15
Apr

Tahapan Dalam Membangun Rumah

sumber : rumahlia.com

TAHAPAN DALAM MEMBANGUN RUMAH

Arsitek Indo Kontraktor – Semua orang menginginkan rumah yang nyaman untuk di huni bersama keluarganya nanti. Akan tetapi membangun rumah bagi sebagian besar orang merupakan pekerjaan yang memerlukan keahlian dan ketelitian tinggi. Untuk itu dibutuhkan tenaga ahli dalam melaksanakannya, terutama ketika anda membangun rumah mewah. Tentunya bukan rumah mewah saja yang perlu keahlian, bahkan sampai rumah yang sederhanapun tetap dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam menggarapnya. Ini karena bangunan rumah idaman tidak hanya sekedar indah di pandang, namun juga kuat dan kokoh serta memiliki biaya pemeliharaan yang rendah.

Berikut Tahapan Persiapan Sebelum Anda Membangun Rumah;

Mencari Lokasi Yang Tepat

Carilah lahan yang menurut anda pas untuk bangunan rumah anda. Ada banyak faktor dalam menentukan lokasi, misalnya posisi yang strategis (dekat dengan sekolah, swalayan, tempat kerja, dll)

Membuat Gambar Desain Rumah

Rencanakan gambar desain bangunan rumah anda secara detail untuk menghindari salah bangun. Jangan sekali-kali anda meremehkan gambar perencanaan rumah tinggal. Banyak orang yang meremehkan gambar perencanaan yang akhirnya berakibat fatal, seperti bongkar pasang bangunan, pembangunan yang tidak sesuai atau tidak terlihat nyaman, dll. Anda tidak bisa hanya mengandalkan imajinasi dalam membangun rumah, harus ada gambar yang detail yang mampu dibaca tukang bangunan.

Mengajukan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

Sebelum anda membangun, pastikan gambar desain anda sudah disetujui pemerintah lewat pengajuan IMB. Ini penting agar anda mendapatkan petunjuk dari pemerintah mengenai tata cara perencanaan yang tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Mencari jasa bangun rumah (kontraktor, pemborong atau mandor)

Nah, inilah poin terpenting dalam bangun rumah. Anda harus menemukan penyedia jasa bangun rumah yang tepat karena budget terbesar yang akan anda keluarkan ada pada biaya pelaksanaan proyek pembangunan rumah. Kalau anda salah memilih kontraktor atau pemborong untuk rumah tinggal, maka akan berakibat munculnya potensi pembengkakan biaya pembangunan rumah. Carilah perusahaan kontraktor yang memberikan gambar bangun sesuai dengan keinginan anda dan sekalian di jabarkan Rancangan Anggaran Bangun (RAB) dari awal bangun sampai selesai secara rinci. Ini sebagai pandangan anda agar tidak adanya pembengkakan biaya nantinya.

Setelah anda telah melewati tahapan persiapan dalam membangun rumah mulai dari pencarian lokasi yang pas, desain perencanaan, IMB dan mendapatkan kontraktor, tiba saatnya anda perlu mengetahui tahapan pelaksanaan pekerjaan pembangunan rumah. Memang kontraktorlah yang wajib tahu mengenai hal ini, tapi memang saya sarankan anda paling tidak mengetahui secara ringkas agar anda bisa menyarankan pekerjaan-pekerjaan apa yang sekiranya perlu ditambah atau dikurangi. Baiklah ini dia tahapan dalam pelaksanaan pekerjaan bangun rumah (Pekerjaan Konstruksi Sipil).