10
Nov

Memilih Hunian Idaman: Rumah atau Apartemen?

Memilih Hunian Idaman: Rumah atau Apartemen?

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMemilih antara membeli rumah atau apartemen, merupakan dua pilihan yang dihadapi oleh pasangan muda saat ini. Tinggal di apartemen mungkin terlihat cocok untuk mereka yang masih single dan lebih banyak menghabiskan waktu di luar. Sementara membeli rumah menjadi impian bagi masing-masing pasangan muda yang baru menikah. Namun, apakah pertimbangannya hanya dari kedua hal itu saja? Tentu tidak. Sebelum memutuskan membeli properti, sebaiknya kenali dulu hunian tinggal seperti apa yang Anda inginkan dan butuhkan. Memilih hunian idaman: rumah atau apartemen ? simak penjelasannya.

Lokasi dan Harga

Rumah landed di pusat kota harganya cenderung tinggi dibandingkan dengan daerah baru yang sedang berkembang di pinggiran kota. Sementara, pilihan apartemen di dekat pusat kota dengan harga yang lebih terjangkau masih tersedia. Untuk Anda yang memiliki aktivitas harian/ pekerjaan yang menuntut mobilitas ke pusat kota, maka jarak, kemacetan, dan waktu tempuh adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan tinggal di lokasi yang tepat.

Kenyamanan

Apabila Anda membutuhkan ruang gerak yang luas dan kebebasan dalam menentukan partisi ruangan, rumah landed adalah pilihan yang tepat. Namun, rumah landed yang besar tentunya akan lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan ruang apartemen yang ringkas. Di sisi lain, apartemen cenderung memiliki ruang gerak yang lebih terbatas dan harus mengikuti ketentuan dan peraturan dari pihak pengembang atau manajemen.

Investasi Properti

Baik rumah maupun apartemen memiliki nilai lebih masing-masing dari sisi investasi. Kenaikan harga rumah yang lebih stabil dan konstan menjadikannya investasi yang menjanjikan dimana tanah menjadi faktor penentu utama. Hal ini disebabkan oleh keberadaan tanah untuk lahan pemukiman yang semakin langka. Di sisi lain, Harga apartemen umumnya naik dengan cepat pada saat peluncuran properti tersebut dan cenderung melambat dalam jangka panjang dibandingkan dengan investasi rumah. Namun demikian, keuntungan memilih apartemen adalah harganya yang lebih terjangkau sebagai alternatif hunian di tengah kota dan kemudahan untuk menyewakannya jika diperlukan.

Fasilitas bagi Penghuni

Mayoritas apartemen menyediakan fasilitas antara lain seperti ruang serbaguna, kolam renang, pusat kebugaran, lapangan tenis, dan sebagainya. Keberadaan fasilitas-fasilitas ini memudahkan penghuninya untuk penyelenggaraan acara maupun berolahraga di area rumah tinggalnya. Berbeda dengan perumahan dimana hanya mereka dengan lahan luas dapat menikmati fasilitas yang sama di dalam rumah. Kini, beberapa perumahan baru mulai menyediakan fasilitas bersama tersebut sebagai nilai tambah kenyamanan bagi penghuni.

Biaya Perawatan

Terdapat banyak biaya perawatan yang harus diurus untuk kepemilikan rumah, di antaranya: keamanan, kebersihan, pertamanan, ataupun acara RT/RW dimana masing-masing harus diketahui dan diurus secara terpisah satu per satu. Sementara, biaya perawatan di apartemen biasa diatur langsung oleh phak manajemen yang terkadang diakumulasikan 3-6 bulan sekali baru dibayar. Namun, biasanya total biaya perawatan apartemen cenderung lebih mahal dibandingkan dengan perumahan

Faktor Keamanan

Rumah di dalam suatu komplek  umumnya memiliki satuan keamanan yang bertugas setiap hari. Namun, wilayah pengawasannya yang luas terkadang meluputkan beberapa tindak kejahatan yang tak terdeteksi. Perumahan yang terintegrasi dengan sistem ‘panic button’ menjadi nilai tambah tentunya karena dapat memanggil penjaga keamanan dengan cepat hanya dengan satu tombol saat diperlukan. Sementara itu, pengawasan keamanan apartemen dilakukan secara terpusat di tempat tamu masuk oleh satpam. Disertai dengan pengawasan CCTV 24 jam menjamin keamanan penghuninya dengan lebih terkendali.

Legalitas Properti

Salah satu keuntungan memiliki rumah adalah status kepemilikan tanah bersamaan dengan bangunan dimana harga tanah tentunya akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Sementara, status kepemilikan apartemen bergantung pada apa yang ditawarkan oleh pengembang apartemen tersebut. Hendaknya sebelum membeli apartemen, Anda dapat mencaritahu terlebih dahulu status tanah yang dimiliki pengembang.

Apapun pilihan Anda nantinya, ingatlah bahwa keberadaan tempat tinggal hanyalah wadah untuk hidup bersama dengan orang-orang yang disayangi karena rumah yang terindah adalah rumah yang dipenuhi dengan cinta. Selamat berburu hunian idaman Anda.