16
Jan

Mengenal Jalusi, Solusi Praktis Agar Rumah Selalu Sejuk

Mengenal Jalusi, Solusi Praktis Agar Rumah Selalu Sejuk

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor Indonesia dikenal dengan iklim tropisnya. Saat musim kemarau datang, umumnya suhu udara di luar rumah pada siang  hari dapat  mencapai  rata-rata  35 derajat Celcius, sementara suhu di bawah atap lebih dari 45 derajat Celcius akibat radiasi sinar UV. Tentunya hal ini menyebabkan suhu udara di dalam rumah ikut terasa panas.  Untuk membuat suhu di dalam rumah terasa sejuk, meski di luar sedang  panas terik, tak jarang penggunaan air conditioner (AC) jadi andalan. Akan tetapi penggunaan AC dengan intensitas tinggi tentu akan berpengaruh kepada beban biaya listrik yang ditanggung tiap bulan.  Yuk kita perlu mengenal jalusi, solusi praktis agar rumah selalu sejuk.

Tipe jalusi

Berdasarkan tipe panelnya, ada tipe jalusi dengan panel tetap (fixed, tipe tanam), ada pula jalusi dengan panel bergerak (movable) yang dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Mekanisme buka tutup ini dapat dilakukan secara manual atau dapat pula secara otomatis dengan motor listrik.

Mengenal Jalusi, Solusi Praktis Agar Rumah Selalu Sejuk

Kelebihan dan kekurangan jalusi

Kelebihan utama jendela jalusi adalah kemampuan tipe jendela ini dalam memberikan ventilasi dan aliran udara yang maksimal, bahkan saat sedang hujan. Untuk tipe jalusi yang dapat dibuka-tutup, Anda dapat lebih leluasa mengatur besaran aliran udara yang masuk. Jendela ini juga efektif untuk menahan sinar matahari langsung. Anda dapat memilih tipe panel yang cocok untuk keperluan tersebut.

Kekurangan dari jendela jalusi adalah tipe jendela ini tidak sepenuhnya dapat menutup aliran udara dari dalam atau dari luar. Oleh karena itu, tipe jendela ini tidak cocok dipasangkan pada ruangan ber-AC. Selain itu jalusi tipe kaca yang movable mudah dicongkel sehingga memiliki risiko keamanan cukup tinggi. Namun begitu, umumnya jalusi seperti ini telah dilengkapi tralis di belakangnya sebagai pengaman tambahan.

BACA JUGA  Cara Mudah Memasang Genteng

Mengenal Jalusi, Solusi Praktis Agar Rumah Selalu Sejuk

Kekurangan lainnya adalah pada sisi perawatan. Karena memiliki banyak kisi, kemungkinan memerangkap debu atau kotoran lain menjadi cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu rajin-rajin membersihkan jalusi, agar tidak menjadi sumber polutan di dalam rumah.

Jalusi kayu

Ada berbagai pilihan material kayu untuk jendela jalusi. Umumnya, tipe yang digunakan adalah tipe kayu keras, seperti kayu jati, kayu kamper, bangkirai, meranti, mahoni, hingga kayu merbau. Jika Anda ingin menggunakan jalusi kayu, pastikan materialnya telah kering betul. Jalusi kayu membuat rumah terkesan klasik dan sejuk.

Mengenal Jalusi, Solusi Praktis Agar Rumah Selalu Sejuk

Jalusi aluminium

Jika Anda ingin penampilan yang lebih modern dengan biaya yang lebih terjangkau dibanding material kayu, jendela jalusi aluminium dapat menjadi pilihan. Anda dapat memilih tipe jalusi full aluminium atau pula tipe paduan aluminium-kaca. Pada saat ini Anda telah dapat memilih jendela jalusi aluminium dalam berbagai warna, bukan melulu warna aluminium asli, seperti warna coklat, hitam, putih, dan lainnya. Jalusi aluminium memberi kesan modern dan ringan pada hunian Anda.

Jalusi besi

Selain aluminium, ada pula jendela jalusi besi. Umumnya jalusi tipe ini dibuat dari lembaran besi galvanis yang tahan karat. Tentu saja secara material tipe jalusi ini lebih kuat daripada kayu dan aluminium. Oleh karena itu, sering kali jalusi besi ini sering dipasang pada pintu garasi.

Mengenal Jalusi, Solusi Praktis Agar Rumah Selalu Sejuk

Jalusi UPVC

Satu material yang semakin popular untuk jalusi adalah UPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride). Material ini berbasis polimer plastik PVC. Secara harga, jalusi UPVC merupakan yang paling terjangkau. Secara kualitas, saat ini telah banyak UPVC dengan kualitas bagus, bahkan ada yang tahan api. Begitu pula pilihan warnya, sangat beragam.

BACA JUGA  Karpet Sebagai Pemanis Interior Rumah

Pemasangan jalusi

Jendela jalusi sangat fleksibel penggunaannya. Praktis Anda dapat menggunakannya di mana saja di hunian Anda, baik di bagian dalam rumah atau pun sebagai jendela seperti umumnya. Oleh karena itu, jendela ini dapat digunakan untuk jendela beranda, serambi, kamar tamu, atau pun kamar mandi.

Mengenal Jalusi, Solusi Praktis Agar Rumah Selalu Sejuk

Jalusi juga dapat dipasang pada pintu sehingga pintu juga dapat berfungsi sebagai sarana ventilasi udara. Selain itu, jalusi juga dapat digunakan sebagai angin-angin di atas jendela atau pintu.