11
Nov

Pemilihan Material Lantai Untuk Rumah Anda

Pemilihan Material Lantai Untuk Rumah Anda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorLantai merupakan bagian dari interior rumah yang seharusnya tidak didesain asal-asalan. Apalagi penggunaan material yang tidak tepat, bisa jadi malah mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Lantai tidak hanya berfungsi sebagai nilai estetika dari sebuah hunian, namun juga harus sesuai dengan nilai kegunaannya.

Keramik

Keramik adalah material yang kuat, tahan lama, serta memiliki banyak varian desain dan warna. Selain itu, pemeliharaannya pun cenderung mudah. Anda hanya perlu mengganti satuan keramik yang retak atau pecah apabila diperlukan. Ketidaksempurnaan dalam penggantian akan tidak kasat mata. Karena keunggulannnya, keramik sangat cocok digunakan untuk area sering dilalui pengguna dan membutuhkan ketahanan terhadap kelembaban seperti kamar mandi, ruang cuci pakaian, dan dapur.

Material Lantai Rumah

Homogeneous Tile (HT)

Berbeda dengan keramik yang memiliki lapisan glazur pada permukaan dan bagian bawahnya nampak seperti tanah liat yang dibakar, tampilan HT serupa pada permukaan, sisi, maupun belakang. Secara estetika, penggunaan HT akan menambah kesan mewah pada sebuah ruangan. Keunggulannya dibanding keramik di antaranya: permukaan yang lebi rata, ukuran yang lebih presisi memungkinkan nat hampir tidak terlihat; sehingga permukaan lantai akan terlihat seperti kaca ukuran besar tanpa kesan terkotak-kotak.

Material Lantai Rumah

Laminate Parket

Laminate parket terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan bahan kimia sebagai perekat, yang kemudai ditekan dan dilapisi veneer sintetis. Penggunaan material ini memberikan suhu ruangan yang hangat, dengan tampilan natural dan elegan. Instalasinya pun tergolong sangat mudah.

Material Lantai Rumah

Vinyl

Berbeda dengan pelapis lantai lain, bahan dari vinyl merupakan pilihan jenis (papan) lembaran. Harga yang terjangkau dan instalasi yang mudah membuatnya menjadi populer belakangan ini. Varian desain rancang vinyl pun beraneka macam dapat menyerupai batu, kayu, maupun metal. Namun, hendaknya kita waspada dengan kandungan sintetis PVC di dalam vinyl yang dapat membahayakan orang yang sensitif terhadapnya.

Material Lantai Rumah

Lantai Acian Poles

Tren lantai acian mulai muncul untuk menciptakan kesan raw dan industrial, serta juga dapat menghemat pengeluaran Anda untuk pemilihan material lantai. Apabila dipadukan dengan desain modern, maka lantai acian poles pun dapat memberikan kesan elegan. Pastikan penggunaan lapisan aci yang halus untuk menghindarkan debu menempel pada beton aci.

Material Lantai Rumah

Karpet

Untuk kehangatan dan kelembutan saat kaki Anda melangkah, karpet adalah material lantai yang paling ideal. Instalasinya yang mudah dan harganya yang terjangkau sering menjadikannya primadona untuk area ruang tidur, ruang tamu, ataupun ruang baca. Kekurangannya adalah materialnya yang lembut sangat menyerap air, noda sulit dihilangkan, dan biasanya memerlukan perawatan bulanan agar tetap bersih dan bebas kutu.

Material Lantai Rumah

Batu alam

Marmer, granit, dan limestone adalah beberapa jenis batu alam yang sering digunakan untuk lantai. Setiap potong batu alam memiliki keunikan khas karena didapat secara langsung dari gunung yang menyebabkan harganya cenderung tinggi. Penampilannya akan bertambah indah seiring waktu, menciptakan estetika yang tidak lekang oleh waktu. Penambahan elemen batu alam akan menimbulkan kesan natural yang elegan dan eksklusif pada rumah Anda, terlepas dari gaya arsitekturnya.

Material Lantai Rumah

Semoga beberapa penjelasan singkat tentang ragam tipe lantai di atas membantu Anda dalam menentukan tipe lantai apa yang paling cocok untuk diterapkan di rumah tercinta.