08
Des

Mengenal Galvalum, Material Yang Tahan Panas dan Juga Anti Karat

Mengenal Galvalum, Material Yang Tahan Panas dan Juga Anti Karat

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorIstilah-istilah atau nama dalam material bangunan mungkin ada beberapa yang masih asing di telinga para awam, salah satunya adalah galvalum. Terkenal sebagai material antikorosi dan antikarat, tak ada salahnya mengenal galvalum lebih dalam agar dapat mengetahui aplikasi terbaik pada properti. Berikut ini kita perlu mengenal galvalum, material yang tahan panas dan juga anti karat.

Apa Itu Galvalum?

Galvalum sendiri merupakan singkatan dari galvanis dan aluminium. Material ini umum digunakan dan juga populer diaplikasikan sebagai rangka atap sebuah bangunan, menggantikan material sebelumnya yang dinilai sudah kurang menguntungkan untuk diterapkan pada masa kini.
Dulunya yang kerap kita jumpai pada rangka atap bangunan adalah menggunakan material seperti triplek dan kayu. Dan pada saat ini, penggunaan meterial tersebut sudah ditinggalkan karena sifatnya yang mudah lapuk oleh beberapa kondisi yang ada. Selain itu rangka atap kayu juga saat ini semakin sulit terpenuhi karena adanya keterbatasan unit kayu yang benar-benar berkualitas untuk digunakan sebagai rangka atap.
Karena hal itulah, saat ini sebagain besar orang umumnya menggunakan material galvalum yang memiliki lapisan zincalume sebanyak 55 persen, silikon sebanyak 1,5 persen, aluminium sebanyak 43,5 persen, dan juga zinc sebanyak 1,5 persen. Berbagai komposisi lapisan yang ada pada galvalum tersebutlah yang menjadikan galvalum sebagai material yang anti karat dan juga anti korosi.

Kelebihan Penggunaan Material Galvalum

Setelah sekilas kita membahas mengenai apa itu galvalum, maka sekarang kita akan coba mengulas mengenai berbagai kelebihan yang ada pada material ini.

•Daya Tahan Yang Prima

Sisi kelebihan dari galvalum yang pertama kali akan kita ulas yaitu dari sisi ketahanannya yang memang terkenal cukup tangguh. Berbeda dengan penggunaan material kayu yang rentan akan hama rayap dan juga kelapukan, maka material galvalum ini jelas akan aman dari ancaman tersebut karena bahannya yang terbuat dari baja.
Kemudian material galvalum ini terkenal akan daya tahannya terhadap panas, dimana mampu menahan panas hingga 300 derajat Celsius, yang tentunya akan menghadirkan rasa aman pada bagian eksterior bangunan anda. Karena daya tahan terhadap panas tersebut, galvalum ini mampu meredam penyebaran api jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti halnya kebakaran.
Oleh karena itu, maka menjadi wajar jika galvalum dikatakan mampu bertahan pada beberapa jenis cuaca maupun iklim yang ada pada daerah kita, karena memang memiliki ketahan yang cukup mumpuni dalam menangani berbagai tantangan yang ada termasuk ketika hujan maupun badai.

Praktis, Hemat, Dan Juga Efisien

Saat anda akan menggunakan galvalum, maka anda tidak perlu repot lagi untuk menyortirnya satu persatu seperti yang biasanya dilakukan pada papan kayu misalnya. Hal ini disebabkan karena sudah adanya standarisasi tinggi pada galvalum, atau yang biasanya dikenal sebagai SNI, sehingga akan membuat waktu anda menjadi lebih efisien ketika akan membangun ataupun merenovasi sebuah bangunan.

Dari sisi biaya

maka penggunaan material galvalum ini jelas akan memberikan dampak yang cukup signifikan pada anggaran anda. Karena jika dilihat dari harganya, maka material galvalum akan terasa lebih ramah pada kantong anda dibandingkan dengan material lainnya. Lalu dari sisi pemeliharaan, anda akan merasakan dengan sangat jelas kelebihan dari material ini karena memang didesain agar bisa bertahan pada waktu yang cukup lama. Anda bisa sedikit membayangkan jika atap anda terus-terusan diserang rayap, maka anda sudah bisa menduga seberapa banyak biaya pemeliharaan yang harus anda keluarkan nantinya bukan? Dengan penggunaan galvalum, maka anda bisa berhemat dari sisi pemeliharaan yang ekstra karena sudah memiliki ketahanan yang cukup prima.

Efisiensi

Kemudian berikutnya dari sisi efisiensi, penggunaan material galvalum ini jelas akan memberikan nilai efisien yang lebih terhadap anda. Jika kita lihat dari sifatnya yang ringan, maka atap galvalum akan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini tentu saja akan mempermudah dan juga mempercepat prosesi pembangunan maupun renovasi yang sedang anda kerjakan.
Lalu tak ketinggalan juga dari segi fleksibilitas yang akan anda dapatkan.

Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Material Galvalum

Seperti halnya pada penggunaan material jenis lainnya, galvalum selain memiliki sejumlah kelebihan seperti yang sudah kita bahas diatas maka tentunya juga memiliki beberapa kekurangan yang ada. Namun kita tidak akan membahasnya dari sisi kekurangan, karena jika anda bisa menerapkan pemasangan galvalum secara tepat dan sesuai, maka kekurangan itu akan teratasi dengan sendirinya tanpa harus mengurangi berbagai kelebihan yang sudah ada.

Langkah Pertama

Yang pertama, material galvalum ini memiliki struktur yang seperti jaring, maka apabila terjadi salah hitung pada satu bagiannya akan mengakibatkan kegagalan secara keseluruhan pemasangan. Kemudian meskipun terbilang mudah dalam instalasinya, namun jika salah penanganannya galvalum ini justru bisa mengakibatkan penyok penyok pada permukaannya. Namun tentunya hal tersebut bisa anda hindari jika anda mempercayakannya pada teknisi khusus yang memang sudah berpengalaman.
Dengan teknisi khusus yang memang sudah terpercaya dan juga terbukti kualitasnya. Pastinya juga akan mengetahui jika galvalum tidak boleh bersentuhan dengan genteng beton ataupun beton itu sendiri. Dan juga mortar, yang mana hal itu berkaitan dengan adanya kemungkinan korosi yang akan ditimbulkan. Dengan kata lain, berbagai kekurangan minor yang ada pada galvalum bisa anda minimalkan jika anda mempercayakan penanganannya kepada teknisi yang memang sudah ahli di bidangnya.