13
Agu

Pengertian dan kegunaan paku

Salam Sejahtera…

Jasa Kontraktor, Ada yang sudah tau tentang paku? Kali ini kita akan bahas tentang Pengertian dan kegunaan paku. Paku ada beberapa jenis dan kegunaan yang berbeda-beda, Ingin tau..? Simak artikel di bawah…

Pengertian Paku

Paku yaitu logam keras berujung runcing, Umumnya terbuat dari baja yang digunakan untuk melekatkan dua bahan dengan menembus keduanya. Paku umumnya ditembuskan pada bahan dengan menggunakan palu atau nail gun yang digerakkan oleh udara bertekanan atau dorongan ledakan kecil.

Macam-macam paku dan Kegunaannya

=> Paku Kayu

Paku kayu digunakan untuk menyambungkan bilah kayu dan biasanya pada pembuatan furnitur. Dibuat khusus untuk digunakan pada material kayu saja, Paku ini sebaiknya tidak dipaksakan untuk dipakai pada material lain yang lebih keras, Seperti beton. Penggunaannya pada pembuatan furnitur pun disesuaikan dengan ukuran dan ketebalan. Adapun ukuran paku kayu tersedia mulai dari panjang 2 cm sampai panjang 10 cm.

=> Paku Beton

Paku Beton Bagi kita yang ingin melubangi dinding beton, Harus menggunakan paku ini. Carilah paku beton berwarna putih. Biasanya paku dengan warna putih berkualitas baik. Tidak seperti paku berwarna hitam. Paku ini memiliki ukuran antara 2,5 sentimeter hingga 12,5 sentimeter. Sementara itu, Paku beton hitam berukuran 3 sentimeter dan 7 sentimeter.

=> Paku Seng atau Paku Payung

Dengan bentuk seperti payung, Paku ini biasa digunakan untuk memaku Tripleks, Seng, atau Papan tipis. Paku payung memiliki ukuran 7-10 cm dan didesain supaya dapat menutup atau memayungi lubang yang dihasilkan oleh paku. Dengan demikian, Seng atau Tripleks dapat terpasang dengan kuat serta mencegah air hujan merembes ke dalam.

Kegunaan Paku Menurut Bentuk Pertama :

=> Oval Wire Nail

Paku oval wire nail memiliki penampang berbentuk elips. Namun, Jenis paku ini jarang digunakan pada pembangunan di Indonesia.

=> Panen Pin Nail

Paku pin nail digunakan untuk memperkuat ikatan material agar lebih kencang. Biasanya dipakai bersamaan dengan lem kayu.

=> Annulus Nail

Paku annulus nail memiliki semacam gigi pada bagian batangnya yang berfungsi sebagai penguat tempelan paku. Karenanya, paku ini biasa digunakan untuk perbaikan kayu lapis.

=> Track Nail

Paku track nail berbentuk mungil dan biasa digunakan untuk menempelkan material tekstil, misalnya untuk memperbaiki kain pelapis sofa agar terlihat rapi.

Dari sini bisa belajar bersama tentang paku dan sebagainya, Dan untuk pembangunan rumah juga bisa..
Hub No di dalam halaman ini/dengan saya langsung bisa di 0822 3073 3318

=> Jasa Kontraktor Pro <=

Baca Juga : Jenis cat kayu dan kegunaannya