26
Agu

Rumah Anti Gempa Part 1

Salam sejahtera…

Siap bantu untuk jasa desain bangunan baik eksterior maupn interior, Gambar 3D, RAB, Hingga pembangunan fisik baru maupun renovasi bisa hub kami…=> WA : 0822 3073 3138 <=…

Kali ini kita akan bahas tentang Rumah Anti Gempa. Ada yang sudah tau tentang Rumah? Ingin tau..? Simak artikel berikut…

Pengertian Rumah

Rumah yaitu bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga. Dalam pengertian yang luas, Rumah tinggal bukan hanya sebuah bangunan struktural, Melainkan juga tempat kediaman yang memenuhi syarat-syarat kehidupan yang layak, Dipandang dari berbagai segi kehidupan masyarakat. Berdasarkan pengertian tersebut rumah tinggal dapat diartikan sebagai tempat tinggal yang memiliki berbagai fungsi untuk tempat hidup manusia yang layak.

Rumah anti gempa dapat di definisikan dengan berbagai macam struktur antara lain, Sebagai berikut…

=> Bagian pertama yaitu dapat di lihat dari kualitas material infrastruktur

Bagian pertama yang paling perlu diperhatikan dari konsep rumah anti gempa adalah infrastruktur rumah itu sendiri. Nantinya, Infrastruktur rumah dapat berpengaruh pada fleksibilitas rumah sesuai dengan struktur rumah dan material bangunan yang digunakan. Infrastruktur terdiri dari bagaimana fondasi, pemilihan beton serta material yang tepat agar efek gempa pada rumah anti gempa bisa diminimalisir.

=> Bagian kedua yaitu dapat di lihat dari struktur rumahnya

Bagian kedua untuk membangun rumah anti gempa, Setiap gedung yang dibangun sudah harus sesuai dengan standar struktur anti seismik yang artinya guncangan yang baru. Standar ini sudah dimulai sejak tahun 1981 di Jepang agar semua bangunan memiliki struktur resistan yang tahan akan gempa bumi.

Struktur anti gempa bumi ini terdiri dari Tiang, Dinding dan Lantai untuk menyerap guncangan gempa. Nah, di dalam struktur rumah anti gempa tersebut, Standar bangunan terbagi menjadi dua yaitu struktur keras agar tidak runtuh dan membahayakan penghuni saat terjadi gempa dan struktur fleksibel dengan acuan bagian struktur utama yang bisa menekuk fleksibel sehingga bisa menyerap ‘kejutan’, Sekaligus menstabilkan bangunan ketika ada guncangan keras.

Baca juga : Perpaduan Cat