi bisa digunakan agar furnitur kayu bisa tampak seperti baru lagi.

Caranya, seduh kopi dengan air panas. Gunakan air kopi ini untuk membersihkan furnitur kayu. Gunakan spons untuk menggosoknya. Lalu biarkan 10 sampai 15 menit, baru lap perlahan hingga furnitur kering. Furnitur kayu pun akan terlihat lebih gelap dan seperti baru kembali!

10. Menambah Rasa Lezat pada Masakan

Ampas kopi ternyata juga bisa dijadikan bumbu penyedap pada makanan, lho. Caranya, cukup tambahkan sekitar satu sendok teh kopi pada masakan. Kopi bisa menambah rasa dan aroma rempah pada makanan. Sehingga makanan akan terasa lebih lezat dan kaya rasa.

Contoh makanan yang bisa ditambahkan dengan kopi adalah sate, tumisan, steak, dan sup. Beberapa makanan penutup juga bisa ditambahkan kopi agar semakin nikmat.

11. Membersihkan wajan yang kotor

Bagi yang terbiasa memasak, pasti terbiasa pula melihat wajan kotor. Biasanya karena terkena panas saat memasak, wajan yang kotor jadi sulit dibersihkan jika hanya menggunakan sabun.

Kamu bisa menggunakan kopi untuk membersihkan wajan kotor.  Cukup tuang ampas kopi ke permukaan wajan, lalu gosok dengan spons hingga permukaan wajan jadi bersih kembali.

12. Efektif untuk Perawatan di Rumah

Manfaat kopi juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit di rumah. Kegunaanyapun sangat beragam. Bisa untuk kulit maupun rambut.

Untuk wajah yang berjerawat, kopi bisa digunakan untuk membersihkannya. Larutkan kopi dan gunakan amapasnya sebagai masker wajah. Kopi akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Dengan begitu, jerawat pun akan urung muncul.

Fungsi kopi lainnya untuk kecantikan adalah sebagai pengilau rambut. Ampas atau air kopi bisa digunakan untuk keramas, dengan cara dicampur bersama shampoo. Pijat ke seluruh kulit kepala, lalu bilas hingga bersih. Aroma kopi pun akan membuat rambut menjadi wangi.

Jadi tak hanya nikmat untuk diseduh di pagi hari saja, bukan? Manfaat kopi ternyata sangat beragam dan kebanyakan justru dapat membantu urusan di dalam rumah. Yuk mulai terapkan kegunaan biji kopi ini di rumahmu.