26
Okt

Pilih Dekorasi Kamar Minimalis Untuk Ruangan Yang Luas

Pilih Dekorasi Kamar Minimalis Untuk Ruangan Yang Luas

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorIde dekorasi kamar menjadi hal penting agar penghuni kamar menjadi betah. Dengan dekorasi yang ada saat ini tentu kamu bosan dengan suasana kamar.  Kamu perlu mendesain ulang kamar supaya tidak terlihat membosankan dan monoton. Tidurpun bisa lebih nyenyak. Berikut ini pilihan dekorasi kamar minimalis untuk ruangan yang luas.

1. Pilih Cermin yang Cukup Besar

Dekorasi Kamar Minimalis

Biasanya, kamar yang minimalis tidak dianjurkan memasang dekorasi yang terlalu besar. Karena hanya akan membuat ruangan jadi lebih sempit. Tetapi khusus untuk cermin, kamu bisa memasang yang ukurannya besar. Bahkan ada yang memasang dekorasi kamar minimalis ini pada dinding secara hampir menyeluruh.

Cermin mampu membuat ilusi ruangan menjadi tampak lebih luas. Cermin memantulkan bayangan ruangan, sehingga seolah-olah ruangan yang sempit ukurannya jadi 2 kali lebih luas.

Pilihan cermin bisa yang menempel di dinding, sehingga semakin hemat ruangan. Atau bisa juga pilih cermin berdiri seukuran tubuh. Selain untuk memberi efek lebih luas pada ruangan, cermin juga bisa digunakan untuk mematut diri saat berias atau mengenakan pakaian.

2. Pajang Momen Berkesan di Satu Sisi Dinding

Siapa bilang di kamar minimalis tidak boleh pasang apa-apa di dinding karena akan membuat makin sesak? Boleh-boleh saja. Ada tipsnya agar ruangan tidak terlihat terlalu ramai dan jadi sempit, yaitu dengan fokus pada satu bagian dinding saja pada sebuah bagian. Misalnya, pasang satu foto berbingkai besar di satu bagian dinding kamar tidur.

Bisa juga membuat kolase dari banyak foto yang berpusat di satu bagian dinding, misalnya dinding yang menghadap kamu tidur. Kumpulkan foto-foto momen favorit bersama keluarga dan orang tersayang. Masukkan ke dalam bingkai satu-persatu. Lalu pajang di satu bagian dinding saja.

Dekorasi kamar minimalis ini tidak akan membuat ruangan terlihat sempit. Malahan bisa membuat kamar di rumahmu jadi terlihat unik. Yuk, dicoba.

3. Ruang Penyimpanan di Kamar Pilih Ottoman

Dekorasi Kamar Minimalis

Jika di kamarmu membutuhkan tempat duduk, bisa pilih dekorasi kamar minimalis jenis ottoman. Yaitu dudukan yang diletakkan di bagian kaki tempat tidur. Biasanya bagian atas ottoman bisa dibuka, dan kamu akan mendapatkan tempat penyimpanan yang cukup luas. Bisa untuk menyimpan selimut, seprai, dan kebutuhan kamar lainnya.

4. Pilih Tempat Tidur Multifungsi

Dekorasi Kamar Minimalis

Saat ini sudah banyak jenis tempat tidur multifungsi yang beredar di pasaran. Tempat tidur ini dinilai praktis karena pada bagian bawah terdapat laci yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang pribadimu. Mulai dari seprai, buku, dan lain-lain. Semua bisa tersimpan rapi di bawah tempat tidur.

Bukan hanya laci. Sekarang kamu juga bisa mendapatkan tempat tidur dengan bagian kepala yang bisa dibuka. Di sana juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan. Walaupun memang ukurannya lebih kecil dibandingkan laci, cukup untuk menyimpan buku, tas, alat tulis, atau gadget dan perlengkapannya.

