18
Jan

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorIndustri digital telah terbukti memberikan peluang besar bagi Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan startup di tanah air semakin menjamur dan menunjukkan prospek positif pada ekonomi digital di Indonesia. Populasi Indonesia sebanyak 267 juta jiwa merupakan sebuah market yang sangat besar. Ditambah penggunaan internet yang semakin tinggi menjadikan Indonesia sebagai sebuah potensi bagi industri digital dan berhasil menggaet banyak pelanggan. Tak salah jika dikatakan bahwa perusahaan rintisan digital atau startup memberikan sumbangsih positif kepada bangsa. Tertarik menjadikan rumah sebagai kantor untuk bisnis start- up? ini caranya.

Hindari bilik atau pembatas ruangan

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya!

Karena masih menggunakan ruangan yang berukuran kecil dan sangat terbatas, hindari penggunaan bilik, sekat, ataupun dinding sebagai pembatas ruangan. Keberadaan pembatas ruang akan membuat ruang kerja menjadi sempit dan sesak. Ada baiknya untuk meleburkan area-area kerja di satu ruangan. Peleburan ini pastinya juga akan menghemat biaya listrik dari AC dan lampu.

Manfaatkan setiap sudut ruangan

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya!

Sebuah kantor tentunya membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Manfaatkan setiap sudut ruangan agar dapat dijadikan area untuk menyimpan barang-barang maupun dokumen kantor. Ruang penyimpanan ini dapat berupa rak, lemari, ataupun ambalan dinding. Sesuaikan saja dengan bisnis yang dijalankan. Misalnya bisnis bergerak di bidang desain atau agensi akan membutuhkan lemari untuk menyimpan dokumen-dokumen berharga. Namun untuk perusahaan IT, rak terbuka mungkin lebih cocok untuk meletakkan perangkat-perangkat keras seperti server.

Memilih perabot multifungsi atau portable

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya!

Di ruangan-ruangan yang sempit, perabotan multifungsi dan ringkas untuk di pindah-pindahkan memiliki peran yang besar karena sifatnya efisien. Ada banyak pilihan perabot multifungsi di pasaran yang cocok untuk kebutuhan kantor, pilih saja yang memang dibutuhkan. Misal, bangku panjang yang dapat dijadikan meja dan kursi makan, sofa yang memiliki rak penyimpanan di bawahnya, kasur yang bisa dilipat, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Cara Membuat Teras Minimalis

Akses menuju pantry dan toilet

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya!

Keberadaan toilet tentunya tak bisa dikompromi dalam sebuah kantor. Usahakan letak ruang kerja dengan toilet berdekatan dan memiliki akses yang mudah. Begitu juga pantry untuk menyimpan kudapan dan membuat kopi atau teh, sebisa mungkin tidak jauh dari ruang kantor. Toilet dan pantry yang letaknya terlalu jauh akan menghambat produktivitas tim. Sedangkan akses yang sulit dan memasuki area rumah akan mengganggu kenyamanan penghuni rumah lainnya. Kalau memungkinkan, sediakan pantry dan toilet khusus bagi staf yang letaknya berdekatan dengan area kantor.

Pastikan meja dan kursi kerja sudah cukup

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya!

Meja dan kursi tentunya mutlak ada di sebuah kantor. Tapi maksudnya cukup di sini adalah cukup jika meja kerja ingin digunakan sebagai meja meeting ataupun jika sewaktu-waktu ada penambahan anggota baru. Untuk itu, ukuran meja harus disesuaikan dengan jumlah anggota tim dan ukuran ruangan. Ada baiknya untuk memilih meja dan kursi berbahan ringan dan portable sehingga mudah untuk disesuaikan jika sewaktu-waktu ingin mengubah konfigurasi ruang kantor.

Ruang tunggu di area depan

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya!

Walaupun kecil, setidaknya sediakan ruang tunggu di area depan. Ruang tunggu ini berfungsi jika ada klien maupun tamu yang ingin berkunjung ke kantor. Untuk desain ruang tunggu yang simpel dan sederhana, cukup menyediakan sofa atau kursi, dan meja yang cukup untuk melakukan presentasi dan diskusi ringan.

Ruangan harus sejuk

Tertarik Menjadikan Rumah Sebagai Kantor untuk Bisnis Start-up? Ini Caranya!

Dalam sebuah perusahaan, kenyamanan para karyawan adalah unsur yang penting. Staf yang merasa nyaman pastinya akan bekerja secara produktif dan semakin inovatif. Salah satu cara untuk memastikan kenyamanan tim adalah udara dalam ruang yang sejuk. Oleh karena itu, keberadaan AC sangat diperlukan di sebuah kantor kecil sekalipun. Pilihlah jenis AC dan sesuaikan jumlahnya sesuai dengan ukuran ruang dan jumlah staf di kantor. Lebih bagus lagi jika di dalam ruangan ada ventilasi atau jendela untuk mencegah ruangan lembap dan berjamur.

BACA JUGA  Pasang Wallpaper Dinding agar Interior Rumahmu Makin Cantik

Sarana hiburan

Tidak bisa dipungkiri, perusahaan rintisan biasanya memiliki jam kerja yang lebih banyak dibandingkan perusahaan korporat yang sudah stabil. Oleh karena itu, sarana hiburan mungkin diperlukan bagi sebagian orang. Untuk sarana hiburan bagi para staf bisa dengan menyediakan TV, playstation, ataupun permainan-permainan sederhana seperti stacko. Atau paling tidak sediakan sofa untuk beristirahat sejenak di kala sedang penat.