03
Feb

Membuat Desain Interior Kamar Anak

Membuat desain interior kamar anak harus disesuaikan dengan kemauan dan karakter anak. Untuk itu, peran orang tua menjadi sangat penting dalam menentukan desain interior kamar anak. Semakin Anda mengenali karakter dan kemauan anak Anda, semakin baik desain interior yang dibuat. Harap diingat, bahwa desain untuk anak remaja akan berbeda dengan anak yang berusia TK atau dewasa. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan si anak terlebih dulu mengenai keinginan mereka. Ajak mereka bertukar pikiran mengenai desain dan estimasi biayanya. Biasanya seorang anak akan lebih senang bila dilibatkan dalam memutuskan interior kamarnya.

Setelah Anda mengetahui apa kemauan anak Anda, maka lanjutkan dengan langkah-langkah berikut untuk membuat desain interior kamar anak :

  • Tentukan atribut yang ingin ditonjolkan, apakah Anda ingin menonjolkan satu tokoh kartun dan superhero tertentu atau justru Anda ingin membuat desain yang lebih universal tanpa tokoh karakter tertentu.
  • Tentukan konsep. Konsep desain interior kamar anak akan banyak berhubungan dengan warna, karena anak-anak lebih suka dengan warna yang bervariasi, tidak monoton.
  • Bentuk furniture. Tentukan apakah ingin membuat furniture yang berbentuk tokoh karakter tertentu, atau hanya memberikan sticker di beberapa furniture dan dinding untuk menonjolkan konsep desain interior yang telah direncanakan.
  • Pastikan menggunakan bahan-bahan yang aman bagi kesehatan anak.
  • Keinginan dan hobi anak sering kali berubah cepat, jadi pertimbangkan hal tersebut sebelum membuat desain, terutama bagi Anda yang mau membuat tokoh karakter tertentu. Jangan heran bila selang 1 tahun, anak Anda akan menyukai tokoh yang lain.
  • Pertimbangkan ruang belajar dan penyimpanan mainan anak. Perhatikan pencahayaan di ruang belajar, dan kebersihan di tempat penyimpanan anak. Minimalisasikan furniture yang dapat menyimpan kotoran dan debu.