Kamar rapi, barang-barang tidak berserakan, kamar tampak lebih luas. Banyak sekalikan fungsi tempat tidur multifungsi ini?

5. Pasang Jam Dinding

Dekorasi Kamar Minimalis

Salah satu dekorasi lain dianjurkan pada kamar minimalis adalah jam dinding. Di mana pun kita berada, penting untuk mengetahui waktu, bukan? Jam dinding dengan desain yang modern dan minimalis bisa menjadi pilihan. Selain di kamar, jam dinding juga baik di pasang di dinding ruang tengah.

Kamu bisa memilih desain jam dinding sesuai selera juga. Misalnya yang berwarna terang dengan desain unik. Letakkan di kamar atau salah satu dinding di ruang yang belum terpasang dekorasi apapun. Jam dinding dengan model dan warna unik bisa memperindah ruangan tanpa membuatnya menjadi sesak.

6. Pasang Karpet

Kamu suka hiasan di lantai? Gunakan karpet. Pilih karpet dengan warna polos yang lembut atau sama dengan warna perabot lainnya. Misalnya, warna dinding dan karpet sama-sama coklat, atau abu-abu. Warna yang polos dan senada ini tidak akan membuat ruangan jadi terkesan berat dan sempit.

Bisa juga memilih karpet dengan warna terang, seperti hijau, kuning, dan pink terang. Asalkan ruangan tidak terlalu ramai atau terlalu banyak barang.

Sama halnya dengan karpet bermotif. Karpet motif juga masih bisa digunakan pada ruangan kecil. Asalkan ruangan tersebut tidak terdapat terlalu banyak barang. Yang juga penting, pilih yang ukurannya tepat. Jangan sampai menggulung dan memakan ruang di ujung ruangan.

7. Warna Dinding

Kamar dengan ukuran minimalis memang disarankan menggunakan warna dinding yang terang. Misalnya putih, off white, dan krem. Tujuannya agar ruangan bisa tampak lebih luas. Dengan warna-warna ini, kamu juga akan lebih leluasa mendesain dan memasang dekorasi kamar minimalis lainnya.

Tetapi bukan berarti rumah minimalis tidak bisa memakai warna cat terang, lho. Kamu tetap bisa menggunakan cat dengan warna terang. Dengan cara gunakan di satu kamar saja. Misalnya, dinding semua ruangan rumah berwarna abu-abu muda. Tetapi khusus kamar mandi berwarna ungu untuk menciptakan suasana rumah menjadi unik.

Bisa juga mengecat satu sisi dinding saja dengan warna lain. Misalnya kamar tengah dikelilingi dengan tiga dinding. Pilih satu sisi dan cat dengan warna terang seperti hijau. Bisa juga pilih warna yang justru lebih gelap, seperti merah maroon. Permainan cat seperti ini tidak akan membuat ruangan menjadi sesak.

8. Percantik Ruangan dengan Tanaman

Satu lagi dekorasi yang simpel, tapi bisa mempercantik kamar sempit, yaitu tanaman. Ruangan kecil dengan warna monoton bisa menjadi lebih segar dengan adanya tanaman kecil. Kamu bisa memilih tanaman sukulen, yaitu jenis tanaman yang menyerap dan menyimpan air, contohnya kaktus.

Merawat tanaman sukulen tidaklah sulit. Jenisnya pun beragam dengan bentuk yang beragam pula dan cantik. Coba pilih tanaman sukulen Zebra, Echeveria Minima, ataupun Pink Moonstone. Semuanya memiliki bentuk unik dan warna yang cantik. Letakkan di pot-pot kecil di sudut kamar.

Kamu juga bisa meletakkan pot-pot tanaman ini di atas meja atau di rak TV. Rumah-rumah modern sangat menyukai warna monoton seperti putih, abu-abu, dan coklat. Dengan adanya tanaman warna-warni dengan bentuk yang unik akan mencerahkan ruangan tanpa memberi efek sesak sama sekali.