10
Nov

Mengenal Tren Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian

Mengenal Tren Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorNegara Scandinavia terdiri dari beberapa negara di Eropa Timur seperti, Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia. Desain arsitektur Scandinavia mulai diperkenalkan pada pameran desain di Amerika dan Kanada sekitar tahun 1950-an. Saat itu diperkenalkan cara orang-orang Scandinavia hidup dalam desain yang terkenal saat ini, yaitu indah, sederhana, bersih, serta terinspirasi dari alam dan iklim Utara, mudah diakses dan tersedia untuk semua kalangan. Mengenal tren desain interior rumah bergaya scandinavian.

Dominasi Warna Netral

Jika membahas tentang skema warna, terdapat beberapa warna yang diasosiasikan dengan gaya Scandinavian, yaitu warna putih, abu-abu, hitam, dan coklat. Interior dengan kombinasi di antara warna-warna tersebut menciptakan kesan tenang dan nyaman.

Pada umumnya, dinding dicat dengan warna putih agar furnitur di dalam ruangan dapat lebih ditonjolkan. Warna-warna pastel juga terkadang digunakan pada bagian tertentu sebagai aksen.

Susunan Furnitur yang Sederhana dan Fungsional

Salah satu ciri khas dari desain interior Scandinavian adalah memaksimalkan pengunaan ruang untuk memberikan kenyamanan. Penataan furnitur disusun agar tidak menyulitkan ruang gerak penghuni rumah sehingga ruang dapat digunakan secara maksimal dan terhindar dari barang-barang yang tidak diperlukan. Kabinet dan rak bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ruang penyimpanan dengan dekorasi yang menganut ‘less is more’ – agar ruang selalu rapi dan terlihat nyaman.

Warna Netral atau Natural untuk Lantai

Dibandingkan dengan penggunaan karpet secara menyeluruh, lantai dari rumah dengan gaya Scandinavian lebih banyak menggunakan material kayu alami maupun kayu yang dicat dengan warna putih. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberi kesan hangat dan luas, serta menerima pencahayaan lebih baik. Lantai plester abu-abu dan keramik putih juga dapat menjadi pilihan untuk lantai rumah bergaya Scandinavian.

Dekorasi Jendela yang Minimum

Agar kontribusi untuk pencahayaan alami menjadi maksimal, rumah dengan gaya Scandinavian cenderung membiarkan area jendela apa adanya. Jendela dapat pula didekorasi secara minimum, seperti penggunaan tirai tipis berwarna netral. Jika memungkinkan, tentunya Anda dapat memperbanyak bukaan agar rumah senantiasa mendapat udara dan cahaya alami yang sehat dan menyegarkan.