12
Nov

Tips dan Ide Desain Kamar Mandi Tropis

Tips dan Ide Desain Kamar Mandi Tropis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorDalam sebuah rumah hunian, kamar mandi kini memiliki porsi tersendiri dan berkembang menjadi tempat yang multifungsi. Nggak hanya menjadi tempat untuk membersihkan diri, tetapi sekaligus juga untuk memanjakan diri. Sehingga, diperlukan desain yang sesuai dengan mood sang penghuni rumah. Nah, jika kamu ingin sesuatu yang berbeda untuk kamar mandimu kelak, cobalah ambil konsep kamar mandi outdoor atau terbuka. Kamar mandi nggak harus didesain tertutup atau ‘terkurung’, namun juga bisa didesain sedemikian rupa agar terasa seperti sedang di alam bebas namun tetap terjaga privasinya. Selain itu, penggunaan konsep kamar mandi outdoor juga ditujukan untuk mencegah kelembapan yang menimbulkan bau nggak sedap dan munculnya kuman dan bakteri.

Ciri Kamar Mandi Tropis

Desain kamar mandi tropis biasanya dicirikan dengan memberikan banyak ruang terbuka dan banyak tanaman hijau, yang diletakkan di dalamnya. Penggunaan material-material serba ekspos juga dipakai pada konsep ini, seperti atap genting tanah liat atau sirap yang terlihat lebih alami dan semen ekspos pada dinding.

Konsep desain sangat cocok diterapkan di Indonesia karena Indonesia beriklim tropis. Selain desainnya yang menyatu dengan alam, desain tropis biasanya juga dicirikan dengan memiliki bukaan yang memadai agar dapat memperoleh cahaya matahari serta sirkulasi udara yang baik.

Berikut beberapa inspirasi desain kamar mandi bergaya tropis.

Desain Kamar Mandi Tropis

Batu alam juga bisa menjadi pilihan penutup dinding agar menambah kesan kamar mandi tropis.

Desain Kamar Mandi Tropis

Untuk kamar mandi dengan ukuran terbatas, tetap bisa menerapkan konsep kamar mandi tropis. Caranya, dengan memasukkan unsur tanaman di dalamnya.

Desain Kamar Mandi Tropis

Agar kesan tropis semakin terasa, Anda bisa memadukan bambu dan batu alam pada dinding serta lantai.

Desain Kamar Mandi Tropis

Nuansa tropis pun dapat diterapkan pada desain kamar mandi kontemporer

Desain Kamar Mandi Tropis

Selain didukung dengan permainan material, konsep kamar mandi tropis juga bisa diwujudkan dengan permainan warna, seperti kamar mandi ini, menggunakan warna cokelat muda.

Desain Kamar Mandi Tropis

Warna putih juga tetap dapat digunakan dalam konsep ini, asal ditambah dengan tanaman dan warna cokelat lanti atau atap.

Desain Kamar Mandi Tropis

Gunakan semen ekspos untuk material bathup dan wastafel. Jangan lupa pakai material batu alam untuk pelapis dindingnya.

Desain Kamar Mandi Tropis

Penggunaan material alami seperti kayu atau bambu pada dinding dan langit-langit menambah kesan natural pada kamar mandi tropis, juga area outdoor yang dapat membuat Anda merasakan rileksasi.

Simak juga beberapa tip berikut ini untuk menyulap kamar mandi Anda menjadi kamar mandi tropis. Rubahlah warna dinding kamar mandi dengan warna-warna tropis. Warna ini bisa anda dapatkan dari cat tembok berwarna biru muda, cokelat,  hijau muda, oranye atau senada pasir pantai. Berikan sentuhan aksesoris yang bernuansa tropis. Aksesoris ini bisa berupa lukisan bernuansa laut, handuk dengan motif bunga, vanities dengan bahan marmer dan lain-lain.