19
Nov

Memulai Gaya Hidup Minimalis dengan Furnitur Minimalis

Memulai Gaya Hidup Minimalis dengan Furnitur Minimalis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMinimalis mungkin lebih dikenal sebagai konsep estetika menata ruangan. Walaupun sebenarnya, prinsip minimalis sendiri dapat diaplikasikan ke dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan menjadikan prinsip minimalis sebagai landasan mindset atau pola pikir, yang kemudian diterapkan dalam gaya hidup minimalis. Memulai gaya hidup minimalis dengan furnitur minimalis, anda perlu menerapkannya.

Tips Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Konsep gaya hidup minimalis adalah saat Anda benar-benar memikirkan apa saja yang berguna dalam hidup dan tentunya dapat membuat senang. Konsep gaya hidup minimalis juga bukan membuang semua barang dalam satu waktu, tetapi benar-benar menyeleksi apa yang membuat Anda bahagia, sehingga inti dari gaya hidup minimalis adalah menciptakan kebahagiaan..

Memilih Furnitur Minimalis

Berbicara tentang minimalis, pemilihan furnitur di dalam rumah juga menjadi faktor penting untuk mendukung gaya hidup minimalis. Untuk menata hunian agar sejalan dengan konsep minimalis sebenarnya tidak harus mahal dan menghabiskan banyak waktu untuk mendekor. Dengan strategi yang cermat dan meluangkan waktu untuk mencari inspirasi di platform photo sharing seperti Instagram dan Pinterest, Anda bisa menciptakan suasana rumah yang lebih minimalis.

Sebenarnya hal utama yang perlu diperhatikan untuk membuat ruangan menjadi minimalis adalah pemilihan furnitur. Pastikan furnitur tersebut memiliki bentuk dan struktur yang sederhana dan mudah dibersihkan. Kemudian sebaiknya menggunakan warna netral dan bahan yang solid, berkualitas dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama, serta memiliki banyak kegunaan atau sering disebut sebagai multifungsi.

Dalam konsep minimalis, juga jangan ragu untuk menggunakan furnitur dengan pola. Ada baiknya untuk memilih pola garis, persegi, persegi panjang dan pola geometris lainnya asalkan bukan motif bunga yang terlalu mencolok. Spot awal terbaik untuk menciptakan atmosfer minimalis di dalam rumah adalah ruang tamu.

Gaya Hidup Minimalis pada Ruang Keluarga - source : www.pinterest.com

Prinsip ‘Less is More’ juga perlu diingat khususnya dalam menentukan furnitur yang akan di beli atau sekadar menata ulang. Ruangan minimalis biasanya hanya berisi beberapa perabot penting. Ruang tamu misalnya, hanya ada sofa, kursi baca, coffee table dan lampu. Lalu, untuk kamar tidur hanya membutuhkan tempat tidur sederhana dan frame-less, lemari, dan meja rias.

Hindari menempatkan terlalu banyak furnitur pada ruangan, karena akan memberi kesan penuh dan sesak. Furnitur dan dekorasi yang terlalu banyak dan tidak ada fungsinya juga hanya akan menyimpan debu dan Anda akan menghabiskan waktu banyak untuk membersihkannya.

Gaya Hidup Minimalis pada Ruang Tidur - source : www.mydomaine.com

Contoh Furnitur Minimalis

1. Meja Ruang Tamu

Untuk memilih coffee table yang pas untuk ruang tamu, pilihlah yang merepresentasikan nuansa monokrom, seperti meja marble bulat berwarna putih, meja persegi panjang dengan permukaan kaca, atau meja kayu. Elemen kayu dapat menciptakan nuansa alami dan tenang pada rumah, sedangkan meja kaca yang dikombinasikan dengan besi cocok untuk membentuk nuansa yang lebih modern dan futuristik.

Gaya Hidup Minimalis pada Ruang Tamu - source : www.westelm.com

2. Sofa atau Kursi Ruang Tamu

Untuk memilih sofa atau kursi ruang tamu, Anda dapat mempertimbangkan gaya, bentuk, dan warnanya. Anda bisa memilih sofa bentuk dasar seperti kotak dan persegi panjang dan kursi sederhana tanpa banyak lekukan dengan aksen kulit atau besi. Untuk warna, pilihlah warna netral seperti hitam, abu, atau cream.

Gaya Hidup Minimalis pada Sofa - source : www.catesthill.com

Dekorasi Minimalis

Untuk menciptakan ruang tamu minimalis, dekorasi yang dipilih tidak hanya harus cantik dan enak dilihat saja, tetapi harus fungsional. Vas bunga keramik atau yang berbahan kaca bisa Anda  pertimbangkan sebagai dekorasi meja. Untuk menambah sentuhan personal pada ruangan, Anda dapat menggantung satu atau dua frame dari karya seni terkenal.

Memilih rak dinding minimalis akan lebih baik dibandingkan dengan lemari TV berukuran besar yang kaku. Adanya tanaman juga membuat rumah minimalis menjadi lebih hidup dan sejuk. Tidak hanya mudah dirawat dan cantik sebagai dekorasi ruangan, tanaman-tanaman indoor seperti pothos, spider plant, dan rubber plant juga dapat membuat udara di rumahmu menjadi lebih segar.

Dekorasi Gaya Hidup Minimalis - source : www.pinterest.com

Manfaat Memiliki Furnitur Minimalis

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mempraktekkan gaya hidup minimalis dan menggunakan furnitur minimalis. Pertama, sedikitnya jumlah furnitur dan gayanya yang minimalis membuat suasana rumah menjadi lebih tenang dan dapat mengurangi stres. Kedua, furnitur dan dekorasi minimalis tidak hanya mendukung gaya hidup minimalis, tetapi juga dapat menciptakan suasana rumah yang rapi, bersih, dan meningkatkan daya tarik visual pada ruangan.

Kemudian, dengan memilih furnitur minimalis yang berkualitas Anda dapat menghemat biaya maintenance furnitur atau pengeluaran di masa yang akan datang. Terakhir, menghabiskan satu hari penuh untuk membersihkan rumah bukanlah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Furnitur minimalis memiliki desain simpel yang mudah untuk dibersihkan, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan rumah.