04
Nov

Potret Desain Basement Rumah Yang Fungsional

Potret Desain Basement Rumah Yang Fungsional

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorTerletak di bawah permukaan tanah, basement rumah biasanya menjadi area yang paling terbengkalai karena jarang ditempati dan minim perawatan. Bahkan, banyak orang hanya menjadikan basement rumah sebagai gudang penyimpanan barang atau tempat parkir kendaraan.Untuk membuat fungsi hunianmu semakin maksimal, kamu bisa mengubah basement rumah sebagai area yang nyaman untuk ditinggali. Berikut ini potret desain basement rumah yang fungsional.

1. Jadi Ruang Nonton

Letaknya yang di bawah tanah, basement sangat mungkin untuk dijadikan ruang intim bersama keluarga. Anda bisa membuatnya menjadi kumpul keluarga yang seru semisal ruang menonton televisi. Tempatkan sofa yang nyaman agar acara kumpul keluarga semakin menyenangkan.

Jika masih ada spot lebih, Anda bisa menambahkan satu fungsi ruang lagi misalnya ruang kreasi. Seperti contoh inspirasi desain basement rumah di atas, selain ruang nonton, pemilik rumah juga menambahkan meja panjang dan kursi untuk ruang kreasi. Di sini, orang tua bisa bebas menonton televisi dan si anak dapat menggambar.

2. Tempat Bermain

Desain basement rumah satu ini tampak begitu seru. Basement-nya dijadikan sebagai ruang bermain yakni ada untuk biliar atau untuk tenis meja. Inspirasi ini memungkinkan Anda untuk mengundang saudara, teman, dan sahabat untuk kumpul di basement rumah Anda.

Ajang kumpul-kumpul seru pun tak hanya bisa dilakukan di luar rumah. Dari dalam bahkan dari ruang basement pun juga bisa dilakukan dengan suasana yang tak kalah serunya.

3. Sebagai Kamar Tidur

Inspirasi satu ini bisa Anda coba. Tak hanya sebagai area hiburan, basement juga bisa dijadikan ruang paling privasi yakni kamar tidur. Lokasinya yang di bawah tanah memang paling pas menjadikan basement sebagai ruang paling intim dalam rumah.

Agar tidak terlalu gelap dan pegap, jangan lupa untuk tambahkan banyak pencahaaan buatan yakni lampu dan pengudaraan lewat AC atau kipas angin. Pencahayaan dan pengudaraan yang maksimal membuat kamar tidur di basement lebih nyaman untuk ditempati.

4. Jadi Bar

Tak perlu lagi ke kafe atau restauran jika ingin menjamu sahabat. Desain basement rumah ini disulap menjadi area nongkrong asyik ala bar di kafe-kafe. Agar tampilannya mirip seperti di kafe, Anda bisa masukkan meja dan kursi tinggi dengan rak yang berjejerkan minuman-minuman.

Jika ingin tampilannya industrial, Anda bisa mencontoh desain basement rumah di atas. Batu bata merah tanpa acian sebagai material dinding serta balok kayu sebagai meja bar-nya. Industrial di basement membuatnya tampil keren.

5. Home Theater

Seperti bawa bioskop ke dalam rumah, desain basement  rumah ini dibuat nyaman dengan adanya proyektor atau televisi besar di dalamnya. Pemilik rumah dapat santai di basement menonton acara favorit bersama keluarga atau sahabat-sahabat.

Untuk warna desainnya, karena basement berada di bawah tanah, sebaiknya gunakan warna putih agar tampak terang. Warna hitam atau abu-abu dapat diberikan hanya ke furniturnya saja misal sofa.