11
Nov

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSaat ini lahan untuk membangun sebuah rumah semakin kecil. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang membangun sebuah rumah dengan menggunakan konsep minimalis. Rumah ini memang memiliki desain yang simpel, sederhana namun tetap tampil modern. Namun biasanya permasalahan akan muncul ketika anak-anak sudah tumbuh dewasa, di mana mereka membutuhkan ruang sendiri, seperti kamar, maka mau tidak mau harus memperluas bangunan rumahnya.

1. Sebagai ‘Perpustakaan’ Rumah Anda

Ruang di Bawah Tangga

Buku-buku tertata rapi dengan ruang baca yang nyaman.  Ingatlah untuk memperhatikan segi pencahayaan. Perhatikan pula ukuran tinggi buku saat merancang rak untuk buku-buku favorit Anda. Bagian bawah tempat baca juga bisa dimanfaatkan sebagai rak tersembunyi. Jadi, tidak ada ruang yang sia-sia di bawah tangga.

Ruang di Bawah Tangga

Manfaatkanlah jendela untuk ruang baca Anda sebagai pencahayaan, sekaligus memberi kesan luas.

Ruang di Bawah Tangga

Padukanlah bahan, warna, dan furniture yang bisa membuat ruang baca menjadi nyaman dan menyatu dengan ruang lainnya. Pemanfaatan garis horizontal juga bisa dimanfaatkan untuk memberi kesan ruang yang lebih luas.

2. Rak Penyimpanan

Ruang di Bawah Tangga

Sejak awal rancangan, manfaatkanlah tangga sebagai rak penyimpanan.  Tangga tidak sekedar ‘jalan penghubung’ antar lantai, tetapi bisa berfungsi jauh lebih baik. Pemanfataan rak di bawah tangga dapat menjadi solusi penyimpanan yang rapi untuk semua benda-benda kesayangan.

Ruang di Bawah Tangga

Bahkan setiap anak tangga bisa dibagi menjadi beberapa rak penyimpanan dengan berbagai ukuran. Terencana, indah, rapi, dan fungsional.

Ruang di Bawah Tangga

Pemanfaatan ruang di bawah tangga dengan optimal akan sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki ruang yang terbatas. Jika ruang di bawah tangga tidak digunakan dengan baik dan digantikan dengan lemari biasa, ruang ini akan menjadi sia-sia.

Ruang di Bawah Tangga

Bentuk ruang di bawah tangga yang unik, bisa memunculkan berbagai ide bentuk dan warna yang menarik seperti  ‘puzzle’.

3. Area Display Foto dan Barang Koleksi

Ruang di Bawah Tangga

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyulap ruang di bawah tangga.  Hanya dengan memadukan elemen yang diperlukan untuk memajang foto dan barang koleksi, maka voilà, terciptalah ruang yang fungsional dan elegan.

4. Ruang Kerja

Ruang di Bawah Tangga

Sebilah papan atau sekeping granit sebagai meja dan sebuah kursi sudah cukup untuk membuat ruang kerja yang nyaman di bawah tangga.  Simple dan fungsional.

Ruang di Bawah Tangga

Ruang kerja, rak buku, dan rak penyimpanan bisa dipadukan untuk mengisi ruang di bawah tangga.

Ruang di Bawah Tangga

Wah…. ternyata ruang di bawah tangga banyak sekali manfaatnya. Kerja dan hobi bisa mendapat ruang yang cukup nyaman.

5. Rak Penyimpanan Bahan-bahan Dapur

Ruang di Bawah Tangga

Jika tangga berada dekat dapur, manfaatkanlah ruang di bawah tangga sebagai rak penyimpanan untuk bahan-bahan dapur.

6. Kamar Mandi

Ruang di Bawah Tangga

Kamar mandi di bawah tangga memang sudah cukup lazim dirancang oleh para desainer. Cerdiklah dalam menyiasatinya agar fungsional, mudah perawatannya, dan estetis.  Banyak sekali cara untuk memanfaatkan ruang di bawah tangga. Tergantung kebutuhan ruang dan ide-ide cerdik yang menginspirasinya.