16
Jan

Mengenal Lebih Jauh Kayu Jati Belanda yang Menjadi Primadona

Mengenal Lebih Jauh Kayu Jati Belanda yang Menjadi Primadona

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSiapa yang tidak pernah dengar tentang jati belanda pada saat ini. Kalau misalnya kamu belum pernah mendengar tentang nama jati belanda tentunya kamu belum pernah membeli furniture pada pengrajin pengrajin madura. Kayu jati belanda ini merupakan istilah yang sering digunakan para pengrajin madura sebagai bahan furniture custom nya.Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar nama ini tentunya dalam pikiranmu pasti di kaitkan dengan kayu jati. Kayu jati memang sudah melekat di hati para netizen Indonesia. Hal ini dapat dimaklumi kalau kayu jati memang merupakan kayu khas Indonesia yang sudah mendunia. Yuk kita mengenal lebih jauh kayu jati belanda yang menjadi primadona.

Karakteristik: Bobot yang ringan

Terbuat dari pohon pinus, kayu jati Belanda memiliki sifat yang lebih lunak dari varietas kayu lainnya. Apalagi jenis ini bukanlah kayu jati asli, jadi sudah tentu memiliki bobot yang lebih ringan.

Karakteristik: Lebih lunak

Kembali lagi ke bahan awalnya, karena terbuat dari kayu pinus, maka karakteristik lunak ada di dalam kayu jati Belanda. Oleh sebab itu, kayu jenis ini akan lebih mudah diolah menjadi berbagai bentuk dan jenis furnitur karena sifatnya yang sangat lembut.

Karakteristik: Warna cerah

Karakteristik inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kayu jati Belanda sangat populer, yakni memiliki warna kayu yang cerah seperti putih krem, krem, hingga kuning muda. Ini membuat tampilan furnitur yang dihasilkan tampak cerah dan kekinian. Selain itu, warnanya yang muda, membuat kayu ini dapat diwarnai dengan warna lain yang Anda sukai.

BACA JUGA  Desain Kamar Tidur Anak yang Kreatif dan Unik

Karakteristik: Serat kayu sangat halus

Tak perlu repot-repot mengampelas jika membeli kayu jati Belanda. Pasalnya, kayu ini minim serat sehingga semakin memperkuat estetika dari kayu tersebut. Kayu jati Belanda juga akan memiliki guratan alami ketika umur kayu semakin tua sehingga nuansa antik akan secara alami Anda rasakan di rumah.

Karakteristik: Kokoh

Walaupun tak sekokoh jati asli, kayu jati Belanda masih masuk dalam kategori kayu yang resistan terhadap benturan yang keras sehingga bisa dijadikan sebagai bahan material perabot. Apalagi jika Anda penyuka gaya rustic, tradisional, dan minimalis, kayu jati Belanda adalah pilihan material yang sangat tepat.

Mengenal Lebih Jauh Kayu Jati Belanda yang Menjadi Primadona

©CATA Interiors

Kelebihan: Tahan lama

Banyak orang enggan menggunakan material kayu karena mudah menyusut dan membengkak akibat kelembapan suhu di Indonesia. Namun, kayu jati Belanda memiliki kadar penyusutan dan pembengkakan yang minim sehingga lebih tahan lama.

Kekurangan: Butuh perawatan secara berkala

Kayu jati Belanda tidak bisa “dicuekin” terlalu lama. Jika Anda ingin kondisinya selalu terlihat prima, maka Anda perlu secara berkala memoles ulang dan memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Kelebihan: Harga jauh lebih murah

Kelangkaan dan lamanya proses distribusi menjadi faktor yang memengaruhi harga dari sebuah komoditas. Karena bahan baku utamanya yakni pohon pinus termasuk jenis pohon yang bisa tumbuh di mana saja dan pendistribusiannya cepat, maka harga dari kayu jati Belanda jelas lebih murah dibanding jenis kayu lain.

Kelebihan: Tahan hama

Anda tak perlu khawatir furnitur dari kayu jati Belanda rusak karena serangga. Furnitur dari kayu jenis ini merupakan jenis yang bergetah sehingga tidak disukai oleh serangga.

Kekurangan: Banyaknya kandungan getah

Memiliki banyak kandungan getah ternyata tak hanya memberikan kelebihan, tetapi juga kekurangan. Getah yang belum kering bisa membuat finishing tak menempel dengan sempurna pada permukaan kayu. Sebab itu, pastikan terlebih dahulu, kayu sudah kering dan tak memiliki getah agar hasil finishing sempurna.

BACA JUGA  4 Tips Renovasi Tak Menguras Kantong

Kelebihan: Bisa dipadankan dengan tema apa pun

Warna dari kayu jati Belanda tampak begitu natural dengan warnanya yang muda. Ini begitu menguntungkan karena mempermudah dalam memadankan dengan tema desain apa pun. Pasalnya, jenis warna kayu ini bisa dengan mudah masuk ke berbagai jenis warna lainnya.

Mengenal Lebih Jauh Kayu Jati Belanda yang Menjadi Primadona

©Alima Studio

Kelebihan: Minim kerusakan

Meski bobotnya ringan, bukan berarti kayu jati Belanda rentan rusak. Justru kayu ini tahan terhadap goncangan dan benturan sehingga banyak digunakana sebagai bahan baku perabotan rumah.

Kekurangan: Dapat menimbulkan lubang

Seperti yang dibahas sebelumnya, kayu jenis ini memiliki sifat yang lunak. Bila Anda terlalu memaksakan sambungan antar kayu, itu bisa menimbulkan lubang pada furnitur. Harap lebih hati-hati, ya.

Kelebihan: Ramah lingkungan

Tak perlu khawatir dengan kelangkaan kayu akibat penebangan untuk furnitur. Pasalnya, pohon pinus adalah jenis pohon yang bila ditebang, bisa dengan cepat tumbuh kembali. Jadi, kalau kamu penggemar kayu jati Belanda, tenang, kamu tidak menjadi bagian dari penyebab kelangkaan tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Kayu Jati Belanda yang Menjadi Primadona

©CATA Interiors

Inspirasi: Meja kayu jati Belanda

Kayu jati Belanda tak hanya untuk rumah-rumah bergaya tradisional. Desain dengan style kontemporer juga bisa. Lalu, Anda bisa permanis furnitur meja kayu jati Belanda tersebut dengan memadukannya bersama cat bernuansa pastel.

Mengenal Lebih Jauh Kayu Jati Belanda yang Menjadi Primadona

Inspirasi: Kursi kayu jati Belanda

Jika ingin mengusung konsep tradisional dengan menggunakan kursi kayu jati Belanda juga tak salah kok. Selain materialnya yang memang sudah terkesan tradisional, Anda bisa makin perkuat dengan desainnya. Bisa buat kursi goyang seperti inspirasi di atas untuk teras di rumah.

Mengenal Lebih Jauh Kayu Jati Belanda yang Menjadi Primadona

Inspirasi: Rak kayu jati Belanda

Tak hanya sebagai meja dan kursi, kayu jati Belanda juga bisa didesain untuk rak. Bahkan bisa dibentuk menjadi furnitur yang berpotongan dinamis. Ini membuat rumah terlihat lebih “hidup”.

BACA JUGA  Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga