08
Jul

Rak Minimalis Yang Cantik ini Bisa Kamu Terapkan Pada Interior Terbatas

Rak Minimalis Yang Cantik ini Bisa Kamu Terapkan Pada Interior Terbatas

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorDalam sebuah hunian, lemari penyimpanan barang kerap menjadi isu utama yang bisa menjadi masalah. Mulai dari desainnya hingga jumlahnya. Salah pilih desain, hunian jutsru akan terasa sesak. Anda tentu membutuhkan lemari penyimpanan untuk menyimpan barang agar rumah terlihat rapi, namun lemari penyimpanan yang salah desain dan ukuran, akan mengambil banyak lahan di hunian Anda dan membuatnya semakin sempit.

Terlebih di hunian mungil yang luas ukurannya sangat terbatas. Menggunakan lemari penyimpanan di rumah mungil sangat tidak dianjurkan yang berukuran besar sebab dapat menambah kesan sempit tersebut. Agar tidak salah pilih desain lemari penyimpanan di rumah Anda, berikut ArsiteQ.com berikan 7 inspirasi lemari penyimpanan di rumah mungil yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Lemari di Kitchen Set

7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil
www.housebeautiful.com
Benda yang satu ini sering diabaikan oleh penghuni rumah. Sapu, kemoceng, dan alat pel sering kali diletakkan di sembarang tempat. Hal ini yang membuat tampilan ruang di rumah menjadi tidak sedap. Coba ide yang satu ini. Manfaatkan salah satu kabinet di kitchen set Anda sebagai lemari penyimpanan untuk benda pembersih rumah tersebut. Alhasil, rumah jauh lebih rapi dan indah dipandang.

2. Ruang Bawah Tangga

7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil (1)
www.residencestyle.com
Di rumah mungil, sisa space yang ada harus dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai tempat penyimpanan. Salah satunya ialah area di bawah tangga. Di area bawah tangga ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai lemari penyimpanan sepatu, buku, atau perkakas. Selain itu, apabila posisi tangga berdekatan dengan area dapur, Anda bisa memanfaatkannya sebagai lemari penyimpanan untuk perabot dapur atau bahan makanan.
7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil (2)
www.residencestyle.com

3. Ambalan Dinding

7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil (3)
www.housebeautiful.com
Untuk menyimpan barang di rumah, Anda tidak melulu harus menghadirkan lemari berukuran besar, lho! Gunakan cara yang satu ini, yaitu dengan menempel ambalan di dinding. Letakkan koleksi buku Anda di ambalan ini. Selain itu, Anda juga bisa memajang koleksi pigura atau pajangan di atas ambalan ini. Dengan cara ini, Anda tentu bisa lebih menghemat tempat, bukan?

4. Penyimpanan Tersembunyi di Atas Pintu

7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil (4)
www.housebeautiful.com
Bila Anda jeli, sebenarnya banyak space di rumah yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Salah satunya ialah sisa area di atas pintu. Hadirkan rak simpel di area ini dari ujung dinding ke dinding yang lainnya. Anda bisa meletakkan buku dan benda lainnya di atas sini. Namun, pastikan material yang digunakan untuk ambalan cukup kuat untuk menampung barang-barang.

5. Open Storage untuk Pakaian

7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil (5)
makespace.com
Koleksi pakaian dan sandang lainnya selama ini umumnya selalu disimpan di lemari penyimpanan tertutup. Namun, kini penyimpanan terbuka atau open storage menjadi solusi lemari penyimpanan yang kerap digunakan di rumah mungil. Karena tidak menggunakan pintu penutup, lemari penyimpanan jenis ini membuat ruang berkesan lebih terbuka atau lapang. Lemari penyimpanan terbuka ini menjadi solusi sehari-hari atas kesulitan saat ingin memilih dan memakai baju sehingga lebih praktis dan cepat. Namun, konsep ini membutuhkan kejelian serta kerapian Anda sebagai pemilik rumah dalam menyimpan pakaian di dalamnya. Anda pun mesti rajin membersihkan lemari penyimpanan agar terhindar dari debu.

6. Kombinasi Lemari Penyimpanan Terbuka dan Tertutup

7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil (6)
www.decoist.com
Agar terlihat unik, Anda bisa menggabungkan kedua jenis lemari penyimpanan, baik terbuka maupun yang tertutup. Kombinasikan kedua lemari penyimpanan ini di area dapur, khususnya kitchen set. Misalnya, pada inspirasi berikut ini. Anda bisa menyimpan koleksi panci dan cookware lainnya di lemari penyimpanan tertutup. Sementara, untuk lemari penyimpanan terbuka, Anda bisa memajang koleksi piring dan gelas. Terlihat menarik, kan?

7. Penyimpanan di Bawah Sofa dan Tempat Tidur

7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil (7)
dexorate.com
Banyak cara mewujudkan area penyimpanan di hunian Anda. Salah satunya ialah di bagian bawah sofa dan tempat tidur. Jangan biarkan area ini kosong sia-sia. Manfaatkan sebagai lemari penyimpanan. Anda bisa menyimpan selimut dan baju tebal di bagian bawah tempat tidur. Untuk bagian bawah tempat tidur di ruang tidur anak, Anda bisa menyimpan mainan agar kamar tidur terlihat lebih rapi. Untuk bagian bawah sofa, Anda bisa menyimpan koleksi buku dan majalah.
7 Inspirasi Lemari Penyimpanan di Rumah Mungil (8)
Rubén Hernández

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.