02
Feb

Memilih Model Plafon Ruang Tamu Berbahan Gypsum

Ruang tamu merupakan salah satu ruang yang harus ada di dalam rumah anda. Untuk desain interior ruang tamu sendiri harus anda perhatikan lebih dalam termasuk dengan plafon yang akan digunakan.

Plafon untuk rumah adalah salah satu elemen yang paling penting pada desain interior, sehingga memerlukan proses pemilihan model plafon yang harus selaras dan sesuai dengan desain interior.

Anda bisa mempercayakan proses pemilihan model plafon untuk ruang tamu kepada para desainer interior maupun kepada aplikator plafon gypsum.

Tapi akan lebih baik jika membuat desain ruangan sendiri agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga sesuai dengan selera dengan cara mengumpulkan berbagai macam informasi dasar mengenai plafon rumah.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih model plafon untuk ruang tamu.

Memilih Desain Plafon Yang Tepat

Desain dalam model plafon ruang tamu sendiri terdiri dari beberapa desain diantaranya adalah desain suspended, dome, dan chatedral.

Desain Suspended merupakan sebuah desain plafon dengan bentuk standar maupun konvensional, jenis plafon ini mempunyai bentuk yang rata dengan kontur yang rendah. Sedangkan desain dome adalah desain plafon yang memiliki bentuk seperti kubah dan mampu memberikan kesan ruangan lebih luas.

Untuk desain chatedral adalah jenis desain plafon yang dipasang yang dibentuk untuk mengikuti bentuk rangka atap, seperti segitiga. Sama halnya dengan bentuk dome, ruangan yang menggunakan desain plafon chatedral memang terasa lebih luas.

Anda dapat memakai semua desain yang ada pada plafon ruang tamu yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Namun untuk ruang tamu akan lebih tepat menggunakan plafon jenis suspended dan dome.

Memilih Plafon Dengan Merek Gypsum Yang Berkualitas

Model plafon ruang tamu yang terbaik pasti berasal dari gypsum yang berkualitas dan dengan merek yang terbaik. Anda bisa mendapatkan merek yang terbaik dengan berbagai cara diantaranya adalah melalui informasi yang ada di internet, datang langsung ke toko dan menggali informasi, serta konsultasi bersama rekan relasi.

Hal yang wajib tidak boleh dilupakan adalah memilih merek gypsum yang telah mempunyai reputasi terbaik. Kualitas dari plafon yang terbaik akan berbanding lurus dengan harga. Dengan memakai material gypsum yang berkualitas pada penggunaan plafon Anda, maka hal ini dapat Anda sudah melakukan investasi dengan jangka waktu yang panjang mengenai desain ruang tamu yang akan dibuat.

Satu cara yang sudah pasti adalah Anda tidak akan lagi merasa dipusingkan dengan biaya perawatan tambahan maupun penggantian plafon ruang tamu di kemudian hari.

Memilih Rangka Plafon

Rangka pada model plafon ruang tamu memiliki fungsi sebagai penyangga maupun penopang dari plafon gypsum. Memilih jenis rangka adalah hal yang sangat penting dan Anda juga harus memilih rangka yang benar-benar kuat.

Pada umumnya rangka yang ada pada plafon adalah jenis hollowzincalume atau hollow galvanis dengan ukuran 2×4 atau main tee dan ukuran 4× 4 atau crosstee dengan ketebalan sebesar 0,35 mm dan 0,45mm.

Memilih Warna Cat

Pemilihan warna cat sangat berpengaruh pada kesan interior. Cat berwarna yang cerah bisa memberi kesan ruangan jadi lebih luas dan juga cerah. Namun sebaliknya pemilihan cat berwarna gelap akan menjadikan ruangan memiliki kesan yang lebih rendah.

Anda pun bisa menerapkan warna plafon dengan beberapa warna yang berbeda agar mendapatkan kesan yang berbeda pula.

Cara dalam memilih model plafon ruang tamu harus benar-benar diperhatikan sebab degan pemilihan yang tepat akan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Manfaat tersebut diantaranya adalah mengurangi risiko dari biaya yang tidak diperlukan.