10
Feb

Tampil Bergairah Dengan Rumah Warna Cerah

Warna cerah memang selalu mampu memberikan kesan ceria dan penuh semangat. Tidak ada salahnya menularkan nuansa tersebut pada ruangan Anda. Pemilihan warna maupun furniture Indonesia cerah sendiri dapat dijadikan solusi membuat ruang lebih hidup dan atraktif. Di sisi lain, cara ini juga mampu mendongkrak mood, sekaligus mencerminkan jiwa kreatif Anda.

Berikut adalah empat inspirasi menghadirkan gairah pada ruang, melalui pemilihan warna cerah.

Memilih Warna Cat Dinding

Kendati mampu menghidupkan suasana, jika tidak dikombinasikan dengan tepat, warna cerah juga dapat merusak tampilan dan mood penghuninya. Dalam jangka panjang, hal ini bisa berdampak pada kenyamanan si penghuni rumah. Nah, agar tidak terlalu berlebihan, jangan lupa memilih dua warna yang kontras dan netral sebagai penyeimbang, ya!

Lantaran cat dinding adalah elemen yang mendominasi  isi ruang, berikut adalah pedoman psikologi warna.

  • Merah —Dapat memberi kesan ruang penuh semangat dan vitalitas tinggi. Penggunaannya, dapat diseimbangkan dengan perabot atau desain berwarna putih dan krem. Sayang, warna merah tidak sesuai dengan fungsi ruang yang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan, seperti ruang tidur. Sebagai pengganti, Anda dapat menggunakan merah sebagai aksen ruang/tampilan rumah.
  • Oranye — Bangkitkan energi Anda dengan ruang berwarna oranye. Nah, warna oranye ini sangat ideal diaplikasikan pada ruang-ruang penuh aktivitas, seperti dapur, ruang kerja, dan ruang keluarga.
  • Kuning — Mampu memberikan kesan ceria dan hangat pada sebuah ruang. Anda dapat menambahkan motif untuk menghindari kesan monoton. Di sisi lain, warna kuning mampu mengoptimalkan cahaya yang masuk dalam ruang. Anda bisa mengaplikasikan warna kuning sebagai aksen dinding, atau aksesori ruangan.
  • Hijau — Memberikan kesan segar sebab sering kali diasosiasikan dengan warna alam, mencakup dedaunan, rumput, dan pepohonan.
  • Biru — Mengombinasikan warna biru tua dengan putih mampu menghadirkan nuansa laut yang tenang. Warna biru sendiri mampu menghadirkan kesan tenang, damai, sekaligus dingin dan eksklusif.
  • Ungu — Jadikan ruangan tampak lebih rileks dengan paduan warna ungu dan putih. Di sisi lain, pemilihan warna ungu juga menampilkan kesan ringan dan nyaman.
  • Putih — Sebagian besar dari Anda tahu, putih adalah lambang kesucian atau kemurnian. Selain itu, banyak orang meyakini putih mampu memberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Anda dapat menggunakan warna putih di ruangan minimalis, sebab mampu memberikan kesan luas, bersih, dan tenang.

Furniture Warna-warni

Untuk tampilan lebih cerah dan bersemangat, Anda dapat menggunakan sofa bed hijau tosca atau kursi kayu kuning terang, sebagai penyeimbang dinding berwarna putih. Apa pun yang Anda pilih, disarankan untuk memadukan benda-benda yang tidak mengganggu mata. Jangan lupa pula beli furniture sesuai tema, misalnya retro-futuristik, kursi berbentuk egg, lampu gantung, atau rak buku minimalis.

Bantal dan kain bermotif

Kombinasikan warna cerah dengan beragam motif, seperti minimalis, bergaris, polkadot, atau bahkan shabby chic sekalipun. Fungsinya, sebagai penambah aksen terutama pada furniture berwarna polos. Nah, selain itu Anda juga bisa menambahkan karpet berwarna terang/bermotif dengan aksesori lain.

Sedikit sentuhan kecil, semisal meletakkan hiasan pop-art, atau bantal sofa bisa jadi pilihan.

Menambahkan furniture Indonesia berwarna-warni akan berdampak pada tampilan kamar yang segar. Bukan hanya menghindarkan Anda dari risiko bosan, cara ini bahkan mampu mendongkrak produktivitas dan keintiman antar penghuni ruang!